18 Manfaat Temu Giring Bagi Kesehatan Serta Kecantikan

Obat alami - Temu giring tidak kalah populer sebagai rempah yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, selain keluarga Zingiberaceae lainnya seperti temulawak, lengkuas, temu ireng, dan jahe. Mungkin anda merasa penasaran, apa sih manfaat temu giring bagi kesehatan dan kecantikan? Untuk menjawab pertanyaan anda, simak artikel lengkap kali ini.

18 Manfaat Temu Giring Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan
Nama ilmiah dari temu giring adalah Curcuma heyneana, masih tergolong keluarga temu-temuan. Tidak berbeda dari anggota empon-emponan lainnya, rimpang tanaman ini memiliki rasa pahit.

Ciri-ciri tanaman temu giring yang paling khas adalah mahkota bunganya (Petal) berwarna merah muda, sangat indah. Rimpang tanaman sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan jamu tradisional.

Kandungan kimia dari temu giring

Apa saja nutrisi yang terdapat di dalam rimpang tumbuhan ini? Temu giring mengandung sejumlah senyawa kimia seperti tannin, minyak atsiri, flavonoida, piperazin sitrat, damar, kurkumin, protein, dan lemak.


18 Manfaat Temu Giring Bagi Kesehatan Serta Kecantikan


Tidak mengherankan jika rimpang curcuma heyneana memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Tentu saja hal ini disebabkan oleh nutrisi gizi dan non gizi yang ada di dalamnya. Nah, inilah khasiat temu giring untuk pengobatan:

1. Mengobati cacingan

Temugiring mengandung piperazin sitrat, yang sangat efektif untuk melawan cacing gelang (Ascaris). Caranya, cuci rimpangnya hingga bersih. Tumbuk dan peras rimpang ini, kemudian rebus airnya selama beberapa saat. Minum dengan rutin sampai sembuh. Selengkapnya: 12 cara mengobati cacingan pada anak dan orang dewasa

2. Menormalkan jantung yang berdebar-debar

Untuk mengobati jantung berdebar, siapkan 5 gram temu giring, 5 gram pulosari, 3 siung bawang merah, 1 sdt adas, 5 butir angco tanpa bijinya, dan daun sangketan secukupnya. Rebus bersama 5 gelas sampai airnya menyusut dan tertinggal 3 gelas saja. Minum segelas airnya di pagi, sore, dan malam hari.

3. Mengobati kudis dan kulit gatal

Temu giring dapat digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan penyakit kudis. Caranya, parut rimpang temugiring kemudian campur dengan santan kelapa dan tawas secukupnya. Aduk semua bahan samapi merata, terapkan pada kulit yang bermasalah. Lakukan pengobatan setiap hari hingga gejala hilang.

4. Mengobati luka terkelupas


Untuk mempercepat pemulihan jaringan kulit yang mengelupas, cukup dengan membalurkan parutan temu giring pada luka.

5. Sebagai obat sakit perut

Sari temu giring juga sering digunakan sejak lama, untuk mengobati sakit perut. Cukup dengan minum air yang didapatkan dengan memeras rimpangnya setelah diparut. Tambahkan madu murni, untuk hasil lebih baik.

6. Mengobati disentri

Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk mengobati disentri secara tradisional. Untuk membuatnya, siapkan 3 biji adas, 1 siung bawang merah, 1 jari pulosari, dan 1 rimpang temu giring. Tumbuk semua bahan tersebut sampai lumat, masukkan ke dalam segelas air panas. Peras dan saring airnya, minum saat airnya masih hangat. Berkumur dengan teh hangat, setelahnya.

7. Sebagai obat cacar air

Salah satu cara untuk mengobati cacar air secara tradisional, dapat menggunakan bahan alami. Sediakan 10 gram rimpang temu giring, 5 gram pulosari, 20 gram asam trengguli, 1 gram adas, 5 gram bawang merah, dan 15 gram gula aren. Rebus lima bahan ini bersama 600 ml air, sampai tersisa 250 ml. Minum airnya di pagi dan malam hari, masing-masing sebanyak ¼ gelas.

Manfaat Temu Giring yang lain

Rizhoma tanaman ini memiliki manfaat kesehatan seperti di bawah ini:

8. Mencegah dan melawan kanker.
9. Menurunkan panas dan demam.
10. Sebagai peluruh keringat.
11. Melonggarkan saluran pernafasan.
12. Melancarkan pencernaan termasuk untuk mencegah sembelit.
13. Memulihkan nafsu makan yang berkurang.
14. Mengobati keracunan makanan.
15. Meredakan perut kembung, maag, dan masuk angin.


Manfaat Temu Giring Untuk Kecantikan


16. Mengharumkan bau badan

Untuk mengatasi bau badan tak sedap, seduh sepotong temu giring bersama segelas air panas. Tunggu beberapa menit sampai airnya menjadi hangat, minum ramuan tradisional ini setiap malam hari. Ulangi cara ini sampai bau badan menjadi harum. Hasil biasanya terlihat dalam seminggu.

17. Melembutkan kulit

Untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan bersinar, siapkan 60 gram temu giring, 160 gram beras, 35 gram kulit keruk mandarin, dan 40 gram daun kemuning. Rendam beras dalam air hingga lunak, tumbuk semua bahan hingga lembut. Campur pasta yang terbentuk, dengan sedikit air hangat. Balurkan pada kulit anda secara merata, sambil gosok-gosokkan seperti scrub. Lakukan perawatan ini sampai daki dan kotoran yang melekat pada kulit menjadi luruh. Ulangi perawatan setiap hari, sebelum mandi.

18. Melangsingkan badan

Anda dapat membuat ramuan pelangsing menggunakan bahan alami, tanpa efek samping. Nyatanya, temu giring mampu membakar lemak dalam perut. Cara membuat racikannya cukup mudah. Ambil sepotong temu giring, segenggam daun pacar kuku dan kemuning. Rebus semua bahan bersama 250 ml air, sampai tersisa 125 ml air saja. Minum airnya setiap menjelang tidur malam. Menarik: 9 ramuan alami penurun berat badan

Nah, itulah 18 obat alami yang dapat dibuat menggunakan temu giring. Rempah ini mudah ditemukan di sekitar kita. Jadi, jangan sia-siakan keberadaan tanaman ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

18 Manfaat Temu Giring Bagi Kesehatan Serta Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.