9 Cara Mengobati Maag Menggunakan Bahan Alami

Penyakit Maag atau dalam istilah medis disebut gastritis adalah kondisi dinding lambung mengalami iritasi, peradangan ataupun pembengkakan yang disebabkan asam lambung meningkat. Maag atau tukak lambung biasanya menyerang secara tiba-tiba, disertai rasa nyeri, mulas dan perih pada lambung. Penyebab utama penyakit ini adalah pola makan salah. Pelajari juga: Makanan Penyebab dan Pereda Asam Lambung

Jenis-jenis penyakit Maag

Radang lambung yang disebabkan oleh mikroorganisme bernama helicobacter pylori, disebut sebagai maag kronis. Infeksi oleh bakteri ini sangat berbahaya, dapat memicu risiko kanker lambung. Sedangkan penyakit maag yang umumnya diderita banyak orang adalah maag akut, dipicu oleh stres, sering mengkonsumsi makanan pedas, banyak meneguk minuman keras, atau pengaruh bahan kimia tertentu. Tukak lambung tidak akan menyerang, jika menjalani gaya hidup sehat.



9 Cara Mengobati Maag Menggunakan Bahan Alami

Mengobati penyakit maag dengan obat-obatan kimia dianggap lebih cepat dan praktis. Namun, dampak dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan. Bahan alami yang ada di sekitar kita dapat digunakan untuk mengobati maag, tanpa efek samping. Berikut ini adalah obat alami bagi penyakit maag, yang dapat anda buat di rumah:


1. Kunyit

Ambil beberapa potong kunyit kemudian dicuci. Selanjutnya kunyit diparut, lalu tambahkan air untuk diperas. Biarkan mengendap, minum airnya di pagi hari dan sebelum tidur malam. Anda bisa menambahkan madu bersamanya, agar rasa lebih enak.

2. Temulawak

Ambil 1 rimpang temulawak, kemudian diiris-iris hingga tipis. Biarkan terkena angin beberapa saat, kemudian rebus bersama 5 gelas air hingga airnya mendidih. Jika air telah dingin, saring dan minum sekali dalam sehari, masing-masing sebanyak 1 gelas.

3. Daun Jambu biji

Daun ini dapat digunakan untuk mengobati diare dan sariawan. Untuk meredakan penyakit maag, cuci daun jambu biji segar sebanyak 8 lembar. Rebus bersama 1 ½ liter air sampai menndidih. Airnya disaring dan biarkan dingin. Minum airnya sebanyak 3 kali sehari.

4. Bawang putih

Ambil beberapa siung bawang putih untuk diparut. Masukkan ke dalam segelas air hangat dan tuangkan madu murni. Minum secara teratur.

5. Daun Salam

Rebus daun salam sebanyak 15 lembar ke dalam ½ liter air. Setelah airnya dingin, tambahkan madu atau gula batu ke dalamnya. Minum airnya untuk mengatasi penyakit maag.

6. Daun Keji Beling

Ambil 3 lembar daun keji beling segar, cuci sampai bersih. Anda bisa menyantapnya sebagai lalapan.

7. Biji Pala

Salah satu obat maag tradisional adalah biji pala. Sediakan serbuk biji pala sebanyak 1 gram dan 6 gram buah pisang batu dalam bentuk serbuk. Kedua bahan diseduh bersama 100 ml air. Minum airnya setiap hari secara teratur.

8. Pisang

Buah pisang dapat menurunkan asam lambung, sehingga baik untuk penderita maag. Anda sebaiknya makan 3 buah pisang setiap hari untuk mengobati dan mencegah penyakit maag.

9. Lidah Buaya

Obat tradisional bagi penyakit maag yang paling baik menurut penulis adalah lidah buaya. Ambil selembar Daun lidah buaya, kemudian buang kulit luarnya. Bagian dalam yang berbentuk gel dipotong-potong, kemudian dicuci sampai lendirnya hilang. Selanjutnya bagian ini dijemur sehingga bau anyir hilang. Anda dapat memakannya secara langsung, atau menyantapnya bersama madu.



Hindari makanan pedas, asam, gorengan, serta atur pola makan anda. Jangan sampai terlambat makan, paksa diri anda meskipun hanya sesuap makanan. Jika penyakit maag berlanjut, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Menu makan yang seimbang dan pola makan yang benar, sangat menunjang kesembuhan tukak lambung. Penyakit ini dapat kambuh, jika ada faktor pemicu.


sumber foto: healthchilli.com, lovingfit.com 

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Cara Mengobati Maag Menggunakan Bahan Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.