16 Macam Penyakit Tulang Dan Cara Mencegahnya

Obat Alami - Bermacam-macam penyakit tulang seharusnya kita kenal, juga upaya untuk mencegahnya. Dengan begitu, setidaknya kita tahu apa yang harus kita lakukan dan pola hidup seperti apa yang harus kita jalani.

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis penyakit tulang, mari kita simak tentang struktur pembentuk tulang itu sendiri. Jaringan pembentuk tulang adalah sel-sel yang sebagian besar merupakan matrix kolagen ekstraselular (osteoid).


Macam-macam penyakit tulang
Kenapa struktur tulang menjadi kuat dan kaku? Hal ini disebabkan kolagen tersebut termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite. Sehingga tulang mampu berfungsi sebagai penopang badan vertebrata.

Kapan tulang mulai terbentuk? Jawabnya adalah mulai bayi dalam kandungan. Struktur dan susunan tulang akan membaik seiring perkembangan usia bayi.

Selain berfungsi sebagai penopang tubuh, tulang juga berfungsi sebagai alat gerak, serta melindungi organ penting dalam tubuh. Jantung dan paru-paru anda dilindungi oleh tulang rusuk, otak anda pun dilindungi oleh tulang tengkorak.


16 Macam Penyakit Tulang Dan Cara Mencegahnya


Beberapa jenis penyakit tulang pada umumnya terdeteksi, setelah kondisi akut atau tahap lanjut. Pastinya, beberapa penyakit tulang akan melemahkan kerangka dan rentan dengan fraktur yang pada akhirnya mengakibatkan penuaan tulang. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis penyakit tulang:

1. Osteoarthritis

Penyakit tulang yang biasanya menyerang orang tua, dimana persendiaan terasa nyeri. Nyeri yang diderita penderita rematik pada umumnya menyerang sendi lutut, kaki, lengan, bahu, dan pinggul.

2. Kaki Bengkok

Tulang rapuh ataupun ketidak normalan pertumbuhan tulang lutut dapat menyebabkan kaki bengkok. Sebenarnya bukan hanya itu penyebabnya. Tapi bisa juga diakibatkan oleh penyakit polio, beri-beri, atau lumpuh otak. Kaki bengkok pada orang tua dapat disebabkan oleh radang sumsum tulang, penyakit sifilis tulang, patah tulang, ataupun kondisi tulang sendi yang makin buruk.

Pelajari juga: 15 Cara Alami Mengobati Beri-beri

3. Kanker tulang


Mungkin kanker yang anda ketahui selama ini seperti kanker serviks dan kanker darah. Kanker juga dapat menyerang tulang, yang disebabkan pertumbuhan sel tulang tidak normal. Penyakit berbahaya ini ditandai dengan nyeri secara berulang.

Perlu diketahui: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah dilakukan

4. Kelainan jempol kaki (Bunions)

Persendiaan jari kaki khususnya jempol, dapat membengkak sehingga tulang jari menjadi menonjol. Bunions pada umumnya disebabkan oleh pemakaian sepatu dengan ujung lancip.

5. Kifosis

Bentuk tulang belakang yang melengkung ke depan, sehingga postur tubuh tidak ideal.

6. Skoliosis

Pertumbuhan tulang yang tidak wajar, sehingga tulang belakang melengkung ke samping dan tidak seimbang. Faktor penyebabnya seperti defisiensi vitamin, kalsium, dan tidak pernah olahraga.

7. Rakhitis

Penyakit tulang yang membuat bentuk kaki penderita menyerupai huruf X atau O ini disebabkan oleh defisiensi vitamin D dan kalsium. Cegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D harian, baik dengan banyak makan sayuran maupun berjemur di bawah sinar matahari pagi hari.

Tahukah anda: 25 Manfaat Kalsium Dan Akibat Kekurangan

8. Sarcoidosis

Peradangan dimulai dengan gejala berupa pembentukan granuloma di kelenjar getah bening, hati, paru-paru, dan mata.

9. Gout

Gout ditandai dengan nyeri pada tulang, yang terjadi secara berulang. Penyebabnya adalah endapan kristal monosodium glutamat pada persendian, atau kadar tinggi asam urat dalam darah.


mencegah penyakit tulang
10. Hidroxiapatite

Penumpukan kalsium piropospat dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyakit tulang yang disebut Hidroxiapatite.

11. Nyeri tulang akibat Lupus

Penyakit Lupus merupakan penyakit autoimun, dimana sistem imunitas menyerang tubuhnya sendiri. Gejala yang sering menyertai penyakit ini adalah rasa ngilu yang sangat hebat pada tulang penderita.

12. Ankilosis

Kelainan pada sendi, sehingga tidak dapat digerakkan. Ujung-ujung antara tulang seakan berpadu.

13. Osteoporosis

Tulang dapat menjadi rapuh, ditandai dengan rendahnya massa tulang dan rusaknya struktur tulang. Kerapuhan tersebut disebabkan kekurangan mineral kalsium, sehingga tulang mudah patah. Penyakit ini biasanya diderita orang tua.

14. Rickets

Penyakit tulang ini berbeda dibandingkan dengan osteoporosis, dimana penyebabnya justru akibat terlalu banyak asupan kalsium. Penderitanya kebanyakan anak-anak di masa pertumbuhan.

Kelebihan konsumsi kalsium yang pada akhirnya membuat kalsium menumpuk, sehingga tulang membesar. Faktor penyebab rickets lainnya termasuk radiasi sinar matahari.


Rontgen tulang
15. Osteomalacia

Defisiensi vitamin D juga dapat mengakibatkan tulang menjadi lunglai (Osteomalacia). Penyakit tulang ini juga dapat berkaitan dengan metabolisme dalam tubuh. Tidak berbeda dengan gejala osteoporosis, maka tulang mudah keropos bahkan patah.

16. Keseleo

Gangguan pada persendian tulang dapat disebabkan terkilir, sehingga tulang sulit digerakkan.


Tips Mencegah Penyakit Tulang


Pada umumnya gangguan pada tulang diketahui penderita setelah kondisi parah. Nah, berikut ini cara pencegahan yang dapat kita lakukan:

Batasi konsumsi garam

Asupan garam berlebih akan menyebabkan kalsium banyak keluar bersama keringat dan urin.

Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Sumber kalsium dapat ditemukan pada sayur brokoli dan susu kedelai. Peran vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium oleh tulang.

Kurangi konsumsi kafein

Apalagi bagi wanita di masa menopause.

Olahraga teratur

Jangan malas untuk berolahraga. Anda dapat memilih aerobik, jalan kaki, bersepeda, atau renang.

Hati-hati dengan penggunaan obat tertentu

Konsumsi obat golongan kortikosteroid dalam jangka pajang dapat meningkatkan risiko tulang keropos.

Simak juga: 5 Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Orang Gemuk

Nah, itulah macam-macam penyakit tulang dan cara mencegahnya. Untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat, jalani pola hidup yang sehat. Kerangka tubuh yang kuat menjadi penopang tubuh anda, yang anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Semoga tetap sehat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Macam Penyakit Tulang Dan Cara Mencegahnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.