7 Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga aerobik yang paling mudah, ringan, serta dapat dilakukan oleh siapapun dan di manapun. Berjalan adalah latihan paling aman, tanpa risiko yang membahayakan bagi tubuh. Berjalan kaki adalah bentuk aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh, tanpa memerlukan peralatan mahal. Cukup menggunakan sepatu olahraga, atau tanpa memakainya. Aktivitas ringan, namun menjadi obat alami bagi berbagai penyakit.

Banyak orang lebih menyukai berjalan dibandingkan jogging ataupun lari. Meskipun tergolong ke dalam olahraga ringan, jalan kaki memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan melakukan aktivitas ini secara teratur dapat menjaga kesehatan jantung, tulang, otak, dan banyak lagi yang dapat disimak di bawah ini:



7 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari Bagi Kesehatan


1. Menjaga berat badan

Untuk menurunkan berat badan, maka kalori yang masuk ke dalam tubuh harus dibakar. Cara paling mudah dengan berjalan selama 30 menit setiap hari. Misalkan berat badan anda saat ini sebesar 60 kg. Dengan berjalan dalam kecepatan sedang (2 mph) selama setengah jam, akan membakar lemak di tubuh anda sebanyak 75 kalori. Jika kecepatan dinaikkan 2 kali lipat, lemak yang terbakar adalah sekitar 99 kalori. Berjalan memiliki manfaat untuk menaikkan massa otot, serta meningkatkan metabolisme tubuh.


2. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Berjalan cepat yang dilakukan secara teratur tiap hari akan menjaga tekanan darah, serta menurunkan kolesterol jahat. Cara ini dapat bermanfaat untuk memacu detak jantung dan memperlancar sirkulasi darah, yang pada akhirnya menyehatkan jantung anda. Sebuah studi mengungkapkan bahwa berjalan cepat selama setengah jam per hari mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang mengarah ke stroke, hingga sebesar 27%.

Jika aliran darah menuju jantung terhambat akan memicu penyakit jantung. Dengan melakukan berjalan cepat, aliran darah ke koroner jantung menjadi deras dan lancar. Kondisi ini menyebabkan distribusi oksigen ke jantung berlangsung dengan baik, sehingga meningkatkan kinerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Mencegah Osteoporosis

Tulang keropos ditandai dengan penurunan massa, kualitas jaringan, ataupun kepadatan tulang. Untuk menunjang kesehatan tulang diperlukan asupan vitamin D dan kalsium. Dengan berjalan kaki sebanyak sepuluh ribu langkah per hari, anda akan mendapatkan vitamin D yang cukup. Lakukan aktivitas berjalan selama 15 menit di pagi hari untuk memperkuat tulang anda, sehingga terhindar dari kondisi osteoporosis.

4. Mencegah Pikun

Demensia atau sering disebut pikun merupakan kondisi penurunan kinerja otak, terutama daya ingat otak. Dengan aktivitas fisik seperti berjalan sejauh 6 mil tiap minggu akan menjaga fungsi otak, serta menurunkan risiko demensia sebesar 40 persen. Tentunya, aktivitas ini dilakukan secara rutin tiap hari. Bahkan, jika anda benar-benar konsisten melakukan olahraga ini, dapat mencegah penyusutan otak dan memulihkan daya ingat terhadap kenangan beberapa tahun silam. Selain olahraga, sebaiknya mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan daya ingat otak.

5. Meningkatkan Energi tubuh

Berjalan cepat memiliki efek baik terhadap sirkulasi oksigen ke seluruh sel tubuh. Rutin dalam melakukannya dapat meningkatkan energi tubuh dan kewaspadaan. Masalah persendian kaku dan ketegangan otot pun dapat ditangani dengan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki.

6. Meringankan stres atau depresi

Ketika anda melangkahkan kaki untuk berjalan selama beberapa menit, maka otak melepaskan hormon endorfin. Hormon ini memiliki efek untuk memperbaiki suasana hati, sehingga anda merasa nyaman dan gembira. Baca juga tentang 16 Makanan dan Minuman Pereda Stres.

7. Mencegah Diabetes

Kadar gula darah sangat dipengaruhi oleh berat badan. Kegemukan dapat memicu gula darah meningkat. Berjalan di pagi hari secara teratur, dapat mengontrol kadar gula anda. Diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan melakukan berjalan kaki selama sekitar 1 jam. Fakta ini berdasarkan penelitian oleh “National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases”.

Demikian beberapa manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh. Untuk melakukannya, sebaiknya gunakan sepatu yang longgar di ujungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa sakit, serta mendapatkan keleluasaan gerak. Tanpa menggunakan sepatu pun tidak masalah, asalkan anda telah terbiasa melakukannya.

foto: amerikanki.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.