15 Manfaat Kulit Delima Merah Bagi Tubuh Yang Menakjubkan

Buah delima selalu dikaitkan dengan warna merah dengan intensitas tertentu. Dari warnanya yang mencolok, menunjukkan adanya antioksidan dan berbagai jenis vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Khasiat delima untuk mengatasi berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, sungguh menakjubkan. Hal ini disebabkan berbagai nutrisi gizi dan non gizi di dalamnya.


Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan
Buah ini memang kaya dengan vitamin C, vitamin A, dan vitamin K. Nutrisi lain yang terkandung di dalamnya, termasuk protein dan kalori. Delima memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, dan antibakteri.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai 11 manfaat buah delima untuk kecantikan. Nah, kali ini kita akan kupas khasiat kulit buah cantik ini untuk kesehatan tubuh.

Sebelum kita lanjutkan, anda harus tahu cara mengeringkan kulit buah ini. Sehingga nantinya didapat bubuk yang dapat dipakai sebagai ramuan herbal. Bubuk ini dapat anda gunakan untuk waktu yang lebih lama, atau lebih awet. Nah, cara membuatnya seperti berikut ini:

  • Pertama, kupas kulit dari buahnya. Taruh di piring yang berlainan.
  • Susun kulit buah tersebut, rapi dan tidak tumpang tindih.
  • Jemur di bawah cahaya matahari selama 2 x 8 jam.
  • Jika kulit buah sudah kering, tumbuk sampai halus seperti serbuk.
  • Masukkan bubuk delima ke dalam wadah kaca yang tertutup rapat (stoples).

15 Manfaat Kulit Delima Merah Bagi Tubuh Yang Menakjubkan


Setelah anda berhasil membuat bubuknya, saatnya untuk tahu apa saja khasiat kulit delima bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa di antara manfaatnya:

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Plak – plak yang menumpuk dalam pembuluh darah, tidak boleh dibiarkan. Karena kondisi tersebut dapat membahayakan kesehatan anda. Kulit delima memiliki sifat anti aterogenik, yang membantu untuk membuang plak-plak yang menyumbat pembuluh darah.

Lainnya: Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Jahat

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain faktor genetik, hipertensi dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan yang buruk dan malas berolahraga, akan berakibat tekanan darah menjadi tidak normal. Kulit delima efektif untuk mengontrol tekanan darah anda.

Lebih lengkap: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

3. Mengatasi Anemia

Kurang darah merah dapat menyebabkan lemas, pucat, malas gerak, dan kurang berenergi. Nutrisi dalam kulit delima membantu untuk pembentukan sel darah merah, sehingga masalah anemia dapat dihindari.

Lainnya: Cara Ampuh Untuk Mengobati Anemia

4. Mengatasi Gejala Wasir

Pola makan yang tidak sehat, menjadi faktor kuat yang menyebabkan masalah pencernaan ini. Kurangnya asupan serat dapat menyebabkan masalah sembelit, dan berakhir dengan ambeien. Kulit delima ampuh untuk meredakan masalah wasir yang anda derita. Sertai juga dengan mengubah gaya hidup anda, mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan rajin olahraga.

5. Mengobati Gejala Keputihan


Masalah kesehatan pada wanita ini, dapat dituntaskan dengan cara tradisional. Bagi wanita yang menderita keputihan, anda dapat mengkonsumsi bubuk delima secara rutin. Bahan alami efektif untuk mengatasi gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur tersebut.

6. Mencegah Kanker

Kulit delima memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, akan mencegah pertumbuhan sel – sel tubuh yang tidak normal.

7. Mengatasi Sakit Perut

Rasa mulas dan kembung saat sakit perut, tentunya sangat tidak nyaman. Sakit perut dapat disebabkan oleh masalah pencernaan, masuk angin, nyeri haid, dan lainnya. Untuk meredakan sakit perut, minum laurtan bubuk delima yang sudah anda buat.

8. Mengobati Disentri

Bakteri dapat tinggal bersama makanan yang tidak higienis. Biasakan anak anda untuk mencuci tangannya sebelum makan. Jika anak anda terserang disentri, beri rebusan kulit delima. Buat larutan dari bubuk kulit buah tersebut, untuk diminum di pagi dan malam hari.

9. Meningkatkan Immunitas

Mudah sakit atau gampang terserang penyakit ringan? Kekebalan tubuh yang lemah, sangat rentan terhadap serangan virus dan bakteri. Dengan rutin minum bubuk kulit delima, akan meningkatkan kekebalan tubuh anda.

10. Meredakan Rematik

Kulit buah delima sangat bersifat anti inflamasi. Minum rebusan kulit buah ini, untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat penyakit reumatik.

11. Meredakan Nyeri Sendi

Otot – otot tubuh terasa pegal linu dan nyeri sering dialami oleh mereka yang padat aktivitas. Dengan minum larutan kulit delima, otot tubuh menjadi rileks. Sehingga masalah nyeri otot dan sendi dapat diatasi.

12. Mencegah Osteoporosis

Dengan rutin mengkonsumsi larutan kulit buah delima, tulang menjadi lebih kuat dan tidak keropos. Sehingga mencegah masalah Osteoporosis, yang sering dialami terutama pada usia lanjut.

Lebih detail: 16 Macam Penyakit Tulang Dan Cara Mencegahnya !

13. Detoksifikasi

Berbagai masalah kesehatan akan mudah muncul, saat detoks tidak dikeluarkan dari tubuh anda. Salah satu minuman sehat untuk membuang racun tubuh adalah larutan kulit delima.

14. Mencegah Penyakit Jantung

Dengan minum larutan kulit buah delima secara rutin selama dua bulan berturut – turut, akan mencegah berbagai penyakit termasuk penyempitan pembuluh darah, jantung koroner, gejala iskemia, dan sebagainya.

15. Mengobati Sakit Tenggorokan

Dengan berkumur atau minum larutan kulit delima, akan menyingkirkan bakteri dalam mulut anda. Hal ini berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan, batuk, dan bau mulut tentunya.

Simak juga: 19 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nah, itulah 15 manfaat kulit buah delima merah untuk kesehatan yang menakjubkan. Jadi, jangan buang kulitnya setelah anda makan buah cantik ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

15 Manfaat Kulit Delima Merah Bagi Tubuh Yang Menakjubkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.