Manfaat Wortel yang Menakjubkan Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Wortel sangat kaya akan manfaat kesehatan. Selain mengandung vitamin A, wortel juga mengandung banyak nutrisi lain. Meski sayuran berwarna oranye ini kurang disukai oleh kelinci, wortel memiliki segudang manfaat untuk mengobati berbagai penyakit ringan hingga berat.

Lalu, apa saja nutrisi yang dikandung oleh Wortel?

Wortel kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, kalori, karbohidrat, gula, protein, vitamin, mineral, serat, folat, mangan fosfor, magnesium dan seng. Wortel juga mengandung beta-karoten, zat antioksidan yang membuatnya berwarna oranye. Itulah alasan, kenapa banyak orang menyebutnya sebagai sayuran super.


wortel

foto jus wortel: hydroveggies.wordpress.com

Manfaat Wortel yang Menakjubkan Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Menurunkan resiko Kanker

Wortel mengandung fosfor, hidrat arang dan beta karoten yang baik untuk tubuh. Beta karoten mampu mencegah kanker  pyudara, kanker paru-paru dan kanker usus besar. Hal ini dikaitkan fakta bahwa wortel mengandung zat efektif, falcarinol dan falcarindiol yang bersifat anti kanker. [Simak: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan]

Mencegah resiko penyakit Jantung

Dengan mengkonsumsi wortel, dapat menurunkan kolesterol jahat yang memicu resiko penyakit Jantung. Antioksidan pada wortel efektif untuk menurunkan hipertensi. [Penting: Ramuan Tradisional Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami]

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mencampur wortel dengan ketumbar, dapat mencegah virus berbahaya yang menyerang tubuh. Antioksidan yang dikandungnya, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Mencegah stroke

Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat menurunkan resiko stroke.

Menjaga kesehatan Mata

Wortel mengandung beta karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Pada Retina mata, vitamin ini digunakan untuk rhodopsin yang berfungsi mempertajam penglihatan. Beta karoten juga berfungsi untuk mencegah katarak dan degenerasi makula.


Menjaga kesehatan Ginjal

Jus wortel sangat bermanfaat untuk membersihkan ginjal. Penderita gagal ginjal dilarang minum jus buah, kecuali jus wortel.

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan kulit


Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A dan zat lain yang dikandung oleh wortel, menjaga kecantikan kulit sehingga lebih bersinar. Noda hitam pada kulit yang disebabkan pigmentasi, dapat dilenyapkan dengan menerapkan wortel sebagai masker wajah atau langsung dimakan.

Memperlambat penuaan dini

Antioksidan pada wortel mampu mencegah penuaan dini. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba membuat jus wortel di rumah.

Mencegah jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Jus Wortel membantu mencegah jerawat, serta mengobati bekas jerawat. Wortel kaya akan vitamin A yang memiliki kemampuan untuk menjaga kadar pH normal pada kulit.

Mengurangi kerontokan rambut

Beta karoten pada wortel, meningkatkan pertumbuhan rambut sehat. Hal ini disebabkan peredaran darah menjadi lancar. Rambut rontok dapat dikurangi dengan sering mengkonsumsi wortel. [Simak: Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok]

Membuat rambut Lebat dan Sehat

Vitamin A dan vitamin E pada wortel, mampu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut.

Membuat rambut berkilau

Rambut tampak lebih bersinar alami dan lembut, dengan sering mengkonsumsi wortel. Ini disebabkan kandungan vitamin A dan C, yang mengembalikan kelembaban rambut.

Menguatkan Gigi

Wortel efektif untuk menghilangkan plak yang bisa merusak gigi dan gusi. Ini disebabkan oleh mineral khusus pada wortel, yang dapat mencegah kerusakan pada gigi.

Manfaat Wortel bagi Kehamilan


- Wortel mampu meningkatkan produksi ASI  dan membuatnya lebih berkualitas
- Vitamin A dan antioksidan pada wortel, sangat baik bagi kesehatan janin.


kehamilan

photo credits: coles.com.au

Demikian Manfaat wortel bagi kesehatan yang sungguh menakjubkan. Sebaiknya memilih wortel lokal, karena kemungkinan bahan pengawet padanya lebih kecil. Bahan kimia sering ditambahkan pada wortel import. Pilihlah wortel yang bebas bahan pestisida. Jika anda mampu, tanamlah wortel di pekarangan. Jika terpaksa membelinya, jangan menghindari wortel yang ada bekas gigitan ulat. Hal itu menunjukkan bahwa wortel bebas dari bahan pestisida sewaktu menanamnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Wortel yang Menakjubkan Bagi Kesehatan dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.