12 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa

Cara mengobati penyakit cacingan pada anak maupun orang dewasa, haruslah disesuaikan dengan jenis cacing yang masuk ke dalam tubuh. Anda dapat memilih cara tradisional menggunakan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Namun, sebelum kita membahas pengobatan rumahan, anda sebaiknya mengetahui tentang penyebab cacingan.

12 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Penyakit cacingan disebabkan oleh masuknya salah satu jenis cacing ke dalam tubuh, melalui makanan yang kotor atau tidak higienis. Ada 3 jenis cacing yang dapat menyebabkan penyakit cacingan seperti cacing kremi, cacing pita, dan cacing gelang. Masing-masing spesies dapat menimbulkan gejala yang berbeda, satu sama lain. Jadi, pengobatan terhadap penyakit pun tidak sama.

Gejala Cacingan

Gejala penyakit cacingan yang biasanya diderita oleh pasien seperti perut makin buncit, namun tubuh menjadi lebih kurus. Tetapi penderita cacingan tidaklah selalu mengalami gejala yang sama. Untuk memastikannya, pengidap seharusnya dibawa ke rumah sakit atau konsultasi dengan dokter.


12 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa


Cacingan dalam istilah medis disebut Ascariasis. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama, bahan alami yang digunakan dalam pengobatan cacingan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi cacingan:


Obat cacingan pada anak


1. Tanaman putri malu

Cara mudah untuk mengatasi cacingan pada anak adalah menggunakan tanaman putri malu. Rebus 25 gram tanaman putri malu bersama 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas saja. Minum airnya sebelum tidur malam.

2. Akar delima

Cacingan pada anak juga dapat diobati dengan akar delima. Caranya, siapkan 7 gram akar delima kemudian cuci dengan air yang mengalir. Potong-potong dengan ukuran kecil, rebus bersama segelas air selama ¼ jam. Minum dengan rutin setiap hari sampai sembuh.


3. Kulit buah mangga

Jika buahnya terasa manis masam dan kaya akan vitamin C, kulit buah mangga cukup efektif sebagai obat cacingan. Kulit buah ini memiliki sifat antelmintik yang mampu melawan cacing dan larva, serta mematikan kuman merugikan di dalam perut.

Rebus kulit mangga dengan 2 gelas air selama ¼ jam, untuk mengeluarkan zat antelmintik yang terdapat di dalamnya. Minum saat airnya masih hangat.

4. Biji jeruju

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati cacingan pada anak adalah biji jeruju. Tumbuk 5 biji jeruju sampai lumat, seduh bersama ½ gelas air panas. Ketika airnya masih hangat, minum dengan segera. Lakukan pengobatan tradisional ini setiap hari.

5. Biji pepaya

Buah pepaya berguna untuk melancarkan pencernaan, juga efektif sebagai masker wajah untuk menghaluskan kulit anda. Sedangkan biji pepaya dapat digunakan untuk mengatasi cacingan pada anak. Pertama, jemur biji pepaya hingga kering. Tumbuk biji kering ini hingga berbentuk bubuk. Seduh bubuk ini dengan segelas air hangat, tambahkan madu murni. Minum dengan rutin, 2 kali sehari.

6. Tanaman krokot

Jangan cemas, ketika gejala cacingan mulai dialami oleh anak anda. Ambil segenggam krokot segar, kemudian cuci dengan air bersih. Rebus bersama 600 ml air, biarkan sampai mendidih. Setelah airnya tersisa 300 ml, segera angkat. Minum airnya yang masih hangat, makan krokot yang telah matang. Lakukan cara ini di pagi dan malam hari.

7. Akar melati dan daun pepaya

Untuk mengatasi cacing kremi pada anak, gunakan dua bahan alami. Sediakan 15 gram akar melati dan selembar daun pepaya. Cuci keduanya dengan air mengalir, rebus bersama 500 ml air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 250 ml saja. Minum 2 kali dalam sehari, saat airnya hangat.

8. Ketumbar dan bangle

Bumbu dapur juga efektif untuk mengatasi cacingan pada anak. Caranya, siapkan 10 gram ketumbar, 5 tangkai sirih, 25 gram temu hitam, dan 25 gram bangle. Rebus semua bahan dengan 550 ml air bersih. Tunggu sampai airnya menyusut 200 ml, angkat. Minum di pagi dan sore hari secara rutin.

9. Bawang putih dan akar pepaya

Cacingan pada anak yang disebabkan oleh cacing kremi, juga dapat diobati dengan bawang putih. Ambil 25 gram akar pepaya dan 3 siung bawang putih. Rebus kedua bahan ini bersama 600 ml air, tambahkan sedikit gula aren. Biarkan airnya susut 300 ml, kemudian angkat. Minum airnya saat masih hangat, 2 kali dalam sehari.


Cara Mengobati Cacingan pada Orang Dewasa


10. Wortel dan santan

Cacing pita juga dapat diatasi dengan wortel. Caranya, parut wortel kemudian tambahkan secangkir santan kelapa dan garam dapur. Ramuan tradisional ini dapat dikonsumsi setiap hari.

11. Petai Cina

Cacing pita biasanya menimbulkan rasa sakit di dalam perut. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengkonsumsi petai cina dalam porsi besar. Segera berhenti mengkonsumsi biji lamtoro, setelah sembuh.

12. Bawang putih dan madu

Cacingan kadang tidak menunjukkan gejala yang nyata. Biasanya, penyebabnya adalah cacing gelang. Tapi, salah satu spesies seperti Toxocara canis dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan.

Untuk mengatasi cacing gelang, anda dapat menggunakan bahan alami. Siapkan tujuh siung bawang putih, cuci dengan air mengalir kemudian parut. Tambahkan madu murni, aduk seperlunya.  Minum larutan ini 3 kali dalam sehari.

Nah, itulah 12 cara mengobati cacingan pada anak dan orang dewasa. Cobalah salah satu dari ramuan tradisional di atas, sebelum berpindah ke racikan bahan lainnya. Simak juga: 6 cara mengobati Tipes secara alami dan tradisional! Semoga membantu anda untuk mengatasi cacingan dengan cepat dan aman.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.