11 Cara Mengobati Sakit Perut Sesuai Penyebabnya

Obat alami - Sakit perut dapat diatasi sesuai dengan faktor penyebab yang mendasarinya. Jadi, sakit perut dapat menjadi indikasi adanya penyakit serius atau gangguan kesehatan lainnya. Nah, kali ini kita akan bahas dengan detail tentang apa saja kemungkinan yang dapat memicu gangguan ini dan bagaimana cara mengatasi gejala ini secara tradisional.

11 Cara Mengobati Sakit Perut Sesuai Penyebabnya
Nyeri ringan atau berat pada perut tentunya sangat menyiksa penderita. Terkadang gejala disertai dengan kejang dan kram. Sakit perut dapat disebabkan oleh asupan makanan yang salah, atau faktor lain seperti tukak lambung, infeksi jamur candida, penyumbatan pada pembuluh darah, radang usus buntu, penyakit crohn, atau kanker.

Jadi sebelum anda mencari obat yang tepat untuk meredakan sakit perut, yakinkan faktor yang mendasari gangguan ini. Berharap saja bahwa nyeri yang anda derita adalah akibat dari salah makan. Artikel ini akan mengupas semua metode untuk menangani sakit perut sesuai dengan penyebabnya.


11 Cara Mengobati Sakit Perut Sesuai Penyebabnya


Di bawah ini adalah beberapa cara tradisional untuk mengtasi sakit perut, yang disesuaikan dengan faktor yang mendasarinya. Jadi, pilih cermati gejala yang timbul dan pilih metode pengobatan yang relevan:

1. Sakit perut yang disebabkan oleh makanan pedas

Untuk menenangkan nyeri perut yang dipicu oleh makanan pedas, cukup dengan mengkonsumsi jus pepaya yang dicampur dengan madu murni. Jus wortel juga efektif sebagai solusi untuk masalah ini.

2. Sakit perut karena maag atau minuman berkafein

Iritasi pada lambung dapat disebabkan oleh kenaikan zat asam, yang pada akhirnya dapat memicu penyakit maag (gastritis). Untuk mengobati sakit perut yang dipicu oleh naiknya asam lambung, cobalah ramuan kunyit. Cuci kunyit dengan air mengalir, parut dan peras untuk mengambil sarinya. Tambahkan madu murni, berikan kepada anak anda untuk diminum. Cara ini juga berlaku untuk meredakan nyeri perut akibat minuman kafein, disebabkan sifat dingin dari kunyit. Pelajari: 9 cara mengobati Maag secara alami

3. Sakit perut akibat diare

Buatkan minuman oralit, ketika si kecil menderita sakit perut yang disebabkan oleh diare. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi, akibat hilangnya banyak cairan dalam tubuhnya. Untuk mengatasi diare secara tradisional, anda dapat menggunakan daun jambu biji. Petik pucuk daun jambu biji, cuci dengan air mengalir kemudian bilas dengan air matang. Berikan kepada anak anda untuk dimakan secara langsung. Untuk balita, tumbuk dan peras daun guava kemudian suapkan padanya. Pelajari lebih lanjut: Cara mengobati Diare dengan cepat.

4. Sakit perut yang dipicu oleh kembung

Asupan serat yang berasal dari sayuran terkadang menimbulkan gas yang menimbun di lambung, sehingga menyebabkan bergas (perut kembung). Minyak kayu putih dapat dioleskan pada sekitar perut, untuk memudahkan buang angin. Secangkir teh hangat tanpa pemanis, juga dapat membantu untuk menenangkan perut.

Jika kondisi ini dialami oleh bayi, oleskan minyak telon pada perutnya. Panaskan daun pohon jarak dengan api kecil. Saat masih hangat, balurkan pada pusar bayi.


5. Sakit perut disebabkan disentri

Sakit perut pada balita dan anak-anak, mungkin sebagai gejala disentri yang disebabkan infeksi amoeba ataupun bakteri shigella. Kondisi ini sering disertai mual, muntah, dan feses berdarah atau berlendir (mucus). Silahkan baca artikel sebelumnya: cara mengobati disentri secara alami.

