11 Manfaat Bunga Kecombrang Bagi Tubuh Kita

Obat alami - Bunga kecombrang atau sering disebut bunga siantan, mungkin terdengar asing di telinga kita. Faktanya, nutrisi di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih dari sekedar tanaman biasa, kecombrang ternyata dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ringan dan berat. Apa saja khasiat bunga siantan bagi tubuh kita?

11 Manfaat Bunga Kecombrang Bagi Tubuh Kita
Selain siantan, nama lain dari bunga kecombrang adalah honje. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Etlingera elatior, Nicolaia elatior, Phaeomeria magnifica, Alpinia magnifica, dan sebagainya. Di Malaysia, kembang combrang disebut bunga kantan.Sekilas bentuk tanaman combrang mirip dengan jahe, dengan batang berwarna merah dengan tinggi batang mencapai sekitar 5 meter.

Di Jawa barat, kembang combrang yang berwarna merah ini dikonsumsi sebagai lalapan bersama sambal, atau dimasak bersama pepes ikan. Pastinya, di tiap wilayah mempunyai tradisi khas untuk menggunakan bunga ini sebagai bahan makanan.

Kandungan kecombrang

Bunga ini dilengkapi dengan berbagai mineral penting seperti magnesium, kalsium, zat fosfor, zat besi, potassium, dan zinc. Kecombrang juga mengandung nutrisi gizi dan non gizi termasuk protein,lemak, karbohidrat, energi, dan serat. Senyawa penting yang terdapat dalam bunga honje seperti saponin, flavonida, tannin, p0lifenol, dan triterpenoid.


11 Manfaat Bunga Kecombrang Bagi Tubuh Kita


Tidak hanya terkenal di dunia kuliner saja, kembang honje ternyata berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nah, inilah kegunaan bunga combrang bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan energi

Tubuh anda tidak bersemangat dan lelah? Cobalah makan sayur kecombrang setiap pagi. Sayur ini dapat memberikan energi bagi tubuh anda.

2. Mengobati penyakit campak


Salah satu cara mengobati campak secara tradisional adalah menggunakan bunga kecombrang atau honje.

3. Menghilangkan bau badan

Bunga kecombrang mengandung beberapa zat penting yang mampu mengatasi bau keringat tak sedap, terutama disebabkan adanya minyak atsiri di dalamnya. Jadi, bahan alami ini dapat dimanfaatkan sebagai deodoran alami.

4. Mengobati anemia

Penyakit kurang darah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bunga siantan dengan teratur. Hal ini disebabkan zat besi yang berlimpah dalam tanaman ini.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Nutrisi dalam daun siantan ternyata sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita.

6. Menguatkan tulang

Sayur honje baik dikonsumsi oleh anak-anak di usia pertumbuhan, karena kalsium dan mineral lain di dalam daunnya dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Dengan makan sayur ini secara rutin, dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis)

7. Mengatasi luka baru

Batang tanaman kecombrang memiliki sifat antimikroba, yang efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Caranya, tumbuk daun ini kemudian terapkan pada luka di kulit.

8. Menguatkan memori

Dengan sering menambahkan daun honje ke dalam masakan anda, berguna untuk menjaga fungsi otak sehingga daya ingat akan meningkat.

9. Menguatkan gigi

Kalsium dalam kecombrang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

10. Mencegah dehidrasi

Kekurang cairan dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayur honje. Hal ini terkait kadar air dan mineral yang melimpah di dalamnya.

11. Menurunkan demam

Bunga kecombrang ternyata dapat digunakan untuk meredakan demam dan panas pad anak-anak.

Perlu diketahui bahwa antioksidan dan vitamin lebih banyak terdapat dalam daun kecombrang daripada bunganya.

Nah, itulah 11 khasiat daun kecombrang bagi kesehatan tubuh yang diketahui. Rasa bunga kantan adalah asam segar dan aromanya wangi. Silahkan coba untuk menambahkannya pada masakan. Anda dapat mengolahnya menjadi pecel, urap, atau sesuai selera anda. Pastinya, banyak manfaat kesehatan diperoleh darinya. Menarik: 15 Manfaat Ginseng Merah Untuk Kesehatan Pria

foto via flickr

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Manfaat Bunga Kecombrang Bagi Tubuh Kita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.