11 Manfaat Menangis Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita

Apa sih manfaat menangis? Air mata tidak akan mengubah apa yang telah terjadi. Nasi sudah menjadi bubur. Begitulah kata banyak orang. Eits, jangan salah! Bubur yang terlanjur jadi pun bisa dinikmati bersama cakwe, suwiran ayam, dan lainnya. Lepas dari itu, tangisan tetap ada gunanya.

Dampak Positif Menangis
Menangis bisa disebabkan oleh sedih, kecewa, tertekan, luapan emosi, atau terlalu bahagia. Ini hubungannya dengan perasaan hati. Tapi, air mata juga bisa mengalir sebab percikan cairan yang keluar dari bawang merah. Ibu – ibu sangat maklum akan hal ini, bukan?

Dari sisi biologis, suasana hati yang berubah drastis akibat suatu kejadian dapat memengaruhi hormon estrogen. Akibatnya adalah reaksi emosional, yang sering disertai dengan tangisan.

Kenapa wanita lebih sering menangis dibandingkan dengan pria? Hormon tersebut 20 kali lebih banyak dimiliki oleh wanita. Jadi wajar, wanita terkesan lebih cengeng daripada pria.

Faktor lain penyebab menangis adalah masuknya kotoran ke dalam mata, seperti debu dan sebagainya. Orang biasa menyebutnya dengan kelilipan.


11 Manfaat Menangis Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita


Mungkin banyak orang bilang tangisan tidak ada gunanya. Berikut ini adalah dampak positif menangis bagi kesehatan tubuh:

1. Membersihkan bakteri di mata

Air mata adalah obat tetes mata alami, yang mampu berguna sebagai anti-bakterial dan anti mikroba. Cairan ini mengandung lisozim, gamma globulin, cairan laktoferin, dan beta lisin.

Nah, enzim – enzim tersebut mampu menumpas 90 persen bakteri dan mikroorganisme yang terdapat pada benda – benda yang tersentuh oleh tangan kita, seperti keyboard laptop, tiang, atau apapun yang biasa dipegang oleh tangan.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Beban fikiran yang menumpuk dan tidak diluapkan, dapat memicu naiknya tekanan darah (Hipertensi). Nah, salah satu cara untuk mengurangi beban fikiran adalah menangis !

Lebih detail terkait tekhipertensi: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

3. Mencegah terkena Flu

Bakteri penyebab influenza dapat singgah di balik kelopak mata. Tahukah anda, bahwa air mata mengandung zat lisozim fluida yang mampu membunuh 90 persen bakteri flu dalam hitungan menit. Kurang lebih sekitar 5 menit saja !

Lebih lanjut tentang pilek: 26 Cara Ampuh Mengobati Pilek Dan Flu !

4. Memperbaiki Suasana Hati

Bukan hanya faktor psikologis yang memengaruhi suasana hati. Secara biologis, kadar zat mangan yang menumpuk dalam tubuh akan memicu rasa cemas, gelisah, dan mudah tersinggung.

Dengan menangis, zat mangan akan diangkut keluar dari tubuh bersama air mata yang mengalir.

5. Mencegah Sinusitis


Salah satu penyakit yang berkaitan dengan saluran nafas adalah radang sinus (sinusitis). Peradangan sinus dapat berakibat gangguan pernafasan, disebabkan terganggunya kelembaban hidung.

Gejala sinusitis seperti sakit kepala, ingus berwarna kuning kehijauan, nyeri pada wajah, dan pembengkakan pada wajah. Nah, menangis adalah salah satu obat alami untuk mencegah Sinusitis !

6. Membantu mengatasi radang sendi

Studi ilmiah yang pernah diadakan di Tokyo mengungkap bahwa menangis dapat membantu proses penyembuhan gangguan sendi. Hal ini juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Pelajari: Cara Mengobati Rematik Secara Tradisional

7. Menghindarkan Depresi

Fikiran yang tertekan, penat, dapat diredakan dengan menumpahkan air mata. Tangisan yang disertai emosi akan menghasilkan 24 persen albumin, protein yang mengontrol sistem metabolisme.

8. Mencegah stres

Luapan emosi yang disertai tangis, dapat memicu keluarnya hormon stres seperti hormon kortisol ,endorphin leucine-enkaphalin, adrenocorticotrophic, dan prolactin. Inilah alasan kenapa anda merasa lega setelah meneteskan air mata saat stres.

9. Mengurangi beban fikiran

Mungkin anda heran, kenapa dengan menangis beban fikiran menjadi berkurang? Secara ilmiah, tubuh akan menghasilkan zat endorfin saat kita menangis. Zat ini akan memengaruhi mood seseorang, sehingga perasaan cenderung bahagia.

10. Mengeluarkan racun

Toksin dalam tubuh bisa keluar bersama tangisan yang disertai perasaan. Hal ini diungkap oleh William Frey, pakar biokimia. Detoksifikasi penting untuk menjaga kinerja organ penting dalam tubuh kita.

11. Mencegah penglihatan kabur

Menitikkan air mata saat menangis akan mencegah keringnya selaput mata. Cairan yang membasahi mata, berguna untuk melumasi kornea dan konjungtiva. Jika dehidrasi terjadi akibat keringnya kornea, dapat menyebabkan pandangan menjadi kabur.

Menarik: 12 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Dengan Cepat !

Nah itulah 11 manfaat menangis yang menguntungkan kesehatan seseorang. Jadi, air mata bukanlah berarti pertanda cengeng. Lebih tegar mana anda dengan matahari, yang sinarnya menyilaukan di siang yang terik? Ketahuilah, matahari pun pernah menangis.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Manfaat Menangis Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.