Cegah dehidrasi pada bayi, dengan memberikan larutan elektrolit dan makanan lunak seperti bubur juga makanan berprotein. Selengkapnya: 12 Cara mengobati disentri secara alami.

6. Sakit perut akibat intoleransi laktosa

Rasa sakit dan nyeri pada perut dapat terjadi, akibat alergi terhadap minuman yang mengandung laktosa seperti susu, yogurt, dsb. Ganti susu kemasan dengan susu kedelai atau sumber protein nabati yang lain.

7. Sakit perut sebab radang usus buntu

Appendicitis atau peradangan pada usus buntu dapat disebabkan sisa makanan ang mengendap dan tertimbun dalam organ tersebut. Penyebab lainnya adalah infeksi virus. Untuk mengetahui gejala penyakit ini, letakkan 3 jari kanan pada pangkal pinggang anda. Angkat kaki sebelah kanan, jika timbul perih mungkin menjadi indikasi adanya gejala appendicitis. Periksakan diri anda ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tindakan medis untuk gangguan ini salah satunya dengan operasi bedah ringan.

8. Sakit perut sebagai gejala kolera

Muntaber atau kolera merupakan penyakit menular yang disebabkan infeksi bakteri bernama Vibrio cholera, yang terbawa oleh air minum yang kotor (tidak higienis) atau sebab sanitasi buruk. Muntaber sering menyebabkan dehidrasi pada penderita. Berikan oralit atau air kelapa sebagai pertolongan pertama, untuk mencegah dehidrasi. Obati muntaber dengan daun sembung. Rebus daunnya dengan air bersih, berikan airnya kepada penderita saat airnya masih hangat.

9. Sakit perut sebab sembelit

Makanan berserat sangat dibutuhkan untuk melancarkan saluran cerna, sehingga kotoran dapat dikeluarkan dengan mudah. Sumber serat alami dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Konstipasi merupakan salah satu akibat kurang serat yang dikonsumsi, sehingga feses menjadi keras. Jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka panjang, dapat memicu penyakit wasir.

Penanganan terhadap masalah kesehatan ini, tentunya dengan mengatur pola makan yang benar. Masukkan serat ke dalam menu harian anda. Dengan pencernaan yang lancar, dengan sendirinya sakit perut tidak lagi terjadi.

10. Sakit perut karena batu empedu

Kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat menyebabkan timbunan kolesterol dan cairan empedu. Batu empedu yang terbentuk akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada perut, demam, dan mual.

Untuk mengatasi gangguan ini, minumlah 4 gelas jus apel setiap hari selama seminggu. Pada hari terakhir, minum air hangat dicampur dengan garam dapur.

11. Sakit perut akibat cacingan

Infeksi cacing kremi pada saluran cerna dapat terjadi saat makanan tidak higienis masuk ke dalam tubuh seseorang. Anak-anak sangat rentan terhadap risiko cacingan, karena kebiasaan bermain tanah kotor kemudian lupa untuk cuci tangan sebelum makan. Solusi untuk masalah ini, silahkan pelajari: 12 cara mengobati cacingan pada anak dan orang dewasa.


Tips mengatasi sakit perut



  • Hindari untuk sementara minuman kafein, susu, minuman bersoda, makanan berminyak, buah dengan rasa masam, dan makanan berlemak.
  • Pilih makanan lembut seperti bubur, nasi tim, atau biskuit. Hal ini akan mencegah sakit perut semakin parah.
  • Hindari obat pereda sakit perut yang dijual di pasaran, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itulah 11 cara mengobati sakit perut sesuai penyebabnya. Konsultasi dengan dokter jika sakit perut disertai diare secara terus-menerus, berat badan menurun, sembelit, nafsu makan menurun, demam tinggi, sulit bernafas, dan kondisi serius lainnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Mengobati Sakit Perut Sesuai Penyebabnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.