7 Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk

Batuk terjadi akibat rangsangan asing pada reseptor, seperti saluran pernafasan maupun hidung. Rangsangan ini diteruskan oleh syaraf menuju pusat batuk di otak. Tubuh akan berusaha mengeluarkan benda asing melalui proses yang sering kita sebut sebagai Batuk. Sebelumnya kita membahas tentang Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kali ini kita akan membuat Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk.

ramuan alami batuk
foto:hipwee.com

Macam–macam Batuk


Ditinjau dari waktu, Ada 2 jenis batuk yaitu Batuk Kronis jenis dan Batuk Akut. Batuk Akut biasanya berlangsung tidak lebih dari 2 minggu. Jika batuk tersebut berlangsung lebih lama dalam 3 bulan secara terus – menerus disebut batuk kronis. Batuk kronis umumnya dialami oleh anak – anak. Batuk kronis dapat disebabkan oleh asma, pertusis, maupun tuberkolosis.


Penyebab umum Batuk


Banyak faktor yang dapat memicu terjadinya batuk, di antaranya adalah: Infeksi pada saluran pernafasan bagian atas, Alergi, Asma, tuberkolosis, Benda asing masuk ke saluran pernafasan, tersedak, alergi terhadap asap rokok, emosi. Batuk yang timbul karena emosi disebut Batuk Psikogenik.

Nah, kali ini kita tidak bahas tentang obat batuk yang beredar di pasaran, ataupun toko obat. Alasannya sangat sederhana, karena kita ingin mengobati batuk tanpa efek samping yang buruk pada kesehatan kita. Dan satu lagi, bahan alami mudah ditemukan di sekitar anda.


Mengobati Batuk Dengan Obat Alami


1. Buah Asam


Bahan: 9 gram buah asam, gula merah, dan 1 gelas air panas.
Cara membuat Ramuan: Buang kulit buah asam, seduh ke dalam 1 gelas air panas lalu campurkan gula merah. Minum obat alami ini dalam keadaan hangat.

2. Cabai dan Madu

Bahan: 7 gram cabai dan madu seperlunya.
Cara bikin Ramuan: Tumbuk cabai hingga halus, campur dengan 1 sdm madu. Minum ramuan tersebut tiap hari.

3. Jeruk Nipis

Bahan: Kapur sirih, jeruk nipis, dan gula batu.
Cara membuat Ramuan: Belah jeruk Nipis, olesi dengan kapur sirih lalu biarkan sebentar. Bakar kulit Jeruk hingga keluar buih. Peras jeruk Nipis tersebut dan beri gula batu. Minum ramuan secara rutin untuk mengobati batuk anda.

4. Buah Kapulaga

Bahan: 5 butir Buah Kapulaga dan segelas air.
Cara membuat Ramuan: Cuci Buah Tersebut hingga bersih, lalu rebus ke dalam segelas air hingga mendidih. Minum ramuan tersebut saat masih hangat.

5. Daun Kayu Putih

Selain untuk menghangatkan tubuh, ternyata kayu putih dapat digunakan sebagai obat alami untuk batuk. Caranya tidak terlalu sulit, rebus 15 gram daun Kayu Putih ke dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga air berkurang hingga 1 gelas. Minum air tersebut dalam keadaan hangat.

Cara Alami mengobati Batuk Kering

Batuk kering terjadi jika batuk tidak ada dahak, dan tanpa sekresi di saluran pernafasan. Batuk Kering mengakibatkan iritasi di saluran tenggorokan sehingga rasanya sakit.

6. Umbi Bidara Upas

Selain sebagai bahan makanan, umbi ini dapat digunakan sebagai obat batuk. Potong umbi tersebut hingga tipis, lalu kunyah seperti anda mengunyah permen karet. Jangan makan ampas dari umbi, cukup minum airnya saja.


obat batuk tradisional
foto diambil dari: iptek.net.id

7. Jahe Merah

Banyak sekali manfaat kesehatan didapat dari Jahe satu ini. Begitu pula untuk mengobati batuk, caranya seperti di atas (cara makan permen karet).

Cara Alami mengobati Batuk yang disertai dahak

Bahan: 2 sdm Air jahe, 2 sdm air Kunyit, 1 sdm air Jeruk Nipis, 1 sdm madu.

Cara membuat ramuan: Kunyit dan Jahe diparut, lalu tuangkan air. Saring campuran tersebut. Campur bahan tadi dengan air perasan Jeruk Nipis dan Madu. Minum secara rutin hingga batuk anda sirna.


Demikian Ramuan Tradisional untuk batuk yang dapat anda buat di rumah. Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami dapat anda baca pada Artikel sebelumnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.