13 Manfaat Lamtoro Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Manfaat petai cina bagi kesehatan tidak dapat dianggap sepele. Sekilas, biji tanaman yang sering dimakan sebagai lalapan mentah bersama nasi pecel ini memang kurang berarti. Namun, jika anda mengetahui betapa banyak nutrisi di dalamnya maka dapat dimaklumi khasiat dan manfaatnya bagi tubuh kita.

13 Manfaat Lamtoro Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Nama lain dari petai cina sangatlah banyak, seperti lamtoro gung, petai selong, pelending, kemlandingan, kalandhingan, dan banyak lagi. Di luar negeri, lamtoro disebut juga elena. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut white leadtree. Nama ilmiah dari lamtoro adalah Leucaena leucocephala, termasuk keluarga polong-polongan (Leguminosae).

Apa saja kandungan lamtoro?

Tanaman perdu yang mempunyai bongkol bunga berwarna putih ini diperkaya dengan berbagai nutrisi gizi dan non gizi yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Daun lamtoro mengandung kalsium, zat besi, protein, energi, lemak, fosfor, vitamin A, B1, dan C. Nutrisi tersebut terdapat juga dalam bijinya, dengan tambahan lain seperti karbohidrat, leukanin, leukanol, dan mimosin.


13 Manfaat Lamtoro Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Meskipun rasa bijinya agak getir, petai cina memiliki manfaat kesehatan yang sudah dibuktikan secara empiris maupun klinis. Di bawah ini adalah khasiat petai selong untuk mengobati berbagai penyakit, selain manfaatnya sebagai peneduh jalan dan pencegah erosi:

1. Mencegah kanker

Antioksidan yang terdapat dalam biji petai cina mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Cukup dengan mengonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan manfaat ini. Perlu dipelajari: 14 cara mencegah kanker yang mudah dilakukan

2. Sebagai obat disentri

Untuk mengobati disentri secara tradisional, anda dapat membuat ramuan alami dari petai cina. Ambil 30 gram krokot dan 15 gram biji lamtoro, rebus bersama 400 ml air sampai airnya tertinggal 200 ml saja. Minum airnya di pagi dan malam hari.

3. Pereda nyeri

Untuk mengurangi nyeri otot, minumlah jus yang dibuat dari kulit pohon lamtoro. Cara ini banyak dilakukan di berbagai penjuru dunia.

4. Sebagai obat cacingan

Untuk mengatasi cacingan pada anak yang disebabkan oleh cacing cincin dan cacing gelang, biji lamtoro ternyata efektif untuk digunakan sebagai oabt alami. Hal ini disebabkan senyawa tertentu di dalamnya. Caranya, seduh 5 gram bubuk petai cina bersama secangkir air panas kemudian minum setiap hari. Cara ini sangat terkenal dalam pengobatan cina. Baca juga: 12 cara mengobati cacingan pada anak dan orang dewasa

5. Mengatasi penyakit herpes

Herpes merupakan penyakit kulit yang membuat penderita merasa tidak nyaman. Untuk menyembuhkan gangguan kulit ini, cobalah cara alami. Tumbuk 1 siung bawang putih dan 30 gram sampai lumat, kemudian balurkan pada bagian kulit yang bermasalah. Biarkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat.

6. Mengobati diabetes


Biji petai cina efektif untuk menurunkan kadar gula darah, dengan cara meningkatkan kinerja pankreas yang berperan sebagai penghasil hormon insulin. Caranya, cukup seduh 5 gram bubuk petai cina dengan secangkir air panas. Minum airnya 30 menit sebelum makan besar. Lakukan pengobatan dengan cara ini, 2 kali dalam sehari.

7. Mengatasi radang ginjal dan bengkak (Oedem)

Petai selong juga dapat digunakan untuk mengobati radang ginjal dan oedem. Cara membuat ramuan sama dengan obat cacingan.

8. Menghentikan insomnia

Sulit tidur dapat diobati dengan ramuan tradisional menggunakan teh lamtoro. Cara meracik sama dengan obat bisul.

9. Mengobati abses paru, bisul, dan memar

Untuk meredakan masalah kulit dan abses paru, petai selong dapat diandalkan. Cara membuatnya, rebus 10 gram biji dan daun lamtoro bersama 750 ml air. Dinginkan airnya setelah tersisa 250 ml. Minum di pagi hari, saat airnya masih hangat.

10. Mengobati haid tidak lancar

Siklus menstruasi tidak teratur dapat diobati dengan akar lamtoro. Akar tanaman ini memiliki sifat emenagog yang mampu melancarkan haid. Ambil segenggam akar tanaman ini, rebus bersama air sampai mendidih beberapa menit. Minum dengan rutin, segelas airnya di pagi dan menjelang tidur malam.

11. Sebagai penyambung tulang yang patah

Daun lamtoro mampu mempercepat pemulihan tulang yang patah. Pertama, kombinasikan bersama daun katuk, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Haluskan semua bahan, tambahkan air kemudian rebus sebentar saja. Gunakan campuran ini sebagai obat luar, balurkan pada bagian tubuh yang bermasalah. Balut dengan kain kasa, ganti ramuan setiap hari.


Manfaat Lamtoro Untuk Kecantikan Kulit


12. Melembutkan kulit

Setiap wanita tentunya ingin mendapatkan kulit halus dan bersinar. Daun lamtoro dapat digunakan sebagai lulur untuk kecantikan kulit. Remas-remas daunnya, kemudian gunakan sebagai scrub bagi kulit anda. Lakukan cara ini saat mandi, 2 kali dalam satu minggu. Hentikan perawatan jika kulit terasa gatal.

13. Meredakan psoriasis

Gangguan kulit yang disebut psoriasis ditandai dengan gatal, kulit kasar, kemerahan, dan kering. Obati penyakit ini dengan biji lamtoro. Haluskan biji tanaman ini, terapkan pada kulit yang bermasalah.

Nah, itulah 13 manfaat petai cina untuk kesehatan dan pengobatan. Beruntung bagi anda yang menyukai biji tanaman ini. Namun, jangan berlebihan untuk menyantapnya sebagai lalapan. Menarik juga: 11 manfaat eceng gondok untuk pengobatan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Manfaat Lamtoro Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.