Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Terlengkap

Obat alami – Buah duku (L. domesticum var. duku) tergolong ke dalam suku Meliaceae. Selain sebagai pencuci mulut, buah dengan bentuk bulat ini sering dikonsumsi sebagai selai ataupun bahan puding. Duku memiliki beberapa varian seperti langsat, kokosan, dan banyak lagi. Jika dibandingkan, maka buah langsat lebih awet sejak dipetik dari pohonnya. Meskipun warna kulit buah berubah menjadi hitam, buah langsat tidak berubah rasanya.

duku
foto: bestofmalaysia.50webs.com

Ciri-ciri buah duku tentu sudah tidak asing bagi semua orang. Namun, bagi sebagian orang masih belum dapat membedakan antara duku dengan langsat. Kulit buah langsat lebih tipis dan mengandung getah putih, meskipun  telah matang. Rasanya agak masam dan manis. Sedangkan buah duku lebih manis dan bijinya besar. Untuk lebih mudah membedakan, cukup sobek kulit luarnya maka buah duku tidak memiliki getah seperti langsat.


Manfaat buah duku untuk kesehatan terlengkap


Biji dan kulit buah duku dapat digunakan untuk mengobati diare, disebabkan lanzones  yang terdapat di dalamnya. Pasta yang terbuat dari benihnya membantu mengobati parasit usus dan demam akibat flu. Berikut manfaat buah duku untuk kesehatan yang lengkap:

1. Menyehatkan Gigi dan gusi


Zat fosfor yang terkandung di dalam buah duku bermanfaat untuk menyehatkan dan menguatkan gigi. Hal ini bisa menjadi alternatif ketika sulit memperoleh buah strawberrry untuk menguatkan gigi. Vitamin C juga baik untuk kesehatan gusi Anda.

2. Meningkatkan Imunitas tubuh dan memulihkan stamina tubuh

Vitamin C dibutuhkan oleh semua individu, salah satunya untuk meningkatkan stamina tubuh. Vitamin ini juga berperan dalam peningkatan kekebalan tubuh dan membantu proses pemulihan stamina tubuh, setelah latihan berat.

3. Mencegah kerusakan sel-sel tubuh

Buah duku kaya akan vitamin C yang memiliki manfaat antioksidan, dimana kerusakan sel-sel tubuh oleh radikal bebas dapat dicegah. Kerusakan ini dapat timbul ketika makanan diproses menjadi energi di dalam tubuh. Polutan dan zat beracun lainnya juga dapat menimbulkan radikal bebas.

4. Mengobati Anemia

Zat besi yang dikandung oleh buah duku, dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Mineral ini akan melancarkan suplai darah dan oksigen, sehingga membuat tubuh terhindar dari gejala anemia seperti lesu, lemah dan letih. Lebih lanjut: Cara Alami Mengobati Anemia!

5. Melancarkan sistem pencernaan

Buah duku kaya akan serat sehingga baik untuk melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah kanker kolon. Jika dibandingkan dengan lemon dan apel, buah duku mengandung lebih tinggi zat besi, mineral, dan kalori.

6. Mengontrol kadar kolesterol darah

Pengubahan kolesterol menjadi asam empedu, diperlukan untuk mencegah kenaikan tingkat kolesterol darah dan terbentuknya batu empedu. Perbanyak makan buah duku, untuk menurunkan kadar kolesterol darah.


Manfaat Kecantikan yang diperoleh dengan Konsumsi Buah Duku


7. Menghambat Tanda-tanda Penuaan

Radikal bebas menyebabkan dampak buruk terhadap tubuh, salah satunya penuaan dini. Vitamin C yang dikandung buah duku efektif dalam melawan radikal bebas. Vitamin C berfungsi untuk melindungi nutrisi penting lainnya, seperti protein, lipid, karbohidrat, asam nukleat dari kemungkinan rusak akibat radikal bebas dan racun lainnya.

8. Menurunkan berat badan berlebih

Carnitine adalah sejenis protein yang berperan dalam mondorong molekul lemak ke jaringan tubuh dimana lemak dibakar. Pembakaran molekul lemak ini akan menghasilkan energi bagi tubuh. Kekurangan carnitine akan menyebabkan penimbunan lemak tubuh. Konsumsi duku dan apel secara bersamaan, baik untuk kesuksesan program diet. Lebih jauh: 9 Ramuan Alami Penurun Berat Badan.

9. Menjaga kecantikan kulit

Vitamin E yang terdapat di dalam buah duku bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, mencegah flek hitam akibat paparan ultraviolet, serta membantu penyembuhan luka. Kulit tubuh menjadi lebih lembut dan halus, dengan sering makan buah duku.


Ramuan herbal menggunakan buah duku


1. Mengobati jerawat dan menghaluskan kulit

Untuk mendapatkan kedua manfaat ini, cukup dengan menggosokkan kulit buah duku pada kulit wajah Anda.

2. Mengobati demam dan diare

Untuk menurunkan demam tinggi, tumbuk biji duku hingga halus. Tuangkan sedikit air, minum setiap hari.

3. Mengobati penyakit Cacingan

Cara membuatnya seperti ramuan untuk diare. Minum ramuan yang telah disiapkan, sebanyak ¼ gelas setiap hari.

4. Sebagai Anti nyamuk alami

Dengan membakar kulit buah duku akan membuat nyamuk menjauh karena baunya. Jemur kulit buahnya sebelum digunakan sebagai anti nyamuk.

5. Menetralisir racun akibat gigitan serangga

Oleskan tepung dari kulit pohon duku pada bagian tubuh yang disengat oleh kalajengking atau ular berbisa.

Tanaman benalu yang menempel pada pohon duku diyakini dapat mematikan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Fakta nutrisi Buah Duku

Setiap 100gr buah duku memiliki kalori 7 kkal, 0,2gr lemak, 1gr protein, 0,7gr mineral, 13gr karbohidrat, 9mg fosfor, 18mg kalsium, dan 0,9gr zat besi. Bukan hanya itu, buah duku juga dilengkapi dengan vitamin C dan vitamin E.

Itulah manfaat buah duku yang lengkap dan ramuan herbal dengannya. Simak juga tentang 18 Manfaat Apel Bagi Kecantikan Wajah. Selain rasanya yang manis, berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan tersimpan di dalamnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Terlengkap
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.