12 Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Cepat

Stres merupakan gangguan psikis berupa beban, fikiran penat dan suasana hati yang kacau. Stres biasanya disebabkan oleh berbagai situasi yang menyebabkan fikiran dan perasaan hati menjadi tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh masalah pribadi ataupun faktor lingkungan, sehingga membuat seseorang menjadi tersudut dan bingung mencari solusinya.


obat stres

Setiap orang menghadapi masalah dalam hidupnya. Masalah yang menimpa setiap individu tidaklah sama, sangat bervariasi. Kuncinya adalah seberapa hebat seseorang mampu mengelola dan mengatasi masalah yang datang. Stres harus segera ditangani dengan tepat, karena dapat mempengaruhi kesehatan psikis dan fisik. Jika kondisi ini dibiarkan secara berlarut-larut, dapat menyebabkan depresi dan masalah kesehatan lainnya.


12 Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Cepat


Sebagian orang berusaha untuk melenyapkan kepenatan dengan tamasya atau pergi ke tempat Spa. Ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres, tanpa mengeluarkan biaya mahal. Bahkan, anda bisa mendapatkannya secara gratis. Di samping itu, anda harus menjalani gaya hidup sehat dan konsumsi makanan dan minuman pereda stres. Berikut ini adalah cara yang efektif untuk melenyapkan stres:

1. Minum teh hitam


Senyawa kimia yang terdapat di dalam teh hitam, mampu menenangkan syaraf otak. Menurut penelitian yang dilakukan di University College London, dengan minum teh hitam sebanyak 4 cangkir per hari selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kortisol dan mengobati stres lebih cepat.

2. Berfikir positif

Jangan hiraukan obrolan teman kerja yang sedang membicarakan anda. Jika terpaksa menghiraukan, anggaplah mereka sedang bercanda. Jika tetap tidak bisa, jadikan bahan pembicaraan mereka sebagai motivasi bagi anda.

3. Bersyukur terhadap keadaan

Tidak semua orang mampu meraih apa yang telah anda dapatkan. Bayangkan keadaan orang-orang yang lebih menderita daripada anda. Dengan menerima kenyataan kemudian bersyukur, akan meningkatkan aktivitas di bagian otak yang disebut hypothalamus. Hormon dopamin dapat diaktifkan dengan rasa syukur. Hormon ini berfungsi untuk menyampaikan rasa senang ke otak.

4. Menghirup udara segar

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk mendapatkan udara segar. Sinar matahari di pagi hari, dapat memicu produksi vitamin D di dalam tubuh kita. Vitamin D dapat meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh, sehingga anda akan lebih bahagia. Anda dapat menikmati suasana alami seperti kicauan burung, suara angin dan suasana pagi. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Washington, meletakkan tanaman di ruangan dapat mengontrol tekanan darah sehingga mengurangi stres.

5. Jangan menunda pekerjaan

Jika pekerjaan tidak segera diselesaikan, maka tugas anda akan semakin menumpuk. Efek buruk yang timbul adalah rasa malas. Selain itu, anda akan semakin terbebani dengan tanggung jawab terhadapnya.

6. Lakukan kebiasaan sehat yang disukai

Setiap orang memiliki rutinitas yang dapat menyenangkan hati, seperti memasak makanan kesukaan atau lainnya. Lupakan sejenak, beban di fikiran anda. Jadikan hari ini menyenangkan dengan melakukan apapun, selama hal itu baik.

7. Bayangkan tempat yang indah

Jika anda menyukai pemandangan di laut atau gunung, bayangkan anda berada di sana. Pejamkan mata anda, hirup nafas dalam-dalam kemudian keluarkan perlahan. Lakukan cara ini selama beberapa menit. Hasil penelitian di California mengungkapkan bahwa membayangkan keindahan sebuah tempat dapat mengurangi produksi hormon kortisol oleh otak. Jika kadar hormon ini meningkat, akan memicu stres.

8. Buatlah tangan dan kaki menjadi sibuk

Lakukan kegiatan yang melibatkan gerakan tangan atau kaki secara berulang. Misalkan merajut, atau melukis pemandangan. Gerakan tubuh secara berulang-ulang yang dilakukan dengan senang hati, akan menyebabkan syaraf otak menjadi lebih rileks.

9. Mandi air hangat

Tuangkan sedikit minyak aromaterapi ke dalam bak mandi yang berisi air hangat, atau nyalakan lilin wangi. Aroma melati atau lavender memiliki khasiat untuk menenangkan otak. Begitu juga dengan mandi di bawah shower, mampu meredakan stres.

10. Olahraga teratur

Aktivitas fisik seperti olahraga dapat merangsang produksi hormon endorphin, sehingga memperbaiki suasana hati. Selain mengatur jam biologis, hormon ini juga berperan dalam menurunkan depresi dan menenangkan fikiran.

11. Mengurangi penggunaan gadget

Berdasarkan penelitian di California, sering menggunakan gadget dapat menyebabkan stres. Jadi, sebaiknya tidak berlebihan dengan aktivitas menggunakan gadget.

12. Cobalah berdialog dengan sahabat

Beban fikiran dapat berkurang dengan mencurahkan perasaan ataupun masalah kepada teman dekat anda. Dengan menceritakan masalah anda, mungkin saja mereka bisa membantu untuk memecahkannya.

Demikian cara efektif untuk menghilangkan stres dengan cepat. Mungkin beberapa tips yang disebutkan di atas memberi sebuah solusi bagi anda yang sedang mengalaminya.

foto: bostonmagazine.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Cepat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.