Cara Mencegah Sendawa Berlebihan

Kadang di tengah-tengah kumpulan banyak orang, tanpa sengaja kita mengeluarkan sendawa. Hal ini tentunya menimbulkan perasaan malu pada diri kita. Mungkin banyak di antara kita bertanya, apa sebenarnya penyebab sendawa? Bagaimana efeknya terhadap kesehatan kita?

Sendawa atau dalam dunia medis disebut sebagai eruktasi / aerophagia adalah suatu kondisi pengeluaran udara atau gas yang bersarang di dalam perut seseorang melalui mulut. Sendawa menunjukkan reaksi normal dari sebuah fungsi tubuh kita. Gas atau udara yang ada di dalam perut, jika tidak dikeluarkan secara alami, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan masalah kesehatan.


sendawa

ilustrasi sendawa: healthxchange.com.sg

Ketika kita makan atau minum, udara bisa ikut masuk ke dalam perut. Jadi bukan hanya makanan atau minuman yang kita telan. Udara seperti oksigen dan nitrogen bisa terbawa masuk ke dalam perut, bersama makanan atau minuman. Udara yang bersifat sebagai racun bagi tubuh ini, harus dikeluarkan. Salah satu cara tubuh mengeluarkannya adalah dengan sendawa.

Penyebab Sendawa yang berlebihan


Produksi asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan sendawa yang berlebihan. Penyebab asam lambung naik antara lain faktor fisik seperti terlambat makan, makanan pedas, makanan yang mengandung rempah-rempah, serta makanan panas.
[Penting: Makanan Penyebab dan Pereda Asam Lambung]

Selain itu, sendawa juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis seperti depresi yang pada akhirnya menyebabkan nafsu makan menurun, kurang tidur, serta kelelahan.

Sendawa merupakan solusi bagi masalah kesehatan yang berkaitan dengan perut kembung. Namun, sendawa merupakan sebuah tanda bahwa ada gangguan pada saluran pencernaan serta gangguan pada rongga perut.

Manfaat sendawa bagi tubuh


Menghilangkan Kembung

Untuk mengatasi perut kembung dan bayi sering mengeluarkan ludah, dapat dilakukan dengan cara menepuk punggungnya. Cara ini bertujuan untuk mengeluarkan karbon dioksida yang bersifat racun bagi tubuh.

Mencegah Terjadinya Akumulasi Gas

Salah satu manfaat sendawa adalah mencegah penimbunan gas di perut. Untuk bayi, berikan botol susu ke mulutnya pada posisi miring. Hal ini akan mencegah udara ikut masuk ke perutnya. Jika anda sedang mnyusui bayi, hindari makan brokoli dan kacang-kacangan yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi anda.

Memperlancar Pencernaan

Sendawa dapat mencegah kelebihan gas, sehingga sistem pencernaan menjadi lancar. Anda juga bisa minum jahe yang dicampur dengan teh, untuk memperlancar pencernaan.

Baik bagi perut

Sendawa dapat didorong oleh minuman berkarbonasi. Jadi, sendawa secara alami merupakan reaksi tubuh yang normal. Dan ini adalah baik bagi perut anda. Ada sebagian orang yang dapat mengeluarkan sendawa dengan cara memijit lehernya.

Cara Mencegah dan Meredakan Sendawa


Hindari Berbaring Setelah Makan

Biarkan tubuh anda mencerna makanan dengan baik. Jika anda berbaring setelah makan, organ pencernaan kurang maksimal dalam mencerna makanan. Sebaiknya berjalan selama beberapa menit setelah makan. Mengunyah makanan secara perlahan juga dapat mencegah sendawa. Hal ini bertujuan untuk mencegah udara masuk bersama makanan.

Olahraga Ringan

Mengeluarkan gas dari perut dapat anda lakukan dengan cara berolahraga ringan. Caranya adalah dengan berbaring terlentang, kemudian angkat dan tekan lutut anda ke dada. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dapat mengeluarkan gas dari perut yang kembung.

Menegakkan punggung setelah makan

Untuk mencegah sendawa, lakukan duduk pada posisi punggung ditegakkan. Cara ini membuat udara naik ke atas, sehingga sendawa berjalan lebih mudah.

Jahe Kering dan Biji Adas

Dengan mengkonsumsi permen jahe ataupun biji adas setelah makan, dapat mengurangi gas yang ada di lambung serta meredakan sendawa.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Mencegah Sendawa Berlebihan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.