10 Tanda Nyata Paru-Paru Bermasalah

Gaya hidup menjadi kunci kesehatan seseorang. Jika anda memiliki kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan, tubuh anda akan merasakan dampaknya secara langsung maupun pada jangka panjang. Pernafasan dapat menjadi indikasi kondisi medis pada seseorang. Ketika nafas anda mulai tidak teratur ataupun sesak nafas, mungkin saja paru-paru anda sedang bermasalah.

10 Tanda Nyata Paru Paru Bermasalah
Kenapa kita harus mengetahui tanda-tanda paru-paru bermasalah?

Paru-paru merupakan alat pernafasan yang bertugas untuk mengatur distribusi ke seluruh tubuh, serta mengontrol pH darah. Seluruh fungsi organ dipengaruhi oleh kinerja paru-paru. Apa jadinya jika organ penting ini mengalami masalah?

Banyak orang menganggap sepele terhadap gejala yang timbul saat paru-paru bermasalah. Padahal gangguan pada sistem pernafasan dapat bersifat kronik dan harus mendapatkan penanganan yang tepat.


10 Tanda Nyata Paru-Paru Bermasalah


Jika salah satu gejala di bawah ini sedang anda alami, segera konsultasi dengan dokter karena bisa jadi anda mengalami gangguan paru-paru. Nah,  berikut ini tanda-tandanya:

1. Warna kuku dan bibir menjadi kebiru-biruan

Paru-paru yang tidak mendapatkan cukup oksigen menyebabkan distribusi oksigen ke jaringan tubuh kurang memadai. Kondisi ini ditandai dengan bibir dan ujung kuku berwarna biru.

Warna darah pun menjadi biru dan gelap. Bukan hanya itu, warna biru juga terlihat di sekitar mata dan gusi.

2. Batuk terus-menerus

Ketika musim penghujan tiba, banyak orang dengan imunitas rendah menderita batuk berdahak dan influenza. Tapi berbeda dengan seseorang yang menderita batuk tanpa henti. Kondisi ini dapat menjadi indikasi paru-paru bermasalah.

Batuk yang tidak segera sembuh dapat dipicu oleh peradangan pada saluran bronchial. Jika saluran ini mengalami penurunan elastisitas, dampaknya akan mengganggu saluran nafas.

Batuk bandel tanpa jeda mungkin juga menjadi gejala penyakit TBC atau COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease). Solusinya adalah menjalani pemeriksaan medis dengan rontgen paru-paru.

3. Tarikan nafas pendek


Gangguan nafas sering berkaitan dengan masalah paru-paru. Nafas pendek tidak hanya disebabkan oleh faktor usia, tapi mungkin sebagai gejala penyakit paru-paru yang disebut Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Kebanyakan penderita COPD biasanya cenderung untuk banyak istirahat dan mengurangi aktivitas harian. Padahal, penderita seharusnya lebih aktif bergerak sehingga membantu kinerja paru-paru. Dengan olahraga teratur akan membuat tubuh lebih sehat. Tapi penderita harus segera konsultasi dengan dokter, untuk penanganan medis yang tepat. Simak juga: 23 Penyebab Sesak Nafas Akut Dan Kronis

4. Gangguan tidur

Seseorang yang memiliki tubuh sehat dapat tidur dengan mudah dalam berbagai posisi. Waspadai kondisi paru-paru anda, jika tubuh anda mengharuskan syarat tertentu untuk membuatnya tertidur.

Ketika paru-paru mengalami masalah, tidur dengan posisi tertentu dapat menyulitkan pernafasan. Kadang timbul batuk dan pusing saat tidur terlelap.

5. Timbulnya keringat dingin di malam hari

Keringat yang bercucuran setelah olahraga berat tentu sangat wajar. Tapi jika tubuh anda basah oleh keringat padahal suhu ruangan tidak panas, maka anda perlu waspada. Keringat dingin di malam hari dapat menjadi indikasi adanya masalah pada paru-paru.

6. Pergelangan kaki membengkak

Salah satu tanda paru-paru bermasalah adalah pembengkakan pada pergelangan kaki. Ketika paru-paru kurang asupan oksigen, maka jantung pun tidak mampu memompa darah dengan kuat. Kondisi ini menyebabkan penumpukan cairan sehingga bagian kaki terlihat bengkak.

Jantung yang melemah akibat keadaan ini mengakibatkan kinerjanya memburuk, dengan kata lain terjadi gangguan jantung. Simak juga: cara mengatasi paru-paru basah.

Jantung sulit memompa darah ke ginjal dan liver akan mengganggu fungsi kedua organ ini, padahal keduanya bertugas untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Jadi, kondisi medis ini bukanlah edema.

7. Mudah lelah

Salah satu gejala paru-paru bermasalah adalah kelelahan pada tubuh hanya dengan aktivitas ringan saja.

8. Postur tubuh menjadi bungkuk

Jika penderita COPD disuruh untuk mengangkat kedua tangannya sembari mengambil nafas, maka nampaklah perbedaan postur tubuhnya dengan orang sehat.

Kondisi ini disebabkan oleh diafragma yang tertekan ke bawah dan paru-paru yang membengkak. Seseorang dengan paru-paru bermasalah lebih menyukai posisi duduk dengan menekuk lututnya.

9. Tubuh sangat kurus

Penderita penyakit paru-paru mengalami kesulitan dalam penyerapan gizi. Dampak yang nampak secara nyata adalah tubuhnya menjadi kurus, sehingga terlihat tonjolan tulang kaki dan tangan.

10. Kepala terasa pusing saat pagi hari

Paru-paru bermasalah dapat ditandai dengan pusing setelah bangun tidur di pagi hari. Penyebabnya adalah tubuh kekurangan oksigen saat tidur. Nafas pendek saat tidur menyebabkan karbondioksida menumpuk di dalam paru-paru sehingga memengaruhi pembuluh darah, yang pada akhirnya timbul sakit kepala.

Nah, itulah 10 tanda nyata paru-paru bermasalah. Kesehatan tubuh tidak ternilai harganya. Rawatlah organ penting dalam tubuh, karena aset mahal ini tidak dapat digantikan oleh harta anda. Pelajari juga: 8 Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Tanda Nyata Paru-Paru Bermasalah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.