Mengobati Demam Berdarah Secara Alami Dan Tradisional

Kita hidup di daerah tropis yang sangat rentan terhadap serangan Demam Berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Dengue yang disuntikkan ke dalam darah manusia oleh nyamuk betina yang biasa disebut aedes aegypti. Jadi, hindari bergaul dengan nyamuk betina. Haha, bercanda!. Baiklah kita lanjutkan, virus tersebut memproduksi zat yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan cara membekukan sel darah.

Mengobati Demam Berdarah Secara Alami menggunakan Bahan Tradisional


Ketika musim hujan tiba Demam berdarah dapat menjadi sebuah ancaman yang serius, karena dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, kita perlu menjaga kebersihan lingkungan dan waspada jika melihat banyak nyamuk berterbangan dari tempat-tempat kotor.

Gejala yang sering terjadi pada penderita Demam Berdarah

- Demam yang sangat tinggi
- Kadang muncul bintik merah di tangan, namun nyamuk kini telah bermutasi sehingga tanda tersebut kadang tidak muncul
- Penderita mengalami sakit kepala
- Tubuh terasa pegal
- Hidung mengeluarkan darah
- Penurunan Berat badan
- Perut Mual
- Selera makan Berkurang

Demam berdarah dapat diobati menggunakan obat dari resep dokter. Namun di sini kita berikan alternatif obat demam berdarah menggunakan bahan tradisional.


Berikut Tanaman yang memiliki manfaat untuk mengobati demam berdarah


Pepaya Jantan


Daun pepaya gantung (pepaya jantan) mengandung miosmin, kontinin, glikosida, karpain, karposid, dan papain. Selain untuk pencahar, daun pepaya ini efektif untuk mengobati luka pada lambung, malaria, dan demam berdarah. Daun pepaya ini juga efektif sebagai anti oksidan.

Kunyit

Selain untuk mengobati haid tidak lancar dan untuk melawan kanker, senyawa pada kunyit yang disebut kurkuminoid dapat mengobati Demam Berdarah, [Baca: Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit Untuk Kesehatan]

Temu Ireng

Di samping manfaatnya untuk mengobati rematik, Temu ireng dapat digunakan untuk menambah selera makan, mengobati asma, luka lambung, batuk, mencegah obesitas, batuk, rematik, dan Demam berdarah. Terkait demam berdarah, peran Temu Ireng adalah memperbaiki kerusakan sel-sel hati yang sering dialami penderita Demam Berdarah.

Daun Meniran

Daun Meniran dapat digunakan sebagai obat alternatif bagi demam berdarah karena flavonoid yang dikandungnya dapat meningkatkan jumlah trombosit. Hal ini juga terkait zat penting terkandung di dalam daun ini seperti asam fenolat, alkaloid, triterpenoid, dan tanin. Selain mengobati demam berdarah, daun ini sering digunakan untuk mengobati penyakit hati, sariawan, batuk, dan malaria.

Jambu Biji

Tidak beda dibanding Daun Meniran, jambu biji juga dapat meningkatkan trombosit karena flavonoid yang dikandungnya. Tanin yang terkandung pada Daun Jambu Biji mampu menghambat aktivitas virus dengue. Zat ini melawan DNA polymerase dari virus.

Jambu Biji mengandung minyak atsiri, tanin, dan minyak lemak. Daun jambu biji juga kaya akan Vitamin C.


jambu biji, demam berdarah

photo: peopleplaceconnect.com

Untuk membuat obat alternatif demam berdarah: Sediakan 5 buah Jambu biji, Gula merah, dan air.

Cara Membuat:

Jambu biji dicuci, kemudian dikupas. Buang bijinya, lalu haluskan ke dalam blender. Jika tidak ada blender, anda dapat menumbuknya hingga halus. Masukkan gula, dan tambahkan air secukupnya.

Cara Mengkonsumsi: Minum obat alternatif ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Anda harus rutin melakukannya sampai penyakit Demam Berdarah sembuh.

Obat tradisional di atas telah diuji oleh nenek moyang kita. Kelebihannya adalah biaya murah dan mudah didapat. Namun jika demam berdarah tetap berlanjut setelah menggunakan ramuan di atas, segera hubungi tim medis. Hasil bisa bervariasi untuk tiap orang. Penting untuk kita lakukan adalah menjaga kebersihan rumah, bak mandi, tempat air, selokan, dan semua yang dapat digunakan sebagai sarang nyamuk.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Mengobati Demam Berdarah Secara Alami Dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.