9 Khasiat Kencur Sebagai Jamu Tradisional

 Jika anda mengalami batuk dan tanya ke orang jawa apa obatnya? Mungkin setiap mereka akan menjawab Kencur ! Rempah yang selalu dijadikan sebagai bumbu dapur ini memang punya segudang kekayaan manfaat untuk kesehatan, mampu mengatasi berbagai jenis keluhan.


Manfaat Kencur Sebagai Jamu Tradisional

Kencur menjadi satu dari sederet rempah yang paling sering digunakan sebagai obat herbal, disebabkan senyawa penting yang terkandung di dalamnya. Unsur penting di dalamnya termasuk 13,7 persen mineral, 4 persen zat tepung, dan 0,02 persen minyak atsiri.

Senyawa penting dalam kencur seperti asam sinamat, asam metil kanil dan penta dekaan, sineol, asam anisat, paraeumorin, etil ester, borneol, gom, kamphene, dan unsur alk4loid.

Sifat farmakologis dari rimpang ini termasuk efek anti oksidan, anti inflamasi, dan bersifat analgesik (pereda nyeri). 


Manfaat Kencur Yang Sering Dijadikan Sebagai Jamu Tradisional


Beberapa khasiat kencur untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti berikut ini:


1. Mengatasi muntah-muntah


Di buku Temu-temuan dan Empon-empon karya Ir. Fauziah Muslisah, disebutkan bahwa kencur juga mampu mengatasi muntah-muntah.


Cuci 1,5 jari kencur segar, berikan kepada orang yang mengalami muntah-muntah untuk dikunyah bersama sedikit garam. Suruh penderita menelan, setelah kencur lembut. Pengobatan ini dilakukan dua kali sehari.


2. Mencegah kanker


Di dalam kencur terkandung etil p-metoksisinamat, senyawa yang dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler yang berguna sebagai anti-kanker. Aroma khas rempah ini berasal dari etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate yang mampu menenangkan. 


3. Mengobati kencing batu


Ternyata bukan hanya keji beling yang dapat digunakan untuk mengatasi kencing batu. Ekstrak kencur memiliki senyawa yang mampu mengatasi keluhan tersebut. Caranya, ambil dan cuci 2 rimpang kencur, kemudian parut untuk dicampur dengan segelas air hangat.


Aduk hingga rata, lalu hasil parutan kencur disaring dan tambahkan garam sedikit saja. Minum secara teratur di malam hari. 


4. Mengatasi penyakit sebab bakteri


Kencur mengandung senyawa methanol yang mampu mencegah dan melawan bakteri, seperti bakteri yang menyerang sistem saraf pusat (granulomatous amoebic encephalitis).


Amoebic keratitis merupakan bakteri penyebab infeksi pada kornea mata. Bakteri ini dapat dimatikan oleh senyawa yang terkandung di dalam kencur. Selain itu rempah satu ini juga mengatasi cacing parasit penyebab penyakit toksokariasis. 


5. Mengobati diare


Rempah satu ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, dimana keduanya berkhasiat dalam mengatasi gangguan pencernaan dan diare. 


Caranya, ambil dan cuci 2 rimpang kencur dan 2 suing bawang merah, lalu tumbuk halus. Bungkus tumbukan tersebut menggunakan daun pisang, hangatkan di atas api. Balurkan pada perut yang sakit. 



6. Meningkatkan nafsu makan


Anak anda mengalami susah makan? Jangan khawatir, kencur mampu mengatasinya. Cukup tambahkan pada masakan anda. Sifat karminatif dalam rempah satu ini mampu membantu meningkatkan nafsu makan. 


7. Mengobati masuk angin dan flu


Untuk mengobati masuk angin dan flu, tumbuk halus rimpang kencur dan dua lembar daun kemukus. Tambahkan air hangat, gunakan sebagaimana anda menggunakan inhaler. Oleskan di sekitar hidung, atau bungkus dengan kain supaya aromanya bisa dihirup. 


Kencur juga efektif untuk mengencerkan dahak, menyembuhkan batuk, dan melegakan tenggorokan, terutama bagi anak-anak. Hal ini disebabkan efek antiinflamasi, antioksidan, dan analgesik dalam rempah ini.


Caranya, parutan kencur yng sudah bersih diperas dan taruh dalam sendok. Tambahkan madu murni dan minuman ini diberikan pada anak yang sedang menderita batuk.


8. Menurunkan kolesterol


Senyawa penting dalam kencur efektif untuk menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Meski begitu, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.


9. Mengatasi infeksi jamur


Bukan hanya bakteri yang dapat dimatikan oleh kencur, tapi jamur pun dilawan. Ekstrak kencur mampu membantu dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans, yang biasanya hidup di saluran pencernaan, mulut, dan bagian penting kaum hawa.


Nah, Demikian 9 Khasiat Kencur yang seringkali dijadikan sebagai jamu tradisional. Semoga menambah wawasan kita dalam mengenal tanaman obat yang ada di sekitar kita.

Simak juga: 7 Bahan Tradisional Penangkal Virus Corona


foto: https://www.indoindians.com/kencur-the-wonderful-herb-with-many-benefits/

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Khasiat Kencur Sebagai Jamu Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.