15 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Ada sebuah fakta kesehatan yang mengejutkan tentang manfaat kolang kaling. Makanan sehat ini bukan hanya lembut di lidah saat disantap bersama es buah, ronde, sekoteng, atau manisan saja. Kolang-kaling ternyata bermanfaat bagi seseorang yang mengalami syafat terjepit, atau disebut juga Hernia Nucleus Pulposus

15 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan
HNP merupakan kondisi medis dimana bantalan lunak (Nucleus Pulposus) yang terletak di antara ruas-ruas tulang belakang menderita tekanan, sehingga urat-urat saraf pada tulang belakang menyempit karena terjepit.

Kolang-kaling terbukti secara empiris, mampu mengatasi nyeri sendi. Seseorang yang makan 8-10 buah kolang kaling setiap hari, menyatakan bahwa dia mampu duduk berlama-lama tanpa nyeri dan sakit. Bahkan, hal ini terjadi pada penderita nyeri tulang punggung. Simak: 15 Ramuan Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat

Apa saja kandungan kolang kaling?

Kolang kaling mengandung albumin, sejenis protein yang terdapat juga dalam telur. Buah ini juga dilengkapi dengan gelatin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan kolagen.

Nutrisi lainnya yang dikandung di dalamnya termasuk kalsium, zat besi, kalium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B, C, dan serat kasar.


15 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan


Dengan mengkonsumsi makanan ini setiap hari, maka banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang dapat anda dapatkan. Di bawah ini adalah manfaat kolang kaling sebagai makanan sehat:

1. Meningkatkan energi tubuh

Karbohidrat dalam kolang kaling merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Jika anda ingin menjalani diet sehat, tambahkan makanan ini ke dalam menu harian anda.

2. Mencegah sembelit


Sekitar sepertiga bagian kolang kaling merupakan serat kasar, yang baik untuk melancarkan pencernaan. Makanan ini cocok dikonsumsi oleh penderita sembelit.

3. Mengobati gatal

Getah kolang kaling dapat digunakan sebagai obat gatal, yang tidak memiliki efek samping.

4. Mengobati radang sendi

Seperti disebutkan di atas, dengan mengkonsumsi sekitar 200 gram kolang kaling secara rutin dapat meredakan nyeri sendi. Manfaat ini berasal dari karbohidrat galaktomannan yag bersifat analgesik alami.

Makanan ini sangat direkomendasikan bagi penderita nyeri lutut, serta bagi anda yang mudah lelah saat berjalan kaki atau menaiki tangga.

5. Mencukupi kebutuhan vitamin harian anda

Kolang-kaling merupakan salah satu makanan alami yang menyediakan vitamin A, B, dan C. Semua vitamin ini punya peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan rutin makan kolang-kaling, tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

6. Baik untuk kesehatan tulang

Kolang kaling merupakan salah satu sumber kalsium dari golongan nabati. Jika susu mengandung kalori tinggi, tidak dengan kolang kaling. Seperti anda tahu, kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang sehat dan kuat.


Manfaat Kolang Kaling Untuk Kecantikan


7. Meremajakan kulit

Gelatin yang terdapat dalam kolang-kaling akan dicerna dan diubah oleh tubuh menjadi kolagen. Kolagen berperan dalam regenerasi kulit, rambut, kuku, tulang, dan otot. Vitamin B di dalamnya juga ikut andil dalam menyehatkan kulit anda.

8. Cocok untuk pelaku diet

Bagi anda yang menjalani program diet, kolang kaling merupakan penunjang suksesnya diet anda. Buah ini tidak hanya kaya akan air, tapi juga mengandung gelatin yang berlimpah. Sehingga mampu mengurangi nafsu makan yang belebihan.


Manfaat kolang kaling lainnya


  • Membantu dalam mengatasi penyakit asam urat.
  • Melancarkan metabolisme tubuh disebabkan serat berlimpah di dalamnya.
  • Mencegah osteoporosis.
  • Menyehatkan mata disebabkan oleh adanya vitamin A di dalamnya.
  • Menyehatkan gigi anda, disebabkan kalsium di dalamnya.
  • Mencegah sariawan mulut dan influenza, karena buah ini kaya akan vitamin C.
  • Membantu untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Nah, itulah 15 manfaat kolang kaling bagi kesehatan dan kecantikan. Harga kolang-kaling tidaklah mahal. Anda dapat mengolah buah ini sebagai kolak untuk menu berbuka puasa, atau mengolahnya sesuai selera anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

15 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.