9 Cara Menggunakan Kondisioner Rambut Dengan Benar

Obat alami - Rambut merupakan bagian penting dari kecantikan wanita. Untuk membuatnya lebih lembut dan indah, tentu membutuhkan perawatan khusus. Di sinilah peran shampo dan kondisioner. Shampo berguna untuk membersihkan rambut dari kotoran dan debu yang melekat. Kondisioner berguna untuk menghaluskan rambut. Nah pertanyaannya, bagaimana cara menggunakan kondisioner yang benar?

9 Cara Menggunakan Kondisioner Rambut Dengan Benar
Selain sebagai pelembut rambut, manfaat kondisioner termasuk untuk membuatnya lebih bersinar, memudahkan untuk menyisirnya, menyegel kutikula rambut, dan mencegah hilangnya minyak alami setelah keramas.

Cara menggunakan kondisioner haruslah tepat dan sesuai dengan jenis rambutmu. Banyak produk kondisioner yang beredar di pasaran, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis rambutmu. Apakah rambutmu termasuk ikal, keriting, atau lurus. Demikian pula kondisi rambut seperti apa yang kamu alami, apakah rontok, rusak, atau berketombe.


9 Cara Menggunakan Kondisioner Rambut Dengan Benar Sesuai Jenisnya


Pemakaian kondisioner secara rutin meskipun dalam jumlah kecil, dapat menguatkan rambut hingga 15 persen. Perawatan rambut ini akan terlihat hasilnya, lambat namun pasti. Bukan hanya meningkatkan kelembaban, tapi kondisioner juga mampu membuat rambut lebih berkilau alami. Nah, ikuti panduan di bawah ini:

1. Waktu yang tepat untuk menerapkan kondisioner

Setelah keramas menggunakan shampo, jangan terapkan kondisioner. Nutrisi di dalamnya tidak dapat meresap pada rambut yang basah. Jadi, tepuk rambut kamu dengan handuk atau biarkan sampai kering kemudian aplikasikan. Simak juga: cara menghitamkan rambut secara alami

2. Pilih kondisioner yang aman untuk digunakan


Beberapa produk kondisioner mengandung silikon. Hindari bahan ini, karena akan menghilangkan minyak alami pada rambut kamu. Selain itu, silicon dapat mengakibatkan rambut mudah patah.

3. Hindari kondisioner pada kulit kepala

Kondisioner berguna untuk mencegah penipisan kutikula rambut. Jadi, kulit kepala sama sekali tidak membutuhkan produk ini. Rambut membutuhkan kelembaban agar tetap cantik, sedangkan kulit kepala sudah memiliki minyak alami. Aplikasi kondisioner pada kulit kepala hanya akan membuat rambutmu makin berminyak, lepek, terasa gatal, berketombe, bahkan rontok. Terapkan pada batang rambut saja.

4. Utamakan pada ujung rambut

Bagian rambut yang paling tua adalah ujungnya, jadi perbanyak krim di situ. Terapkan kondisioner secara merata pada rambut untuk membuatnya lebih sehat, tapi tidak pada kulit kepala. Baca juga: 8 Tips merawat rambut keriting yang sulit diatur

5. Aplikasikan kondisioner sebelum keramas

Petunjuk penggunaan kondisioner pada umumnya mencantumkan anjuran untuk memakai krim tersebut setelah keramas. Tapi, untuk rambut rusak dan tipis sebaiknya mencoba cara lain. Dengan menerapkan conditioner sebelum keramas, maka rambut akan terkesan lebih tebal dan indah.

6. Teknik yang benar

Kamu dapat menggunakan sisir atau jari tangan, untuk meratakan kondisioner pada rambut. Sisir secara perlahan dan lembut, dari tengah ke ujung rambut. Tunggu selama 5 menit, lalu bilas menggunakan air dingin untuk merapatkan pori-pori yang terbuka.

7. Jangan berlebihan saat memakai kondisioner

Untuk rambut yang cenderung lembab, gunakan kondisioner seperlunya saja. Cukup terapkan sedikit saja, tanpa terkena kulit kepala. Bilas dengan shampo setelah kondisioner melekat di rambut selama 5 menit. Hal ini berlaku untuk rambut lepek, lho.

8. Pilih krim sesuai jenis rambut

Untuk rambut berminyak, kondisioner yang cocok buatmu adalah krim cair. Krim pekat biasanya mengandung banyak minyak, sehingga membuat rambut makin lepek dan berminyak.

9. Pilih kondisioner tanpa bilas

Jika rambut kamu benar-benar berminyak, maka kondisioner tanpa bilas dapat menjadi pilihan terbaik. Krim ini biasanya lebih ringan dan tidak mengandung banyak minyak.

Nah, itulah 9 cara menggunakan kondisioner yang benar. Dengan rutin memakainya, tentu kamu akan mahir dalam menggunakannya. Rambut kian hari makin indah, lembut, dan bercahaya. Perawatan kecantikan ini harus disertai dengan asupan makanan bergizi dan olahraga teratur. Bagaimana pun, rambut butuh nutrisi untuk menunjang kesehatan dan keindahannya. Pelajari: Nutrisi yang diperlukan rambut sesuai kerusakannya! Sedangkan olahraga akan melancarkan aliran darah sehingga membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Cara Menggunakan Kondisioner Rambut Dengan Benar
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.