26 Cara Mengobati Pilek Dan Flu Yang Ampuh

Obat alami - Flu, batuk, dan pilek sering terjadi secara bersamaan. Terutama di musim hujan, maupun cuaca yang tak menentu. Lantas, bagaimana cara mengobati ketiga penyakit ringan ini dengan cepat dan tradisional? Ada beberapa cara efektif dan sangat mudah yang dapat anda lakukan.

cara mengatasi influenza secara tradisional
Cara cepat mengobati pilek dan batuk tentunya dengan obat – obatan medis. Tapi, jika anda membiasakan metode tersebut untuk mengatasi influenza, maka kekebalan tubuh anda lambat laun akan melemah.

Sistem immunitas tubuh tidak akan terbiasa untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang. Orang yang biasa minum obat flu saat terserang influenza, akan sulit sembuh dengan sendirinya ketika penyakit itu menyerang di lain hari.

Itulah alasan, kenapa kita sebaiknya membiasakan diri untuk melatih kekebalan tubuh. Jikalau harus menggunakan obat, sebaiknya gunakan obat – obatan herbal atau tradisional. Dengan cara ini, anda terhindar dari bahaya bahan – bahan kimia.


26 Cara Mengobati Pilek Dan Flu Yang Ampuh


Flu disebabkan oleh virus influenza, ditandai dengan bersin, meriang, demam, tenggorokan gatal, dan beberapa gejala lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati pilek dan batuk secara tradisional:

1. Perbanyak minum air hangat

Buatlah virus influenza tidak betah menetap dalam tubuh anda. Caranya dengan banyak minum air hangat. Dengan cara ini, lendir akan segera keluar dari tenggorokan dan tubuh anda. Bahkan, jika anda baru masuk masa inkubasi penyakit, mungkin anda tidak jadi terserang flu. Jika terlanjur terkena pilek, penyakit pun mudah sembuh.

2. Lupakan diet


Hentikan program diet untuk sementara, jika anda terserang influenza. Cukupi nutrisi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, protein, dan makanan sumber energi. Makanan sehat tersebut membantu melawan infkesi virus, sehingga pilek dan batuk lebih cepat sembuh.

3. Hirup uap hangat

Menghirup uap air dari wadah yang berisi air panas dan minyak kayu putih berguna untuk melegakan hidung tersumbat akibat pilek yang disertai batuk. Lakukan metode ini selama 15 menit.

4. Wedang jahe

Buatlah minuman jahe yang dicampur dengan madu murni. Tubuh anda akan merasa lebih hangat dan nyaman. Demam dan meriang akibat pilek pun dapat diredakan dengan minuman hangat ini.

5. Hirup aroma bawang

Sebuah studi di Kanada menunjukkan bahwa aroma bawang mampu melawan infeksi virus influenza. Hal ini disebabkan oleh senyawa sulfur dan allicyn yang terkandung dalam bawang putih.

Lainnya: 28 Manfaat Bawang Putih Sebagai Obat Tradisional

6. Konsumsi makanan yang kaya Omega 3

Untuk melawan infeksi virus influenza, kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya omega-3. Anda dapat menemukan nutrisi ini pada ikan tuna, salmon, atau makarel.

7. Olahraga ringan

Bukankah dokter menyarankan untuk banyak istirahat saat seseorang terserang pilek? Ya, benar. Namun saat terjaga, anda sebaiknya berjalan kaki selama 15 menit. Tetap gunakan jaket, jika tubuh terasa dingin. Studi ilmiah yang diadakan Universitas South Carolina menunjukkan bahwa latihan ringan dapat meredakan gejala pilek.

Berkaitan: 7 Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari

8. Perbanyak makan sayur

Sayur hijau mengandung banyak mineral dan vitamin, yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga penderita pilek lebih mampu melawan infeksi yang dialaminya.

9. Minum teh hangat

Menurut penelitian di Universitas Harvard, senyawa katekin yang terdapat dalam teh mampu mendongkrak immunitas tubuh. Sehingga tubuh kita lebih mampu untuk melawan virus penyebab influenza.

10. Yoghurt

Minuman olahan dari fermentasi susu ini kaya akan probiotik, yang baik untuk melawan infeksi virus flu. Terutama bagi penderita pilek yang juga menderita asma maupun infeksi pernafasan. Pastikan yogurt yang dibeli tidak mengandung pemanis buatan.

11. Berhenti merokok

Sebenarnya semua asap yang anda hirup, dapat menghalangi kerja rambut – rambut kecil pada hidung. Sehingga mikro organisme yang akan masuk lewat hidung, lebih sulit untuk disaring.

