6 Cara Mengobati Tipes Secara Alami dan Tradisional

Obat alami. Cara mengobati tipes secara alami, menjadi pilihan bagi banyak orang. Alasannya lebih aman dan penyakit tidak akan kambuh lagi. Penyakit tipes umumnya menyerang anak-anak berusia di bawah lima tahun. Tetapi sebagian kasus juga terjadi pada orang dewasa. Cara medis memang lebih praktis dan cepat untuk menurunkan demam tipes. Namun, reaksi dari obat penurun demam hanya bersifat sementara, keesokan harinya demam tinggi dapat menyerang lagi.

6 Cara Mengobati Tipes Secara Alami dan Tradisional
Tifus atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi pada saluran nafas. Tipes termasuk penyakit akut yang berbahaya dan dapat berakhir dengan kematian. Bakteri tersebut kemudian berkembang biak pada saluran cerna. Ketika pembuluh darah telah terinfeksi oleh bakteri ini, maka kondisi penderita akan semakin parah.

Penyebab Tipes

Salmonella typhi dapat bersarang di tempat yang kotor, makanan yang tercemar, alat masak, piring kotor, dll. Bakteri ini juga dapat berkembang pada makanan basi, kotoran, dan daging mentah.  Bakteri penyebab tipes dapat bersarang di usus halus dan melukainya, sehingga mengakibatkan pendarahan.

Penyakit tipes dapat ditularkan melalui kotoran yang mengandung banyak kuman, hewan ternak, daging unggas, telur, atau urin penderita.

Gejala penyakit Tipes

Demam tifus memiliki gejala yang sama pada orang dewasa dan anak-anak. Terkadang gejala pada orang dewasa lebih lambat, sekitar 7-20 hari setelah penyakit menyerang. Gejala penyakit dapat bervariasi pada setiap penderita. Berikut ini gejala umum pada penderita tifus:

Minggu ke-1

Pada tahap ini, biasanya gejala belum terlihat nyata. Pasien tipes umumnya mengalami demam dengan suhu badan mencapai 39-40 derajat Celcius. Keluhan lainnya seperti sakit kepala, lesu, tidak berenergi, dan nafsu makan menurun. Sebagian penderita mengalami diare, perut merasa nyeri dan tidak nyaman. Terkadang muncul bercak merah di bagian tubuh, sehingga mirip dengan gejala demam berdarah.

Minggu ke-2

Kondisi penderita makin parah pada tahap ini. Gejalanya seperti demam yang sangat tinggi dan sulit untuk berkurang. Selanjutnya, diare nyaris berhenti dan timbul masalah sembelit. Nafsu makan yang berkurang menyebabkan pasien sering mengalami penurunan berat badan dengan drastis. Tanda-tanda yang lain adalah perut tampak makin buncit.

Minggu ke-3

Gejala penyakit makin parah pada minggu ketiga, sehingga penderita umumnya menyadari kondisinya. Sistem organ yang terganggu sering menyebabkan pasien mengigau saat tidur.

Minggu ke-4

Jika selama 3 minggu penderita tidak mendapatkan tindakan medis, maka gejala tipes akan hilang secara berangsur. Suhu tubuh penderita akan menjadi normal. Tetapi, kondisi ini justru sangat berbahaya. Suhu tubuh akan naik lebih tinggi pada tahap ini. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


6 Cara Mengobati Tipes Secara Alami dan Tradisional


Cara alami untuk menyembuhkan penyakit tipes, dapat menggunakan bahan yang tersedia di sekitar kita. Berikut ini adalah sejumlah bahan alami yang dapat dipilih untuk mengobati tipes:

1. Kunyit

Salah satu cara alami untuk menyembuhkan tifus adalah menggunakan kunyit. Caranya, cuci kunyit berukuran 2 ruas jari kemudian diiris-iris. Rebus kunyit bersama 4 gelas air, tambahkan 11 lembar daun sambiloto dan 19 lembar daun pegagan ke dalamnya. Biarkan mendidih hingga airnya menyusut segelas. Minum 3 kali dalam sehari, masing-masing segelas.


2. Temulawak

Rempah ini juga dapat berguna sebagai obat alternatif bagi demam tifus. Cara membuatnya, iris-iris dua potong temulawak. Rebus bersama 2 gelas air hingga berkurang segelas. Minum sari temulawak ini dengan rutin hingga penyakit tipes sembuh.

3. Daun keji beling

Untuk mengobati tifus secara tradisional, gunakan keji beling. Cara membuatnya tidak sulit, rebus 15 lembar daun keji beling bersama 2,5 liter air. Tunggu selama 20 menit, kemudian dinginkan airnya. Minum ramuan tradisional ini, 2 kali dalam sehari hingga penyakit sembuh.

4. Buah sawo

Cara mengobati tipes dengan sawo tidaklah sulit. Cuci 5 buah sawo yang masih muda dengan menggunakan air yang mengalir. Parut dan peras buahnya untuk mengambil sari buah. Minum airnya setiap hari, selama 2 hari bagi anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa dapat minum airnya selama 4 hari.

5. Buah pepaya

Selain manfaatnya untuk mencegah sembelit, ternyata buah pepaya juga dapat dijadikan sebagai obat penyakit tipes. Caranya, parut buah pepaya muda atau setengah matang, kemudian saring untuk mengambil airnya. Minum sari pepaya ini dengan rutin, hingga penyakit tifus sembuh.

6. Mentimun segar

Mentimun juga dapat digunakan untuk mengobati tipes secara alami. Caranya, parut dan peras dua buah mentimun. Minum airnya, 3 kali dalam sehari untuk menurunkan demam.

Nah, itulah 6 cara mengobati tipes secara alami dan tradisional. Semua bahan alami yang telah disebutkan tentu mudah untuk ditemukan. Jaga selalu kebersihan lingkungan, pastikan makanan yang dikonsumsi selalu bersih dan tidak tercemar. Jika penyakit tidak segera sembuh, segera hubungi dokter. Simak juga: 16 Gejala infeksi HIV Aids yang perlu diwaspadai. Semoga kita tetap sehat dan bugar selalu.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

6 Cara Mengobati Tipes Secara Alami dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.