18 Manfaat Apel Bagi Kecantikan Wajah dan Kesehatan

Bicara tentang Manfaat Apel tidak lepas dari kesehatan kulit dan wajah, di samping berbagai manfaat lainnya yang tak kalah penting bagi kesehatan tubuh. Budidaya Apel terbilang mudah, ini menyebabkan buah masam manis ini tersedia di mana-mana. Apel mengandung banyak nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C dan vitamin B. Apel sangat cocok digunakan sebagai produk alami bagi kecantikan kulit. Apel sangat efektif untuk pencegahan terhadap penyakit-penyakit berat. Buah ini sangat bermanfaat sebagai obat alami, maupun penyumbang nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Baiklah, anda mungkin penasaran terhadap manfaat apel bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat apel bagi kesehatan dan kecantikan yang sangat menakjubkan. Khusus bagi anda yang bermasalah dengan wajah berminyak, silahkan baca: Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak.


Sumber gambar: loafonline.co.uk

Anda mungkin tidak menduga sebelumnya bahwa Apel ternyata efektif untuk mengatasi penyakit-penyakit di bawah ini:

Manfaat Apel Bagi Kecantikan Wajah dan Kesehatan


1. Apel dapat mencegah serangan Jantung dan Stroke

Kulit apel mengandung senyawa fenolik. Oleh karena itu makanlah apel beserta kulitnya, yang telah dicuci menggunakan air mengalir.

Penyakit yang menyerang arteri seperti stroke dan penyakit jantung, sangat terkait dengan kolesterol jahat. Peran apel di sini adalah menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut. Jadi, beralihlah dari obat penurun kolesterol dengan menggantinya dengan makan Apel.

2. Mencegah Diabetes

Apel dapat mencegah diabetes disebabkan oleh serat larut yang dikandung olehnya. Untuk itu, rajinlah mengkonsumsi apel segar agar tubuh punya kontrol yang baik terhadap kadar gula dalam darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Selera makan yang tidak terkontrol, juga faktor genetik dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Berat badan berlebih dapat memicu penyakit jantung, stroke, hipertensi dan diabetes. Perbanyak makan apel untuk menurunkan berat badan anda. [Baca: Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Tanpa Resiko ]

4. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Apel kaya antioksidan, salah satunya quercetin yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama saat cuaca kurang bagus, perbanyak makan apel agar tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.

5. Mencegah Sembelit dan Diare

Serat pada Apel berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Gangguan pada pencernaan seperti diare dan sembelit kini dapat anda atasi dengan mengkonsumsi buah ini.

6. Mencegah kanker

Sebuah penelitian di Hawaii menemukan bahwa dengan mengkonsumsi apel secara rutin dapat menurunkan kemungkinan terserang kanker paru-paru. Ini disebabkan antioksidan pada apel yang mematikan hormon pemicu kanker paru-paru. Flavonoid pada apel menangkal serangan kanker.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Gangguan kesehatan pada mata seperti katarak dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi apel.

8. Meningkatkan kecerdasan otak

Bukan hanya orang tua, anak muda sekarang banyak yang sudah terjangkit kepikunan. Bagi anda yang merasa mengalami pikun dini, cobalah banyak mengkonsumsi apel. Hal ini bisa meningkatkan produksi acetylcholine, hormon yang membantu otak untuk membentuk struktur baru. Hormon ini menjadi penghubung antar sel otak. Jadi, otak akan mudah mengingat. Untuk manula, hal ini bisa mencegah penurunan kemampuan mental.

9. Melindungi Tulang

Ada 2 zat penting yang dikandung oleh apel, sangat bagus untuk kekuatan tulang. Phloridzin yaitu flavonoid pada apel yang dapat mencegah osteoporosis yang biasanya menyerang wanita pasca-menopause. Yang kedua adalah boron, zat pada apel yang dapat memperkuat tulang.

10. Asma

Sering mengkonsumsi apel dapat menurunkan risiko terjangkit asma. Demikian juga wanita hamil yang sering minum jus apel, berpotensi rendah terkena asma daripada mereka yang jarang melakukannya. Tidak suka apel? Belajarlah mencintainya mulai sekarang.

11. Mencegah Al-zheimer

Quercetin pada apel berfungsi sebagai perlindungan bagi otak terhadap radikal bebas yang bisa memicu Al-zheimer.

12. Mencegah Kanker P@yudara dan Paru-paru


Banyak makan apel dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara dan paru-paru. Flavonoid dan quercetin pada apel berperan untuk mencegah kanker payudara dan paru-paru.

13. Mencegah kanker Usus dan Hati

Pectin adalah kandungan pada apel yang efektif memerangi kanker usus. Demikian pula antioksidan pada apel dapat menurunkan risiko terserang kanker hati.

14. Mengontrol diabetes

Insulin sering dikatakan sebagai hormon pemicu diabetes. Apel mengandung pectin yang berfungsi mensuplai galacturonic acid, yang menahan tubuh melepaskan insulin. Dengan menekan produksi insulin, diabetes dicegah. Ini juga mengontrol kadar gula seseorang yang punya bakat diabetes bawaan (faktor genetik).


Manfaat Apel Untuk Kecantikan Kulit


Selain mencegah dan mengobati penyakit-penyakit berat, apel juga efektif untuk kecantikan kulit. Bagi anda yang mengalami keriput di wajah, kulit berminyak, jerawat, dan kulit kering, buah ini efektif untuk digunakan.



Sumber foto: whatsupusana.com
15. Mengurangi Kulit Keriput

Apel dapat digunakan untuk membersihkan wajah dan menghaluskan keriput. Siapkan buah apel segar, parut buah tersebut kemudian jadikan ini sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit, sebelum anda cuci dengan air hangat.

16. Mencegah jerawat dan kulit berminyak

Parut sebuah apel, kemudian campur dengan madu. Jadikan ini sebagai masker wajah. Biarkan selama 10 menit, sebelum anda bilas dengan air dingin. Sekali-kali boleh kok, bergaya dengan menggunakan masker apel. Anda juga dapat mempelajari Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami.


Sumber foto: beautyblunders.wordpress.com

17. Menghilangkan Kantung Mata

Untuk membuat ramuan ini cukup mudah. Parut sebuah kentang, kemudian campur dengan 2 sdm sari apel. Oles campuran tadi ke kantung mata, kemudian tutup dengan kain hangat. Biarkan selama 20 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

18. Melembabkan Kulit Kering

Kelembaban kulit sangat terkait dengan kecantikan seseorang. Kulit yang lembab dan segar menyebabkan seorang wanita terlihat cantik alami. Bagi anda yang mengalami kulit kering, buatlah masker wajah alami terbuat dari apel. Caranya tidak sulit, parut sebuah apel kemudian campur dengan 1 sdm madu. Gunakan ini untuk masker wajah anti kering. Jangan lupa membilasnya setelah campuran tadi mengering di wajah cantik anda.

Mungkin beberapa tips cantik dan sehat menggunakan apel yang telah di bahas pada artikel kali ini dapat memperkaya pengetahuan kita seputar obat tradisional alami.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

18 Manfaat Apel Bagi Kecantikan Wajah dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.