5 Kelebihan Kulit Berminyak Bagi Kecantikan

Bagi wanita, memiliki wajah berminyak tentu sangat mengganggu dan bikin sebal. Harus membawa tisu ke manapun untuk menyapu wajah, belum lagi masalah make-up yang mudah luntur oleh minyak. Meskipun semua orang merasa risih dengan minyak yang membuat wajah mereka menjadi mengkilap, ternyata wajah berminyak memiliki keuntungan di luar dugaan.

Kulit berminyak rentan menimbulkan masalah jerawat, terutama bagi orang yang kurang menjaga kebersihan wajah. Minyak berlebih pada kulit disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang hiperaktif. Kelenjar ini berperan dalam produksi sebum, yang berfungsi sebagai pelumas bagi kulit Anda. Produksi sebum yang berlebihan menyebabkan tekstur kulit menjadi lebih tebal dan berat. Artikel sebelumnya: Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak!


kulit

Sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit, pori-pori kulit pun mudah tersumbat jika perawatan wajah tidak dilakukan dengan tepat. Terutama bagi orang yang memiliki wajah berminyak, lebih rentan terhadap masalah ini. Di balik sedikit risiko yang disebutkan, ada keuntungan yang tidak terduga seperti berikut ini:


5 Kelebihan Kulit Berminyak Bagi Kecantikan


1. Meminimalisir penggunaan kosmetik kecantikan

Tas wanita penuh berisi dengan berbagai jenis kosmetik. Peralatan kecantikan seperti lipstik 50k hingga 500k, tabir surya, pelembab wajah, serum wajah, foundation, concealer untuk menyamarkan bekas jerawat, bronzer agar wajah bersinar, dll. Bagi pemilik kulit berminyak, semua kosmetik itu kurang dibutuhkan. Cukup mengusapkan bedak tipis, semua masalah beres.

2. Terhindar dari penuaan dini


Individu yang mempunyai jenis kulit kering cenderung berisiko terkena penuaan dini dibandingkan kulit berminyak. Tanda-tanda penuaan yang dimaksud seperti garis-garis di wajah dan keriput.

3. Memiliki minyak alami yang diproduksi oleh tubuh

Minyak alami bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit. Tidak perlu repot dengan krim siang atau malam yang relatif mahal. Cukup dengan menggunakan masker lumpur setiap tiga hari, untuk mengurangi kelebihan minyak.

4. Kulit menjadi bersinar secara alami setiap saat

Banyak wanita rela mengeluarkan biaya mahal untuk membeli produk kecantikan kulit, dengan tujuan mendapatkan kemilau di wajah terutama area zona-T. Bagi wanita dengan minyak berlebih di kulitnya, tidak perlu melakukannya. Mereka mendapatkan manfaat ini secara gratis. Sungguh, ini merupakan sebuah keuntungan besar yang mendukung kecantikan Anda.

5. Kulit lebih elastis dan lembab

Di cuaca ataupun kondisi lingkungan apapun, minyak alami akan menjaga kulit Anda. Tipe kulit berminyak lebih tahan terhadap lingkungan panas ataupun dingin. Sehingga ketika hari panas dan kering, penampilan Anda tetap terjaga dan cantik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Clinical Anatomy, ahli kecantikan Jepang menemukan fakta bahwa kerutan lebih banyak terjadi pada kulit kering. Bagian dari penelitian ini termasuk elastisitas dan densitas kulit, dihubungkan dengan jumlah kelenjar minyak pada tiap jenis kulit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerutan panjang atau dalam, lebih sedikit dimiliki oleh mereka yang kaya akan kelenjar minyak. Meski begitu, bukan berarti mencegah kerutan dapat dilakukan dengan mengolesi minyak pada kulit. Elastisitas kulit sangat menentukan risiko keriput. Dari studi ini, muncul ide dari para peneliti untuk mengembangkan formula anti penuaan. Baca: 11 Kosmetik Dasar Yang Harus Dimiliki Wanita Muda!

Bagi mereka dengan tipe kulit kering, jangan berkecil hati. Tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan keriput tidak hanya dipengaruhi oleh kelenjar minyak. Ada banyak faktor lain yang turut menentukan. Perbanyak olahraga, konsumsi makanan sehat, cukupi kebutuhan tubuh akan air, dan hindari kebiasaan buruk yang tidak sehat. Semua itu sangat berpengaruh terhadap kecantikan Anda, serta membuat lebih awet muda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

5 Kelebihan Kulit Berminyak Bagi Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.