Penting untuk dibaca: Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat dan Aman !

12. Minum jus berry

Buah – buahan berry kaya akan antioksidan dan vitamin, yang mampu mendongkrak kekebalan tubuh anda.

13. Mandi air hangat

Dengan mandi menggunakan air hangat, tubuh anda lebih nyaman dan peredaran darah lancar. Ini dapat mempercepat proses penyembuhan pilek.

14. Mengkonsumsi Ginseng

Penelitian oleh Universitas Alberta di Kanada menunjukkan bahwa minuman ginseng efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh lebih mampu untuk melawan berbagai infeksi virus, termasuk influenza.

15. Cuci lubang hidung dengan air garam

Masukkan air garam ke dalam lubang hidung anda, kemudian keluarkan. Cara ini berguna untuk membersihkan kuman yang ada di hidung. Intinya, jangan biarkan lubang hidung anda basah oleh lendir.

16. Perbanyak makanan yang kaya zinc

Salah satu manfaat mineral zinc, untuk regenerasi sel –sel tubuh yang bertugas untuk memerangi virus dan zat asing lainnya. Anda dapat menemukan sumber zinc pada udang, tiram, sereal, almond, daging kambing, dan lainnya.

17. Air jeruk hangat

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Anda dapat menggantinya dengan buah lain yang kaya vitamin C. Stamina dan kekebalan tubuh anda akan meningkat dengan konsumsi vitamin ini.

18. Makan Sup Ayam

Serius nih? Apa hubungan pilek dengan sup ayam? Orang Cina dan Jepang terbiasa makan makanan ini saat mereka terkena pilek. Kaldu ayam berguna untuk medongkrak kinerja sel darah putih dalam memerangi infeksi virus.

19. Hirup aroma mint

Dengan menghirup aroma daun mint atau minyak kayu putih, akan melegakan hidung tersumbat. Bersin – bersin pun dapat diatasi dengan cara ini.

20. Perbanyak istirahat

Immunitas merupakan senjata utama bagi tubuh anda untuk melawan infeksi virus influenza. Dengan istirahat, maka kekebalan tubuh akan meningkat. Tenaga akan pulih, tubuh lebih rileks, sehingga flu lebih cepat sembuh.

21. Makan biji adas

Rasa manis dan tajam dari biji adas sangat membantu penderita pilek untuk mencairkan dahak atau lendir pada tenggorokannya. Dahak dalam tubuh pun mudah dikeluarkan, dengan mengkonsumsi biji adas.

22. Gunakan bantal tebal saat tidur

Berbaringlah menggunakan bantal tebal, supaya cairan lendir mudah keluar dari hidung. Pastikan suhu kamar tidur cukup hangat, hindari berbaring di atas lantai.

23. Minum teh licorice dan kayu manis

Manfaat teh akar licorice termasuk untuk meningkatkan stamina tubuh, serta menambah kekebalan tubuh anda. Anda bisa menambahkan bahan lain, seperti madu dan kayu manis.

24. Makan telur rebus

Asam amino dan protein dalam telur berguna untuk melawan infeksi virus atau bakteri dalam tubuh, termasuk virus penyebab flu. Selain itu, energi tubuh akan meningkat.

25. Minum susu

Banyak nutrisi dalam susu yang dibutuhkan untuk pembentukan kekebalan tubuh, yang diperlukan untuk melawan penyakit. Mungkin makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang memadai, maka anda sebaiknya minum susu. Sehingga asupan harian terpenuhi.

26. Konsumsi air mineral

Selain berguna untuk mencegah dehidrasi, dengan mengkonsumsi air mineral, akan membantu meningkatkan immunitas.

Cara Efektif Mencegah Pilek



  • Cuci tangan anda, setelah menggunakan fasilitas umum.
  • Gunakan masker penutup hidung dan mulut, saat anda berkendara menggunakan motor.
  • Jangan terbiasa memasukkan jari tangan ke lubang hidung. Mungkin saja tangan anda tidak bersih, dimana banyak kuman yang hinggap.
  • Kurangi atau hentikan begadang di malam hari. Kekebalan tubuh akan menurun, jika anda sering begadang hingga larut malam.
  • Jangan bertukar perlengkapan mandi dengan orang lain, misalnya handuk ataupun sikat gigi.

Simak juga: 7 Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk

Nah, itulah 26 cara ampuh untuk mengatasi pilek dan batuk secara tradisional. Gaya hidup sehat akan membuat daya tahan tubuh anda selalu terjaga, sehingga tidak mudah terserang influenza dan penyakit ringan lainnya. Semoga segera sembuh.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

26 Cara Mengobati Pilek Dan Flu Yang Ampuh
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.