12 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami dan Tradisional

Cara mengobati sinusitis secara alami menjadi pilihan bagi banyak orang, disebabkan tidak menimbulkan efek samping dan memungkinkan penyakit akan sembuh total tanpa kambuh lagi. Sedangkan pengobatan secara medis biasanya menggunakan antibiotik, anti-inflamasi, steroid, atau operasi bedah. Jadi, anda dapat melihat perbedaan dari kedua metode tersebut.

12 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami dan Tradisional
Penyebab Sinusitis

Sinusitis adalah radang dinding sinus yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau kuman. Faktor lain yang menjadi penyebab penyakit ini termasuk alergi terhadap inhalansia seperti serbuk sari, tungau debu, dan bulu binatang. Sinusitis juga dapat dipicu oleh alergi terhadap klorin, bahan kimia, dan polusi udara.

Penyebab yang lain adalah sekresi lendir pada rongga hidung mengalami sumbatan. Sebagian kasus sinusitis disebabkan oleh konsumsi produk susu secara berlebihan, infeksi gigi, dan pertumbuhan jamur Candida albicans secara berlebih.

Sinus adalah rongga kecil yang dilapisi oleh selaput berlendir, letaknya di belakang tulang dahi dan pipi. Selaput ini berfungsi untuk menyaring kuman yang masuk, dan mengatur kelembaban udara dihirup hidung. Ketika lendir menumpuk dan menyumbat saluran ini, maka infeksi dapat terjadi.

Gejala Sinusitis

Rongga sinus yang tersumbat biasanya ditandai dengan sakit kepala, pembengkakan pada area mata, nyeri di pinggir dahi dan pipi, batuk, pilek, dan sebagainya.


12 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami dan Tradisional


Untuk menyembuhkan sinusitis secara alami dan tradisional, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Namun, penderita harus menghindari untuk mengkonsumsi produk susu atau olahannya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi produksi lender, yang dapat memicu penyakit sinusitis kambuh lagi. Berikut cara mengatasi sinusitis yang dapat anda lakukan:

1. Ekstrak biji anggur

Sifat antibiotik alami yang terdapat di dalam ekstrak biji ini efektif untuk melawan mikroba, virus, bakteri, parasit, dan puluhan jenis jamur Candida. Ekstrak biji anggur yang dikemas sebagai semprot hidung, dapat digunakan untuk meringankan sinusitis dan peradangan.

Cara menggunakan obat alami ini cukup mudah. Cukup semprotkan ekstrak biji anggur pada kedua lubang hidung, beberapa kali dalam sehari.


2. Makanan yang kaya Zinc

Zinc memiliki peran untuk menekan produksi lendir pada penderita sinusitis. Zinc juga berguna untuk mencegah peradangan. Zinc dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti cokelat hitam, bayam, kepiting, jamur, tiram, dan biji wijen.

3. Diet ketat

Ketika radang pada sinus mulai menunjukkan gejala, hindari semua produk susu, telur, gorengan, dan cokelat. Jenis makanan ini dapat memicu pembentukan lendir. Perbanyak makan kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran. Selain itu, cukupi kebutuhan minum.

4. Cuka apel

Untuk mengobati sinusitis tahap awal, gunakan ramuan alami. Caranya, campur 2 sdt cuka mentah dan sari apel kemudian tuangkan di dalam gelas berisi 170 ml air. Tambahkan 1 sdt madu, minum ramuan ini 3 kali dalam sehari selama seminggu.

5. Minum air hangat

Minuman hangat akan membuat selaput lendir menjadi lembab, sehingga memudahkan gerakan rambut silia untuk meluruhkan lendir yang melekat pada sinus.

6. Bawang putih dan Lobak

Perbanyak konsumsi lobak, bawang putih, bawang merah, dan cabe. Anda dapat menikmatinya bersama sup. Bahan alami tersebut berguna untuk memudahkan keluarnya lendir.

7. Basahi wajah dengan handuk hangat

Celupkan handuk bersih ke dalam air hangat, kemudian peras. Kompres pada wajah, terutama kedua pipi anda selama 5 menit. Lakukan pengobatan ini, tiga kali dalam sehari. Cara ini berguna untuk melancarkan sirkulasi darah di sekitar sinus, serta memacu gerakan rambut silia sehingga memudahkan sekresi cairan mukus yang menumpuk.

8. Kulit manggis

Antioksidan dan antibakteri yang terdapat dalam kulit manggis berguna untuk melawan infeksi virus dan bakteri. Cara membuat ramuan, rebus kulit manggis hingga mendidih selama beberapa menit di dalam kuali tanah. Setelah airnya agak dingin, minum 2 kali dalam sehari. Lakukan pengobatan ini dengan rutin hingga penyakit sembuh.

9. Jeruk dan jambu biji

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh lebih kuat untuk melawan infeksi bakteri atau jamur yang menyebabkan sinusitis. Anda dapat memperoleh asupan vitamin C dari jeruk, jambu biji, dan buah-buahan lainnya.

10. Ekstrak teripang

Teripang juga efektif untuk melawan infeksi jamur dan bakteri, penyebab penyakit sinus. Teripang memiliki sifat antiseptik alami dan anti radang, sehingga cocok utnuk mengatasi sinusitis. Cukup dengan mengkonsumsi teripang secara langsung, anda dapat menelannya dalam bentuk ekstrak. Minum 1 sdm ekstrak teripang, 3 kali sehari untuk melawan infeksi dan menguatkan kekebalan tubuh anda.

11. Air liur lebah

Lebah memiliki air liur yang biasanya digunakan untuk membersihkan sarang mereka dari jamur dan kuman. Air liur yang dikeluarkan oleh lebah berguna untuk melawan infeksi mikroba, penyebab sinusitis. Caranya dengan meneteskan air liur lebah pada kedua lubang hidung. Selain itu, minum segelas air hangat yang dicampur dengan 5 tetes air liur lebah. Lakukan perawatan ini setiap pagi, siang, dan malam hari.

12. Terapi gurah

Gurah adalah metode untuk mengeluarkan lendir atau dahak yang kotor di rongga hidung dan tenggorokan. Terapi ini dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama, dengan meneteskan ekstrak sambiloto ke dalam lubang hidung.

Cara kedua, minum ekstrak daun sambiloto dalam bentuk kapsul. Maka lendir akan terlarut bersama keringat dan dikeluarkan dari tubuh. Cara ini berguna untuk membersihkan saluran nafas, darah, dan pencernaan.

Anda dapat membuat ekstrak daun sambiloto dengan menumbuk daunnya, hingga mengeluarkan air. Untuk terapi gurah, gunakan 3 tetes ekstrak sambiloto.

Nah, itulah 12 cara mengobati sinusitis secara alami dan tradisional. Simak juga: 23 Cara mengobati sakit kepala secara alami. Konsultasi dengan dokter anda, jika penyakit tidak segera sembuh. Hindari semua bahan yang dapat menimbulkan alergi, dan selalu jaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.