Manfaat Terong Ungu yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Terung bisa disebut sebagai sayuran super, disebabkan nutrisi yang dikandungnya sangat banyak. Terung / Terong memiliki banyak jenis. Terung bisa dijadikan sebagai lalapan, biasanya yang berbentuk bulat kecil. Alasannya adalah rasanya yang renyah. Sedangkan terung dengan bentuk lonjong, umumnya dijadikan sebagai bahan dalam masakan. Bisa direbus, digoreng, atau sesuai selera masing-masing. Terong ungu sangat kaya akan nutrisi seperti kalsium, fosfor, zat besi, karotin, protein, lemak, karbohidrat, asam nikotinat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan serat kasar.


terong

ilustrasi manfaat terong ungu: asset-cache.net

Terong dengan nama ilmiah Solanum melongena punya alasan kuat untuk dimasukkan ke dalam menu sehat anda. Ini disebabkan oelh manfaat terong untuk kesehatan yang sangat menakjubkan. Jika anda penasaran, simak manfaat terung berikut ini:

Manfaat Terong Ungu yang Menakjubkan Untuk Kesehatan


Makanan bagi Otak

Terong mengandung nasunin, termasuk Phytonutrisi anthocyanin yang baik untuk otak dan kulit. Nasunin sangat bermanfaat untuk melindungi membran sel otak dari berbagai kerusakan, menjaga memori otak, serta antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Tidak hanya itu, nasunin juga mengontrol kadar zat besi dalam tubuh sehingga peredaran darah menjadi lancar. Untuk memperoleh manfaat terong secara optimal, sebaiknya jangan membuang kulitnya. [Simak: Cara Mempertajam Daya Ingat Otak]

Melawan Kanker

Terung mengandung serat kasar dalam jumlah yang tinggi. Serat ini mampu menyerap racun dan bahan kimia yang dapat menyebabkan resiko perkembangan kanker usus besar. Terung juga mengandung asam klorogenat, senyawa fenolik yang mempunyai kemampuan sebagai anti virus, anti mikroba, anti kolesterol jahat, serta mencegah sel kanker. Serat ini justru lebih banyak terdapat pada kulitnya. [Penting: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan]

Mencegah serangan Jantung, Stroke, Hipertensi dan Stres


Fitonutrien pada terong bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah, mengontrol kadar kolesterol, serta membantu relaksasi pembuluh darah di Jantung. Sering mengkonsumsi terung dapat mencegah resiko serangan jantung dan stroke. Hal ini terkait dengan kandungan bioflavonoid yang juga mampu menurunkan tekanan darah, serta meredakan stres. Bioflavonoid dan vitamin K pada terung mampu memperkuat kapiler di tubuh, sehingga mencegah pembekuan darah.

Menjaga kelembaban kulit

Kadar air yang tinggi pada terong bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Mencegah Sembelit

Serat kasar yang terdapat pada terung juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Ini berarti bahwa terung bermanfaat untuk mencegah sembelit.

Membantu mengobati diabetes

Kandungan karbohidrat dan serat pada terong sangat baik untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Terung mengandung Karbohidrat larut.

Menurunkan berat badan

Kadar air yang tinggi pada terung, baik untuk mengontrol tingkat kalori. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, terung layak untuk dijadikan menu diet yang sehat.


terung

foto: growerssupply.wordpress.com


Ramuan herbal menggunakan Terong untuk mengobati berbagai penyakit


Mengobati hipertensi

Sediakan terung ungu, kacang kedelai dan tahu. Anda bisa memasaknya sesuai selera.

Mengobati  hepatitis

Beberapa buah terung ungu dipotong-potong. Sediakan 100 gram akar alang-alang dan 30 gram rambut jagung. Rebus semua bahan ke dalam air secukupnya. Anda dapat meminum airnya, setelah dingin dan disaring.

Mencegah Kanker

Sediakan 250 gr terong ungu, 10 gr jamur kuping hitam, 10 gr jamur hioka dan 100 gr udang segar. Anda bisa memasak semua bahan tersebut sebagi tumis, untuk mencegah serangan kanker.

Mengobati Wasir

Ambil tangkai terung ungu. Setelah dikeringkan, tangkai terung digiling hingga menjadi bubuk. Kemudian buatlah jus lidah buaya dan bubuk gambir. Campur semua bahan menjadi satu, oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Demikian manfaat terung untuk mngobati berbagai macam penyakit. Kini anda mempunyai alasan yang kuat untuk memasukkannya ke dalam menu harian anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Terong Ungu yang Menakjubkan Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.