7 Makanan Super Yang Mampu Melancarkan Peredaran Darah

Obat Alami - Belakangan ini banyak penyakit berat menyerang semua usia seperti penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes dan banyak lagi. Masalah kesehatan tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup yang sangat mempengaruhi kekebalan tubuh. Demikian pula pola makan seimbang menjadi faktor kuat yang menentukan kondisi kesehatan seseorang. Salah satu syarat tubuh sehat adalah cukup asupan nutrisi yang diperlukan untuk menunjang semua fungsi organ tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, diperoleh dari sari makanan yang diangkut oleh darah. Artikel sebelumnya tentang Nutrisi Yang Sangat Dibutuhkan Kulit Anda.

buah

Selain membawa nutrisi makanan, darah juga mengangkut oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Sehingga, sirkulasi darah harus berjalan dengan lancar agar sistem metabolisme  dan fungsi organ tubuh bekerja secara normal. Di bawah ini beberapa makanan sehat yang bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh:



7 Makanan Super Yang Mampu Melancarkan Peredaran Darah


1. Jahe

Tanaman herbal ini mengandung gingerol yang bersifat antikoagulan. Jahe sangat bermanfaat untuk mencegah sumbatan pada pembuluh darah dengan menstimulasi hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah, sehingga mempercepat aliran darah dan meringankan kerja jantung.

2. Buah Jeruk


Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C, protein, kalori dan serat. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari infeksi dan virus, mencegah penggumpalan darah, membantu menguatkan dinding kapiler, mencegah plak pada arteri, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat vitamin C lainnya adalah membantu pembentukan kolagen dalam jaringan ikat, serta menyembuhkan luka lebih cepat. Selain itu, vitamin C berguna untuk mengontrol alergi yang dapat menyebabkan demam, juga mengurangi peradangan dan sakit kepala akibat flu biasa.

Kekurangan vitamin C bisa memicu hipertensi, penyakit kantung empedu, kanker, stroke, dan aterosklerosis (penumpukan plak pada arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung ataupun stroke). Gejala kekurangan vitamin C seperti radang gusi, rambut kering, kulit bersisik, mudah mimisan, dan kekebalan tubuh rendah terhadap infeksi. Kondisi paling parah adalah kudis dan perdarahan di selaput lendir. Penderita terlihat pucat, sulit bergerak dan depresi.

3. Bawang Putih

Bawang putih bermanfaat untuk merenggangkan pembuluh darah dan membersihkan darah. Sebuah peneliatian di Molecular Nutrition And Food Research menunjukkan bahwa diet yang kaya bawang putih efektif dalam mencegah aterosklerosis (penimbunan plak pada dinding arteri), pemicu serangan jantung dan stroke.

Bawang putih juga efektif dalam meningkatkan produksi hidrogen sulfida pada pembuluh darah, sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah. Konsumsi bawang putih mentah berguna untuk mengurangi penggumpulan kolesterol jahat, serta membuka pembuluh darah yang tersumbat.

4. Buah-buahan berwarna merah

Kenapa harus berwarna merah? Buah-buahan yang berwarna merah mengandung likopen, yaitu fitokimia yang memiliki antioksidan kuat. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Likopen efektif dalam mencegah kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), serta mempercepat penyembuhannya.

Likopen juga bermanfaat untuk mencegah pengerasan pembuluh arteri (aterosklerosis) dan penyakit kardiovaskular, mengurangi inflamasi, serta menjaga kesehatan mata dan kulit. Tidak hanya itu, fitokimia ini juga dapat mencegah katarak, radang gusi (Gingivitis), kulit terbakar oleh sinar matahari (Sunburn), serta meningkatkan kesuburan laki-laki. Anda dapat mendapatkan likopen dengan konsumsi buah-buahan berwarna merah seperti semangka, pepaya, tomat, jambu biji, apel merah, dan anggur pink.

5. Buah Alpukat

Selain kaya serat, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sumber omega 3 selain alpukat seperti minyak kanola, kacang kenari, walnut, kacang kedelai, dan bayam. Selengkapnya: Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

6. Cokelat Hitam

Makanan ini kaya akan flavanoid dan theobromine yang dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh, serta memblokir kortisol pemicu stress. Cokelat hitam juga kaya akan nutrisi lain seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, natrium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Konsumsi cokelat hitam lebih baik daripada aspirin, untuk mengatasi penggumpalan darah. Cokelat hitam tidaklah sama dengan cokelat susu. Hindari konsumsi secara berlebihan.

7. Ikan Tuna

Beberapa jenis ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Omega 3 memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan otak, mengurangi depresi, anti inflamasi, mengurangi resiko pembekuan darah, mencegah penyakit Alzheimer, mengurangi nyeri haid, membantu penyerapan vitamin, meningkatkan perkembangan anak, dan baik untuk wanita hamil. Sumber omega-3 yang berasal dari hewani seperti ikan tuna, salmon, haring, makarel, ikan sarden, dan tengiri.

Jangan berlebihan dalam konsumsi makanan yang mengandung omega 3, karena dapat menyebabkan gangguan perut serta memicu kenaikan kadar glukosa darah. Rekomendasi dari Institute of Medicine untuk asupan omega 3 harian adalah sebanyak 1,6 gram untuk pria dan 1,1 gram untuk wanita.

Demikian makanan yang dapat meningkatkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh. Mulailah dengan gaya hidup sehat, sehingga hidup menjadi lebih berkualitas.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Makanan Super Yang Mampu Melancarkan Peredaran Darah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.