11 Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Banyak orang mengenal eceng gondok hanyalah sebagai tanaman liar yang tumbuh mengapung di sungai, danau, kolam, atau rawa. Sebagian orang dapat mengambil manfaat dari tanaman ini, misalnya untuk bahan pembuatan tikar dan anyaman lainnya. Tapi sedikit orang saja yang mengetahui manfaat eceng gondok untuk kesehatan.

11 Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan dan Pengobatan
Eceng gondok seringkali dianggap sebagai gulma bagi tumbuhan lain, sehingga tak jarang para petani membasminya. Keberadaan tanaman ini kadang juga tidak diharapkan, karena dianggap sebagai penyebab banjir. Masalah ini terjadi, ketika tumbuhan ini memenuhi sungai yang pada akhirnya dapat menyumbat aliran air.

Eceng gondok disebut juga wewehan tumbuh dengan baik di perairan atau tempat yang lembab. Sebenarnya, daun eceng dapat dimasak atau diolah menjadi sup yang kaya gizi.

Kandungan eceng gondok

Tanaman air ini dilengkapi dengan sejumlah mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, mangan, SiO2, chlorida, cupper, ferum, lainnya. Akarnya mengandung fosfat dan sulfat, sedangkan daunnya diperkaya dengan carotin. Bunga eceng senyawa yang disebut delphinidin-3-diglucosida.


11 Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan dan Pengobatan


Penelitian ilmiah menemukan fakta yang mengejutkan, dimana senyawa penting dalam eceng gondok ternyata berguna untuk mengatasi berbagai masalah medis. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat daun wewehan untuk pengobatan:

1. Mengobati sakit gigi

Rebus batang eceng gondok bersama air sampai mendidih. Gunakan airnya untuk berkumur, saat air masih hangat. Cara ini efektif untuk mengatasi sakit gigi secara alami.

2. Mengobati tenggorokan panas

Dengan minum air rebusan eceng gondok dapat meredakan sakit dan panas pada tenggorokan.

3. Mengobati sakit perut

Sup yang dibuat dari daun eceng diyakini dapat mengobati sakit perut. Sertakan juga batang tanaman ini saat memasaknya.

4. Sebagai obat asma

Gejala asma seperti sesak nafas dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi akar eceng gondok yang dimasak sebagai sup atau sebagai masakan lainnya. Selengkapnya: 17 cara mengobati asma secara alami

5. Mengeringkan bisul


Akar dan daun eceng gondok dapat digunakan sebagai obat bisul. Tumbuk daunnya, campur dengan sedikit garam dapur. Balurkan pada bisul di kulit, untuk mempercepat penyembuhan,

6. Mengobati gatal pada kulit

Gatal yang disebabkan oleh ulat dapat diobati dengan daun eceng. Hal ini disebabkan adanya sifat anti-pruritus padanya. Caranya, ambil beberapa lembar daunnya kemudian lumatkan dengan ditumbuk. Gosok-gosokkan pada kulit yang terasa gatal karena bulu ulat.

7. Sebagai obat biduran

Eceng gondok efektif juga untuk mengatasi gangguan kulit seperti biduran. Cukup dengan minum air rebusan daunnya dan menerapkan sebagai obat luar.

8. Mengatasi kencing tidak lancar

Dengan mengkonsumsi daun eceng gondok sebagai sup atau olahan lain, dapat melancarkan sekresi urin dan meredakan sakit saat kencing (dysuria).

9. Memperbaiki fungsi hati

Gangguan pada hati dapat diatasi dengan makan sayur eceng secara teratur setiap harinya.

10. Mengobati penyakit maag

Kandungan eceng gondok juga bermanfaat untuk menetralkan kadar keasaman lambung. Anda dapat makan daunnya, setelah drebus bersama air sampai mendidih.

11. Meredakan demam dan panas pada anak-anak

Air rebusan daun eceng juga berguna untuk menurunkan panas dan demam pada anak kecil.

Nah, itulah 11 manfaat daun eceng gondok untuk kesehatan kita. Jadi, tanaman liar ini tidak hanya berguna sebagai pakan ternak atau sebagai bahan pupuk saja. Ternyata banyak manfaat kesehatan dapat diperoleh darinya, kan? Tidak salah untuk mengisi kolam ikan dengan tumbuhan yang batangnya menggembung ini. Selain menambah keindahan kolam, anda dapat mengambil daun dan akarnya kapan saja. Menarik: 19 manfaat pegagan untuk pengobatan dan cara membuatnya

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan Dan Pengobatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.