20 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Apakah anda menyukai jagung panggang atau makanan olahan yang terbuat darinya? Jagung memang memiliki tekstur yang lembut, rasa yang manis, dan segudang nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mungkin pertanyaan dalam diri anda, apa sebenarnya manfaat jagung bagi tubuh kita?

20 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Jagung muda bukan hanya manis dan lezat untuk disantap. Makanan sehat ini dapat diolah dengan berbagai cara, seperti direbus, ditumis, atau lainnya. Tidak hanya enak di lidah, tapi jagung manis juga diperkaya dengan berbagai nutrisi gizi seperti vitamin B5, asam folat, protein, betakaroten, magnesium, zat fosfor, dan banyak lagi.

Ringkasnya, jagung mengandung sederet nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sedangkan manfaat jagung bagi kecantikan termasuk sebagai obat jerawat, menghilangkan flek hitam di wajah, melembutkan kulit, dll. Selengkapnya, anda dapat menyimak ulasan di bawah ini.


20 Manfaat Jagung Muda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Jangan menyangka bahwa jagung hanyalah makanan biasa. Lebih dari itu, nutrisi di dalamnya ternyata sangat berguna untuk tubuh kita, juga untuk merawat kecantikan kulit. Nah, inilah manfaat jagung yang luar biasa:

1. Mencegah kenaikan asam urat

Jagung manis dilengkapi dengan kalium yang cukup berlimpah, dimana mineral ini bertindak sebagai elektrolit yang mampu mengontrol tingkat elektrolit dalam tubuh kita. Kalium juga berperan sebagai diuretik yang dapat mencegah infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan melonjaknya kadar asam urat. Masih terkait: 15 obat alami untuk mengatasi asam urat

2. Mencegah infeksi

Vitamin A dan C yang terdapat di dalam jagung muda bersifat antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi.

3. Mengatasi anemia


Penyakit kurang darah dapat diobati dengan mengkonsumsi jagung manis secara rutin. Zat besi dan vitamin B12 yang terdapat dalam jagung manis sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah.

4. Mengontrol tekanan darah

Jagung muda mengandung potassium yang melimpah, dimana mineral ini berguna untuk mencegah tekanan darah melonjak.

5. Mencegah kanker

Jagung manis mengandung senyawa ferulic, yang bersifat anti kanker. Senyawa ini efektif melawan tumor pada kanker kanker hati, paru-paru dan rongga mulut. Senyawa anthocyanin dalam jagung ungu dapat diandalkan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

6. Mencegah sembelit

Jagung muda dilengkpai dengan vitamin B dan serat. Keduanya berperan untuk melancarkan pencernaan serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Pencernaan yang lancar akan mencegah masalah sembelit dan gangguan cerna lainnya.

7. Menjaga kesehatan mata

Dengan rutin makan jagung manis dapat mencegah risiko rabun dan kerusakan mata saat usia tua. Hal ini disebabkan carotenoid yang berlimpah di dalam makanan sehat ini.

8. Menurunkan kolesterol buruk

Minyak jagung mengandung bioflavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Tiga nutrisi ini memiliki sifat anti aterogenik, yang berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi jagung manis akan membuat jantung lebih sehat, karena kadar kolesterol buruk dapat dikurangi dan aliran darah lebih lancar.

9. Baik untuk penderita diabetes

Jagung muda mengandung serat yang berlimpah, tapi rendah karbohidrat. Jagung muda memilki indeks glikemik yang rendah sehingga mencegah risiko diabetes tipe 2.

10. Mencegah kepikunan

Senyawa thiamin dalam jagung manis berguna untuk menyehatkan sel-sel otak. Seseorang yang makan jagung muda secara rutin, maka daya ingatnya akan terjaga.

11. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayinya. Dengan asupan asam folat yang memadai, dapat mencegah kekurangan berat badan pada bayi. Mungkin berguna: 24 makanan yang kaya asam folat

12. Baik untuk pertumbuhan anak-anak

Jagung muda kaya akan protein, yang dibutuhkan untuk pembentukan jaringan otot baru. Protein juga berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan pelepasan hormon insulin.


Manfaat jagung muda bagi kecantikan


13. Melembutkan kulit

Untuk membuat kulit wajah lebih halus dan kenyal, tumbuk jagung muda sampai lembut kemudian terapkan masker ini pada kulit wajah anda. Lycopene di dalamnya akan bekerja untuk menghaluskan kulit anda.

14. Menyamarkan bekas jerawat

Minyak jagung efektif untuk mengurangi bekas luka akibat jerawat, cacar, maupun iritasi. Cukup aplikasikan minyak ini pada kulit yang bermasalah.

15. Mencegah dampak buruk dari sinar UV yang dapat merusak kulit

Jagung muda merupakan salah satu sumber betakaroten yang baik, yang mampu melindungi kulit dari paparan UV. Sehingga kulit anda menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan ini.

16. Menyegarkan kulit wajah

Vitamin dan mineral dalam jagung manis juga berguna untuk membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan bersih. Cukup dengan menerapkannya sebagai masker wajah.

17. Menghilangkan flek hitam

Aplikasikan masker jagung dan madu murni pada wajah anda, untuk mengurangi noda hitam yang muncul. Flek hitam merupakan salah satu dari sekian tanda penuaan dini.

18. Mengangkat sel-sel kulit mati

Masker jagung manis juga efektif dalam meluruhkan sel kulit mati dari wajah anda. Hal ini terkait antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

19. Mengencangkan kulit wajah

Kulit wajah anda tampak kendur? Jangan biarkan begitu saja, atasi menggunakan masker jagung. Terapkan pada kulit wajah secara merata, lakukan sebelum tidur malam dengan teratur.

20. Menurunkan berat badan

Bagi pelaku diet, jagung muda sangat cocok untuk ditambahkan ke dalam menu harian mereka. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab. Pertama, vitamin B5 di dalamnya berguna dalam metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat yang akan diubah menjadi energy bagi tubuh. Kedua, jagung muda termasuk rendah lemak, tapi kaya akan asam folic dan potassium yang berguna untuk mengurangi berat badan yang berlebih.

Perhatian

Hentikan penggunaan masker jagung pada wajah anda, jika timbul iritasi. Terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif.

Nah, itulah 20 manfaat jagung muda untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kini banyak produk kecantikan yang menggunakan minyak jagung muda sebagai bahan dasar untuk pembuatan kosmetik. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan dan ambil manfaat darinya. Menarik: 11 manfaat biji selasih yang luar biasa

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

20 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.