16 Penyebab Jerawat Bandel Yang Harus Dihindari

Ketika jerawat mulai bertebaran di wajah, seperti apapun cantiknya seseorang akan pudar kecantikannya. Biasanya seseorang akan memencetnya, tanpa peduli apa penyebab jerawat dan kenapa muncul secara tiba-tiba? Padahal, untuk mengatasi jerawat secara tuntas maka anda harus mengetahui faktor penyebab kondisi kulit ini.

16 Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari
Penyebab timbulnya jerawat seharusnya diketahui oleh setiap orang, untuk mencegah jerawat bermunculan di wajah anda. Perubahan hormonal dan tipe kulit seseorang memang dapat menjadi faktor penyebab wajah berjerawat, dalam arti cenderung atau lebih rentan dengan masalah kulit ini. Namun, bukan hanya itu yang menjadi pemicu jerawat. Ada banyak hal yang membuat kulit anda rentan dengan risiko jerawat.

Cara mencegah jerawat di wajah, dimulai dengan mengetahui faktor penyebab bintik bernanah ini. Bagaimana pun, upaya pencegahan lebih mudah daripada pengobatan. Inilah alasan untuk mempelajari gangguan kesehatan ini.


16 Penyebab Jerawat Bandel Yang Harus Dihindari


Untuk mencegah jerawat hadir di wajah anda yang cantik, hindari semua kebiasaan buruk berikut ini:

1. Makanan berminyak

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan minyak. Bukan hanya menjadi penyebab jerawat, tapi makanan seperti itu merugikan kesehatan anda. Terlebih jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka panjang.

2. Jarang membersihkan perlengkapan make-up

Di tengah rutinitas harian yang padat, terkadang wanita enggan untuk membersihkan peralatan riasan yang digunakan setiap hari. Seperti spon bedak dan kuas riasan, bersihkan setiap saat atau buang dan ganti dengan peralatan kosmetik yang baru. Jika dibiarkan kotor, debu dan kotoran yang melekat padanya dapat menutup pori-pori kulit wajah. Menarik: 11 Kosmetik dasar yang harus dimiliki wanita muda!

3. Keseringan cuci muka


Mencuci wajah memang menyenangkan dan membuat kulit wajah menjadi segar. Namun fakta yang mengejutkan, terlalu sering mencuci muka akan meningkatkan produksi sebum atau kelenjar minyak. Jadi, bersihkan wajah anda di pagi dan malam hari saja.

4. Berjemur dengan cahaya matahari terlalu lama

Ketika anda berada di bawah terik matahari dalam waktu lama, maka kulit anda dapat mengalami kekeringan. Kondisi ini memicu produksi minyak berlebihan oleh kulit. Bukan hanya jerawat, kebiasaan berjemur terlalu lama dapat memicu risiko kanker kulit.

5. Menggunakan produk kosmetik yang tidak cocok dengan tipe kulit

Kosmetik yang mengandung zat kimia tertentu dapat menyebabkan iritasi pada kulit, karena bahan tersebut tidak cocok dengan jenis kulit anda. Bahan kimia ini biasanya terdapat di dalam tabir surya (sunscreen).

Bagi anda pemilik kulit berminyak seharusnya hindari petroleum yang kadang terdapat di dalam tabir surya. Lanolin merupakan bahan yang sering ditambahkan pada produk kecantikan kulit. Namun, bahan ini tidak cocok untuk jenis kulit berminyak. Bahan ini dapat memicu hadirnya jerawat di wajah anda. Baca juga: 10 Cara menghilangkan bekas jerawat

Parfum dari pewangi buatan juga dapat mengakibatkan iritasi pada kulit, sehingga berisiko menimbulkan komedo dan jerawat. Hindari juga produk yang mengandung isopropyl myristate, yang mampu mengurangi minyak berlebih tetapi dampaknya adalah iritasi pada kulit dan pori-pori kulit akan tersumbat.

6. Kebiasaan menyentuh wajah

Sebagian orang terbiasa meraba kulit wajah dengan tangannya. Masalahnya, ketika tangan anda kotor maka bakteri mudah untuk berpindah ke wajah. Apalagi wajah berminyak tentu lebih rentan dengan masalah jerawat.

7. Tidak membersihkan wajah saat berkeringat

Keringat yang melekat di wajah dalam waktu lama rentan dengan iritasi kulit oleh bakteri. Segera bersihkan wajah anda saat dibanjiri oleh keringat.

8. Stres dan depresi

Naiknya hormon stres dapat memicu timbulnya jerawat, terutama di kulit wajah. Jadi, kelola suasana hati dengan baik. Selesaikan semua masalah pribadi anda dan pekerjaan kantor.

9. Jarang keramas

Malas mencuci rambut akan menyebabkan kulit kepala menjadi sangat berminyak, hingga mengalir ke wajah. Minyak yang bercampur dengan kotoran dan bakteri akan menyumbat pori-pori kulit, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat.

10. Jarang mengganti perlengkapan tidur

Sarung bantal dan sprei yang digunakan secara terus-menerus tanpa diganti, menjadi sarang bagi bakteri dan sel-sel kulit yang menumpuk. Jika kulit anda bersentuhan dengan perlengkapan tidur pada kondisi ini, tentu saja risiko jerawat pun meningkat.

11. Kebiasaan begadang di malam hari

Produksi hormon insulin akan meningkat saat tubuh kita kurang tidur. Dampaknya adalah jerawat lebih mudah terbentuk. Tidur yang cukup akan memberikan waktu bagi tubuh kita untuk regenerasi sel, sehingga kulit pun segar kembali.

12. Mengeringkan kulit wajah dengan berlebihan

Mencuci muka secara berlebihan dapat meingkatkan risiko timbulnya jerawat. Demikian pula kulit wajah yang sangat kering dapar berpeluang mengalami iritasi, sehingga produksi minyak oleh kulit mengalami peningkatan.

13. Tidak menghapus sisa riasan saat tidur malam

Gaya hidup wanita modern tidak lepas dari kosmetik dan make-up. Masalahnya, malas untuk menghapus sisa make-up akan menyebabkan pori-pori di wajah anda tersumbat. Kebiasaan ini rentan dengan timbulnya jerawat, serta menghambat regenerasi kulit.

14. Menggunakan minyak rambut secara berlebih

Jerawat dapat disebabkan oleh produk minyak rambut, yang digunakan secara berlebihan. Bahan yang digunakan pada produk rambut pada umumnya mengandung silikon, minyak, dan plasticizer yang dapat membuat pori-pori kulit kepala tersumbat. Pada akhirnya kondisi ini memicu masalah jerawat.

15. Memakai pakaian terlalu ketat

Di dalam tubuh kita, ada jutaan sel kulit mati yang hilang setiap jam. Ketika pakaian yang tidak longgar melekat di tubuh anda, maka sel-sel kulit yang luruh akan menumpuk dan berpadu dengan minyak dan kotoran sehingga mengakibatkan jerawat.

16. Nikotin

Studi oleh San Gallicano Dermatological Institute di Roma, menunjukkan bahwa risiko jerawat meningkat sebesar 4 kali lipat pada remaja yang punya kebiasaan menghisap asap tembakau. Jadi, hentikan kebiasaan buruk ini.

Nah, demikian 16 penyebab jerawat yang harus dihindari. Solusinya: 5 cara menghilangkan jerawat secara alami! Cara terbaik untuk mencegah jerawat adalah menjauhi semua faktor penyebab yang disebutkan di atas. Dengan begitu, kulit anda tetap sehat dan cantik sepanjang hari.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Penyebab Jerawat Bandel Yang Harus Dihindari
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.