Manfaat Air Rebusan Jagung Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita

Bagaimana anda menikmati jagung sebagai kudapan ataupun pengganti nasi? Dipanggang, direbus, atau dalam bentuk popcorn? Dalam bentuk olahan apapun, jagung tetaplah lezat dan pastinya makanan ini dapat menjadi sumber karbohidrat selain beras. Namun, tahukah anda manfaat air rebusan jagung bagi tubuh kita?

Manfaat Air Rebusan Jagung Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita
Masyarakat kita memandang jagung sebagai sumber pangan yang memiliki rasa unik, tekstur yang lembut, dan cocok untuk disantap dalam berbagai bentuk penyajian. Jagung bakar sangat nikmat untuk disantap di malam hari, bersama keluarga atau teman-teman. Atau kita dapat merebusnya, sehingga teksturnya tetap lembut dirasakan di lidah.

Mungkin anda heran dan bertanya, apakah khasiat air rebusan jagung untuk kesehatan? Ada banyak manfaat dan kegunaan dapat diperoleh darinya. Jadi, bukan hanya biji tanaman ini saja yang berkontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Setelah merebus jagung, jangan buang airnya. Karena nutrisi di dalamnya berguna untuk mengatasi beberapa jenis gangguan kesehatan.

Kandungan Jagung

Karbohidrat yang terdapat di dalam jagung berkisar 80 persen dari seluruh nutrisi yang tersedia. Selain itu, biji jagung mengandung nutrisi gizi lainnya seperti vitamin A dan B1, protein, kalsium, fosfor, ferrum, lemak, dan kalori.


Manfaat Air Rebusan Jagung Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita


Air yang diperoleh dari rebusan biji dan rambut jagung ternyata efektif untuk mengobati sejumlah penyakit. Nah, inilah khasiat rebusan jagung yang luar biasa:

1. Mengobati tekanan darah tinggi

Penyakit hipertensi dapat dipicu oleh banyak faktor penyebab, seperti pola makan yang tidak sehat selain faktor keturunan tentunya. Banyak cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya menggunakan jagung.

Pertama, rebus 7 jagung muda serta segenggam rambutnya, bersama ½ gelas air. Tunggu sampai airnya mendidih beberapa saat. Saring kemudian minum airnya ketika masih hangat. Tambahkan madu murni, jika perlu. Lakukan pengobatan tradisional ini selama 7 hari berturut-turut. Lebih lanjut: Cara menurunkan hipertensi secara alami

2. Meluruhkan batu ginjal

Penyakit ini disebabkan oleh endapan batu kalsium dalam ginjal. Masalah kesehatan ini dapat diobati dengan air rebusan jagung. Rebus 4 jagung muda dan segenggam rambutnya, bersama 100 ml air. Masukkan juga 7 lembar daun keji beling, biarkan air mendidih selama beberapa saat. Minum airnya saat masih hangat.

Setelah menjalani pengobatan dengan cara alami ini dan batu yang keluar ternyata berbentuk butiran kecil yang mengandung buih, maka hentikan pengobatan. Seduh 30 gram daun kumis kucing dan meniran bersama segelas air panas, minum airnya saat masih hangat.

3. Menghentikan kebiasaan ngompol pada anak-anak


Anda yang memiliki anak kecil, tentu repot saat anak anda punya kebiasaan ngompol di malam hari. Keesokan harinya, tugas bagi ibu untuk mencuci peralatan tidurnya. Nah, cobalah menggunakan cara tradisional untuk mengatasi ngompol pada bayi dan anak-anak.

Seduh rambut jagung bersama secangkir air panas, berikan pada anak anda saat minuman telah dingin. Tetapi jangan memberikan minuman ini secara berlebih, artinya hentikan pengobatan saat anak tidak ngompol lagi.

4. Baik untuk penderita diabetes

Air rebusa jagung tanpa membuang tangkainya, diyakini mampu mengatasi penyakit diabetes. Cukup minum airnya dengan rutin, 3 kali dalam seminggu. Cobalah minum dengan teratur setiap hari, maka kadar gula darah dapat dikontrol. Kini, sari jagung banyak digunakan sebagai pemanis yang aman dikonsumsi bagi pasien diabetes. Penderita tak perlu khawatir untuk menambahkan pemanis ini bersama bubuk kopi atau teh hijau, kemudian diseduh ke dalam secangkir air hangat.

Nah, itu saja ulasan mengenai manfaat air rebusan jagung bagi tubuh kita. Mulai sekarang, anda akan berfikir dua kali untuk membuang airnya setelah merebus jagung muda. Simak juga: 20 manfaat jagung untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga makin sehat dan bugar selalu.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Air Rebusan Jagung Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Kita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.