14 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Obat alami - Temu ireng merupakan rempah yang terkenal di dunia kesehatan. Di balik rasanya yang pahit, rempah ini sering digunakan sebagai jamu tradisional yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan sejumlah penyakit. Mulai dari penyakit cacingan, malaria, dan gonorrhea dapat diobati menggunakan rimpangnya.

14 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Sebelum mengupas tentang khasiat temu ireng, ada baiknya kita mengenalnya lebih dekat. Nama ilmiah dari temu ireng adalah Curcuma aeruginosa, masih tergolong keluarga zingiberaceae. Temu ireng sering juga disebut dengan temu hitam, temu erang, temu lotong, dan termu ireng.

Ciri-ciri tanaman temu hitam yang paling berbeda dari lainnya adalah daunnya yang berwarna lembayung, juga bunganya yang berwarna merah magenta. Rempah ini kaya akan minyak atsiri seperti kurzerenon, monoterpen, dan ses kuiterpen. Selain itu, temu hitam mengandung nutrisi penting seperti kurkumin, saponin, dammar, zat pati, kordione, renmin, tannin, mineral, germakrene, dan lemak.

Efek farmakologis dalam temu hitam seperti stomakik, antikoagulan, karminatif, peluruh dahak (ekspektoran), anthelmintik, antibacterial, anti-radang, pelindung hati, antineoplatik (melawan kanker), dan antibiotik.


14 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Mungkin anda merasa penasaran dan bertanya dalam hati, apa saja manfaat temu ireng sehingga terkenal sebagai bahan dalam pembuatan jamu tradisional? Nah, inilah manfaat temu ireng yang menakjubkan:

1. Menambah nafsu makan

Ketika anak anda mengalami penurunan nafsu makan, jangan cemas. Ambil temu ireng, parut dan peras untuk mengambil airnya. Rebus airnya sampai mendidih beberapa saat, biarkan dingin. Berikan minuman ini pada anak anda, untuk meningkatkan nafsu makan.

2. Mengobati malaria

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk anopheles ini dapat diobati menggunakan cara tradisional. Ambil 20 gram temu ireng, 60 gram daun pepaya, dan 2 jari brotowali. Cara membuatnya sama dengan obat penurun kolesterol, dengan menambahkan 1 sdm madu murni. Minum 1 gelas airnya, 2 kali sehari. Lebih lengkap: 3 Cara mengobati malaria secara tradisional

3. Mengobati kudis dan kurap

Penyakit kulit seperti kurap, kudis, borok, dapat diobati menggunakan temu hitam. Ambil rimpangnya seukuran jempol tangan kemudian tumbuk sampai lumat. Campur dengan minyak kelapa, balurkan pada bagian kulit yang bermasalah. Masih berkaitan: 8 cara mengobati kudis dengan cepat

4. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Cara mengobati penyakit kolesterol tinggi, dapat menggunakan bahan alami. Rebus 25 gram temu hitam dan 15 gram daun dewa bersama 500 ml air, sampai airnya berkurang 250 ml. Minum dengan rutin, di pagi dan petang hari.

5. Meredakan nyeri haid


Rasa sakit dan nyeri saat menstruasi dapat dikurangi dengan temu ireng. Caranya, ambil temu hitam, kencur, dan kunyit. Takaran masing-masing bahan adalah 20 gram. Sediakan juga 2 ruas asam jawa. Rebus semua bahan bersama 600 ml air, sampai tertinggal 200 ml saja. Minum airnya yang masih hangat.

6. Supaya bayi tidak tertular penyakit oleh ibunya

Air rebusan kecipir dan temu ireng efektif untuk mencegah penularan penyakit saat ibu menyusui bayinya.

7. Mengobati batuk dan sesak nafas

Banyak faktor yang mungkin menyebabkan batuk. Apalagi di musim hujan dengan cuaca tak menentu. Untuk mengatasi batuk secara alami, cobalah obat tradisional menggunakan bahan alami. Pelajari juga: 23 penyebab sesak nafas akut dan kronis

Sediakan temu ireng dan kencur, masing-masing sebanyak 25 gram. Ambil juga jinten, adas, dan pulosari. Masing-masing dengan takaran 5 gram. Rebus lima bahan ini bersama air secukupnya, sampai mendidih dan tersisa air setengah dari awalnya. Minum dengan segera, saat airnya masih hangat.

8. Mengobati Gonorrhoea

Untuk mengatasi penyakit berbahaya ini, siapkan 10 gram temu hitam, 5 gram umbi gadung, dan 30 gram daun pegagan. Haluskan semua bahan dengan ditumbuk, seduh dengan 750 ml air panas. Minum segelas airnya, 3 kali sehari.

9. Menetralisir racun dalam tubuh (detoksifikasi)

Untuk menghilangkan racun-racun berbahaya dalam tubuh kita, ada cara alami yang mudah dilakukan. Rebus 30 gram temu ireng dan daun takokak bersama 500 ml air, sampai tersisa 150 ml. Minum saat airnya hangat.

10. Mengobati perut mulas dan masuk angin

Air rebusan temu hitam dapat diminum saat masih hangat, untuk mengatasi mulas dan masuk angin.

11. Mengobati cacingan

Infeksi cacing ascaridia galli dapat diobati dengan menggunakan obat alami yang terbuat dari temu hitam. Caranya sangat mudah kok. Siapkan 25 gram temu ireng, 5 helai sirih, 15 gram bangle, 4 gram biji pinang, dan 5 biji ketumbar. Cara membuat ramuannya sama dengan obat batuk. Selengkapnya: 12 cara mengobati cacingan pada anak dan orang dewasa

12. Mengobati wasir

Wasir dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, termasuk kekurangan asupan serat. Nah, temu ireng dapat menjadi obat wasir. Caranya, parut dan peras rimpang temu ireng. Campur airnya dengan kuning telur, minum di pagi hari.

13. Penambah darah

Kurang darah atau sering disebut anemia dapat diobati dengan temu hitam. Ambil rimpangnya dan juga pucuk daun pepaya. Tumbuk keduanya sampai lembut, peras dan saring. Minum airnya dengan rutin setiap pagi.


Manfaat temu hitam untuk kecantikan kulit


14. Melembutkan kulit

Untuk membuat kulit lebih lembut dan bersinar, siapkan temu ireng yang warnanya gelap. Kupas kulit luarnya, tumbuk sampai lembut. Campur pasta ini dengan minyak kelapa, terapkan pada kulit anda. Perawatan kulit ini juga berguna untuk mengatasi masalah jerawat, kulit bersisik, dan masalah kulit lainnya.

Efek samping temu hitam

Konsumsi temu hitam secara terus-menerus dalam jangka panjang dapat merusak sel hati. Zat tertentu dalam rimpang rempah ini dapat mengakibatkan penyempitan lumen pembuluh darah yang merugikan kesehatan. Hindari penggunaan selama sebulan berturut-turut, karena dapat membuat nekrosis sel makin parah.

Jadi, ikuti aturan penggunaan rempah ini seperti yang dijelaskan di atas. Atau konsultasi dengan herbalis di kota anda, untuk aturan yang tepat.

Nah, itulah 14 manfaat temu ireng untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mungkin anda belum tahu: 20 manfaat kapulaga bagi kesehatan. Anda dapat menanamnya di kebun atau sekitar rumah anda. Dengan begitu, dapat menambah koleksi tanaman obat yang anda miliki.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.