8 Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat

Banyak orang, terutama pemuda merasa yakin bahwa mereka memiliki jantung yang sehat. Faktanya, penyakit jantung dapat menyerang usia muda tanpa disadari sebelumnya. Serangan jantung dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kurang berolahraga dan istirahat, atau pola makan yang salah.

Organ jantung memliki bagian-bagian yang bekerja secara mandiri, namun bekerjasama untuk mengatur sirkulasi darah. Jantung berdenyut lebih dari 100 ribu kali setiap hari, tanpa henti. Seluruh pembuluh di jantung harus mendapat asupan darah dengan kadar yang sesuai. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, dapat menyebabkan kematian jaringan tubuh. Jika pembuluh darah yang menuju jantung tersumbat, akan terjadi masalah serius. Sekarang anda telah memiliki alasan kuat untuk menjaganya sebaik mungkin.


jantung

8 Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat


Penyakit jantung dapat dikenali dengan memperhatikan gejala awal berupa keluhan di beberapa bagian tubuh. Gangguan jantung dapat dideteksi melalui pengamatan terhadap keluhan yang dirasakan. Hal ini dijelaskan oleh seorang kardiolog dari Medical Center di Newark, New Jersey. Jika anda mengalami dua gejala dari beberapa tanda-tanda yang disebutkan di bawah ini, segera hubungi dokter. Simak juga: Ramuan tradisional untuk Mengobati penyakit Jantung secara alami.

1. Mudah Panik

Salah satu pertanda jantung yang lemah adalah mudah panik, tidak tenang, dan stres ketika menghadapi situasi yang menegangkan.

2. Nyeri leher

Sebagian orang menganggap sepele rasa nyeri di leher, padahal kondisi ini bisa menjadi sebuah masalah serius. Jika anda mengalami nyeri otot secara berkepanjangan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Wanita memiliki risiko lebih kecil dalam masalah ini. Umumnya mereka lebih merasakan nyeri di bahu dan leher bagian bawah.

Rasa nyeri yang merambat pada bahu kiri dan lengan disebabkan oleh sinyal rasa sakit yang dikirimkan oleh syaraf akibat kerusakan pada jaringan jantung.

3. Nyeri pada rahang dan telinga

Kondisi ini mungkin menjadi indikasi gejala awal penyakit jantung koroner. Banyak pasien mengalami masalah ini, sebelum mereka terkena serangan jantung.

4. Masalah Pria


Disfungsi organ pria kemungkinan menjadi sebuah tanda adanya masalah pada pembuluh darah koroner. Pria yang mengeluh ke dokter mengenai masalah ini, akan mendapatkan penanganan terhadap masalah kardiovaskuler juga. Pembuluh darah yang menyempit dapat terjadi pada organ penting yang dimiliki pria.

5. Tekanan darah tidak normal

Silahkan mengukur tekanan darah anda. Dalam kondisi normal adalah sekitar 120/80 mmHg.

6. Pusing dan sesak napas

Sebuah penelitian oleh Journal of the American Heart Association menyebutkan bahwa 40% dari wanita yang menderita serangan jantung, cenderung mengalami sesak nafas sebelum terkena serangan jantung. Beberapa tanda jantung tidak sehat seperti lemas, pusing seolah-olah berada di tempat tinggi, serta terengah-engah saat menaiki tangga.

Gejala ini disebabkan oleh kekurangan asupan oksigen yang dibawa oleh darah menuju jantung. Kesulitan ketika menarik nafas panjang dapat menyebabkan rasa nyeri pada otot-otot jantung. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh plak yang menyumbat di pembuluh darah jantung. Nyeri otot jantung atau disebut angina, ditandai dengan sulit bernafas secara mendadak.

7. Rasa terbakar di dada ataupun perut

Wanita perlu waspada jika mengalami rasa panas di dada, nyeri dan sensasi kekenyangan. Rasa mual dan gangguan pencernaan yang parah atau disebut infark miokard, kemungkinan menjadi gejala awal serangan jantung.

Rasa nyeri ini timbul sebagai akibat dari lemak yang menimbun di pembuluh darah sehingga menghambat suplai darah ke jantung. Segera temui dokter, jika anda mengalami masalah ini.



8. Denyut jantung tidak normal

Anda bisa menghitung jumlah denyut jantung dengan menekan nadi di tangan. Jika jumlahnya berada antara 70-80 denyut, artinya anda memiliki jantung yang normal. Baca: Bahaya Detak Jantung Terlalu Cepat dan Solusinya!

Jantung yang sehat umumnya ditandai dengan kondisi tubuh yang selalu energik dan tidak mudah lelah. Jagalah organ tubuh yang sangat penting ini.

ilustrasi foto: northernconnectionmag.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.