8 Manfaat Buah Mengkudu Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Pengen tahu, manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh kita? Memang, buah noni atau mengkudu paling sering digunakan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional, obat alami, dan kosmetik. Buah noni mudah ditanam di mana saja, di pedesaan maupun perkotaan. Meskipun baunya kurang sedap, mengkudu berkhasiat untuk mengobati penyakit ringan dan berat. Nah, apa sajakah khasiatnya? Simak penjelasan di bawah ini.

8 Manfaat Buah Mengkudu Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
Nama ilmiah dari mengkudu adalah Moringa citrifolia. Tanaman ini memiliki nama lain seperti cangkudu, pace, kodhuk, keumeudee, dan banyak lagi. Ciri khas noni adalah bentuk buahnya yang benjol dengan bau yang menyengat.

Kandungan mengkudu

Berbagai nutrisi gizi tersedia dalam mengkudu, seperti vitamin, protein, selenium, dan mineral lainnya. Buah pace juga mengandung senyawa penting, salah satunya adalah terpenoid. Pace memiliki efek farmakologis seperti anti bacterial, anti virus, anti peradangan, dan anti kanker.


8 Manfaat Buah Mengkudu Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan


Di balik aroma buahnya yang kurang sedap, mengkudu menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang cukup menakjubkan. Berikut ini adalah beberapa penyakit dan keluhan medis yang dapat diobati menggunakan pace:

1. Mencegah diabetes

Waspada, saat tubuh anda sering lapar secara mendadak, sering kencing, dan penglihatan makin kabur. Mungkin saja itu merupakan gejala diabetes. Untuk menjaga kadar gula tetap normal, cobalah minum jus buah mengkudu secara teratur.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi


Pola makan yang buruk menjadi faktor penyebab hipertensi, selain faktor keturunan. Tidak perlu repot untuk mencari obatnya. Cukup minum jus mengkudu setiap hari, akan mengontrol tekanan darah supaya tidak melonjak. Anda dapat menambahkan madu, untuk menghilangkan aroma tak sedap.

3. Menjaga sistem cerna

Ekstrak buah mengkudu mampu mempengaruhi reseptor serotonin, hormon di otak dan lapisan saluran cerna. Serotonin berperan dalam memudahkan makanan untuk dicerna, serta mencegah diare, keracunan makanan, dan penyakit cacingan.

4. Sebagai obat batuk

Air rebusan buah mengkudu dan daun bujanggut, dapat digunakan untuk mengatasi batuk bandel. Minum dengan rutin, sampai batuk reda. Selengkapnya: 7 obat alami untuk semua jenis batuk

5. Melawan sel kanker

Mengkudu mengandung xeronine, senyawa yang berguna untuk mendongkrak imunitas tubuh. Senyawa ini juga efektif dalam melawan kanker dengan cara memacu aktivitas sel-sel darah putih.

6. Membantu penyembuhan sakit kuning

Jus noni juga efektif untuk mengatasi demam kuning. Takarannya adalah 2 buah, minum di pagi dan sebelum tidur malam. Tambahkan gula batu, jika perlu.

7. Meredakan demam dan influenza

Jus mengkudu juga ampuh sebagai obat demam dan flu. Cukup minum jus ini, saat anda mengalami gejala penyakit tersebut.

8. Mengatasi sakit perut

Rutinitas anda akan menjadi kacau, saat nyeri dan sakit menyerang perut. Kali ini bukan buahnya, tapi daun mengkudu yang digunakan sebagai obat perut. Lumatkan daunnya, tambahkan sedikit garam kemudian seduh bersama segelas air panas.


Cara membuat herbal mengkudu


Tentunya anda akan kerepotan untuk mendapatkan buah noni, padahal anda sangat membutuhkannya. Nah, tidak ada salahnya jika anda menyediakan stok dari herbal ini dengan membuatnya sendiri di rumah.

Pertama, potong-potong buahnya dengan irisan tipis. Jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Giling buah kering ini, sehingga menjadi bubuk lembut. Nah, anda dapat menggunakannya setiap saat, dengan menyeduhnya bersama air panas. Pemanis yang dapat anda tambahkan bersama minuman ini seperti madu, gula aren, atau lainnya.

Nah, itulah 8 manfaat jus mengkudu yang luar biasa bagi kesehatan. Tidak salah untuk menanam pohon mengkudu di pekarangan atau ladang. Jadi kapan saja buahnya dibutuhkan, tidak perlu bingung untuk mendapatkannya. Lebih manis: 22 manfaat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Manfaat Buah Mengkudu Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.