19 Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya

Pegagan adalah tanaman obat yang memiliki sederet manfaat kesehatan, disebabkan adanya nutrisi penting di dalamnya. Daun pegagan atau sering juga disebut antanan berguna untuk mengobati penyakit berat, seperti wasir dan kanker. Sedangkan dalam dunia kecantikan, daun antanan efektif untuk merawat kulit termasuk untuk menghilangkan keloid.

19 Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya
Pegagan (Centella asiatica) merupakan tumbuhan liar yang berwarna merah atau hijau. Tanaman ini dimasukkan ke dalam famili Umbelliferae, dimana banyak tumbuh di pematang sawah atau perkebunan.

Kandungan pegagan

Zat kimia yang tersedia dalam daun centella seperti brahmoside, thankuniside, meso-inositol, asiaticoside, karotenoid, madecassoside, asam madasiatik, brahminoside, isothankuniside, centellose, dan asam brahmic. Antanan juga dilengkapi dengan berbagai mineral seperti kalsium, natrium, zat samak, kalium, zat besi, dan vellarine magnesium. Vitamin yang terdapat di dalamnya termasuk vitamin B, vitamin C, dan betakaroten.

Tanaman ini memiliki sifat sejuk dan manis. Efek farmakologis dalam antanan termasuk antitoksik, diuretik, anti-infeksi, haemostatik, dan antipiretik. Pegagan juga bersifat anti-inflamasi, stimulant, antispasma, anti-bakteri, anti-alergi, hipotensif, dan tonik. Daun pegagan mengandung glikosida triterpenoida, yang mampu mencegah penyakit lepra.


19 Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya


Dengan berbagai mineral dan nutrisi lainnya, daun pegagan berkhasiat untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan dan penyakit. Berikut manfaat dan khasiat daun antanan yang luar biasa:

1. Memerangi kanker

Ekstrak pegagan memiliki sifat antioksidan dan sitotoksik, yang efektif dalam melawan kanker. Penelitian oleh International Journal of Molecular Sciences, mengungkap tentang efektivitas ekstrak daun pegagan yang sangat kuat dalam membasmi kanker glioma.

2. Menyembuhkan luka di kulit

Studi pada tahun 2010 oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences membuktikan bahwa daun pegagan punya efek farmakologis, yang mampu mengobati luka dengan cepat.

3. Menguatkan ingatan

Studi terhadap 30 partisipan yang masih anak-anak dan menderita cacat mental, menemukan perkembangan mental setelah pemberian pegagan selama 90 hari.

Sedangkan pada orang normal, daun pegagan berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan mencegah kelelahan. Untuk anak-anak normal, daun antanan bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Menarik: 11 Jenis Makanan Ini Meningkatkan Daya Ingat!

4. Mengurangi depresi

Penelitian ilmiah di India menunjukkan efektivitas daun pegagan untuk menurunkan kecemasan pada seseorang.


Ramuan Herbal Menggunakan Daun Pegagan


5. Membantu mengobati kusta

Penyakit kusta dapat disembuhkan dengan ramuan daun antanan. Rebus satu genggam daunnya dengan 750 ml air, sampai tersisa 250 ml. Minum di pagi, siang, dan malam hari.

6. Meredakan sakit kepala

Untuk menghilangkan sakit kepala yang menyiksa, ambil 17 biji jintan hitam dan 1 genggam daun pegagan. Rebus bersama 500 ml air, hingga tersisa 150 ml saja. Tambahkan madu murni, minum saat airnya masih hangat. Lebih detail: 23 Cara mengobati sakit kepala secara alami.

7. Mencegah kambuhnya penyakit ayan

Gejala epilepsi dapat dicegah dengan bahan alami, sehingga tidak kambuh lagi. Caranya, tumbuk daun pegagan yang dikeringkan. Setelah menjadi bubuk, ambil sebanyak 1 sendok makan kemudian campur dengan gula jawa. Seduh dengan 1 gelas air panas, minum saat airnya masih hangat. Lakukan pengobatan ini dengan rutin. Simak juga: 6 cara mengobati Epilepsi secara alami

8. Menyembuhkan tifus

Ambil satu genggam daun centella, ½ genggam daun jinten hitam, dan 5 batang tanaman tapak liman. Ambil air dari tiga bahan ini, dengan dikukus. Tambahkan 2 sdm madu murni, minum airnya dengan rutin. Lakukan pengobatan dengan rutin, untuk mengobati penyakit tipes.

9. Mengobati disentri dan sariawan

Untuk mengatasi dua jenis gangguan kesehatan ini, siapkan beberapa bahan alami. Ambil 1 ½ genggam daun antanan yamg masih segar, 9 biji ketumbar, sepotong kunyit, dan 1 sdt serbuk daun rasuk angin. Tumbuk 4 bahan ini, tuangkan sedikit air dan saring. Setelah direbus dan mendidih beberapa menit, angkat. Airnya dapat diminum setiap pagi. Lakukan setiap hari selama seminggu.

10. Membuat bisul cepat matang


Bisul tidak sembuh dalam waktu singkat? Obati dengan ramuan tradisional. Caranya, tumbuk daun antanan hingga lembut. Balurkan pada bisul di kulit anda.

11. Mengobati hipertensi

Rebus 19 helai daun pegagan bersama 3 gelas air hingga menjadi segelas saja. Minum airnya di pagi, siang, dan malam hari. Cara ini efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

12. Mengobati ambeien

Tanaman tapak kuda juga dapat digunakan untuk mengobati wasir. Cabut 5 batang tanaman pegagan beserta akarnya, kemudian cuci dengan air mengalir. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih selam 3 menit. Minum setelah airnya menjadi dingin.

13. Mengatasi panas dan demam

Jangan cemas dan bingung saat anak anda menderita demam dan panas. Tumbuk segenggam daun pegagan segar, peras dan campur dengan sedikit air garam. Minum ramuan ini sebelum makan pagi. Cara ini juga berguna untuk menambah nafsu makan.

14. Menghentikan pendarahan akibat mimisan

Sifat hemostatis dalam pegagan berguna untuk mengatasi mimisan. Cara menggunakan, rebus 75 gram daun tapak kuda dengan air secukupnya. Peras dan minum airnya.

15. Mengatasi bengkak dan kemerahan pada mata

Daun antanan juga berguna sebagai obat tetes mata. Lumatkan daunnya yang masih segar, kemudian peras untuk mengambil airnya. Teteskan pada mata anda, 3 kali dalam sehari.

16. Mengobati campak

Air rebusan daun pegagan juga efektif untuk mengatasi penyakit campak. Ekstrak antanan juga berguna untuk meredakan flu, penyakit liver, dan keracunan jengkol.

17. Mengobati batuk kering dan asma

Atasi gangguan pernafasan dengan obat rumahan. Tuangkan sedikit air pada 2 genggam daun antanan yang telah ditumbuk. Peras dan minum airnya setiap hari, dengan takaran ¼ cangkir. Lakukan pengobatan dengan rutin selama 2 minggu.

18. Mengatasi anyang-anyangan

Gangguan kencing seperti anyang-anyangan dapat diobati dengan cara mudah. Tumbuk 25 gram daun pegagan, oleskan pada pusar di perut anda.


Manfaat Pegagan Untuk Kecantikan Kulit


19. Mengatasi keloid

Daun antanan mengandung asiatosida yang berguna untuk perbaikan jaringan ikat dan sel-sel kulit. Zat aktif ini juga efektif untuk memacu tumbuhnya kuku dan rambut, secara sehat. Saponin dalam daun ini meningkatkan kolagen, yang pada akhirnya mencegah jaringan keloid melebar.

Efek farmakologis dan senyawa penting dalam pegagan

Triterpenoid

Zat ini efektif untuk memperbaiki kemampuan mental, melancarkan sirkulasi darah, dan memperbaiki suasana hati.

Asiatikosid

Zat ini dapat berperan dalam pergantian sel-sel kulit, bersifat antibiotik, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Brahminosid

Zat ini berkontribusi dalam perkembangan sel otak, sebagai penyumbang protein esensial.

Pegagan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh:

Pengidap hepatitis. Baca: Mengobati hepatitis secara alami dengan ramuan tradisional.
Pasien yang akan menjalani operasi bedah.
Ibu hamil dan menyusui.

Nah, itulah 19 manfaat daun pegagan dan cara membuat ramuan dengannya. Anda dapat memindahkan tanaman ini dari tepi sungai ke pekarangan rumah.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

19 Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.