11 Kosmetik Dasar Yang Harus Dimiliki Wanita Muda

Bagi wanita muda, kosmetik untuk merias wajah telah menjadi sebuah kebutuhan. Kini, remaja berumur 17 tahun telah mengenal bedak ataupun lip gloss. Semakin bertambah dewasa, pengetahuan mereka tentang kosmetik kecantikan makin luas. Acara wisuda ataupun pernikahan teman sering menjadi alasan bagi wanita muda untuk bersolek. Tidak heran jika kamu harus pandai berdandan, karena itu merupakan salah satu fitrah wanita.

kosmetik
foto: youqueen.com

Setiap wanita tentu memiliki alat make-up untuk tata rias harian. Namun, kamu harus jeli dan cerdas dalam memilih produk kecantikan. Pilihlah kosmetik kecantikan yang benar-benar dibutuhkan dan cocok untuk kulit remaja. Kesalahan dalam menggunakan kosmetik, justru berakibat buruk bagi kulit wajah. Artikel sebelumnya tentang 7 Kosmetik Dasar Untuk Wanita Di Usia Lanjut.


11 Kosmetik Dasar Yang Harus Dimiliki Wanita Muda


1. Pembersih wajah

Cleanser bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sisa kosmetik yang melekat di wajah. Eye cleanser dapat digunakan untuk menghapus riasan di sekitar mata yang sulit dibersihkan dengan milk cleanser.

2. Lipstik, lip butter, lip gloss, lip balm, atau lip tint

Kosmetik ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah warna bibir. Jika bibirmu berwarna hitam dan tidak rata, gunakan lipstik yang tepat untuk meratakan. Untuk bibir kering dan retak, pilih lip balm berwarna atau lip butter. Selain melembabkan bibir, ini akan memberikan efek alami pada bibir. Pakailah lip tint, jika kamu ingin warna bibir bertahan lama. Bagi wanita dengan bibir tipis, cobalah lip gloss untuk memberi efek lebih tebal. Untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam tubuh, perbanyak konsumsi buah-buahan dan air.


lipgloss
photo: sheknows.com

3. BB Cream dengan nomor warna yang tepat

BB cream (blemish base) merupakan produk kecantikan yang sangat praktis. Produk ini telah meliputi alas bedak, pelembab wajah, dan moisturizer dengan SPF yang melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Krim ini memiliki tekstur yang lembut, sehingga cocok digunakan ketika pergi kuliah. Dandananmu tidak terlihat mencolok seperti akan menghadiri kondangan.

Sesuaikan dengan warna kulitmu. Warna yang terlalu muda membuat penampilanmu seperti sedang memakai bedak tebal, sedangkan terlalu tua akan mirip dengan tanning yang gagal! Krim wajah ini berguna untuk menyamarkan warna kulit yang kemerahan, serta membuat kesan lebih halus.

4. Bronzer atau blush on agar wajah lebih bersinar


Usapkan bronzer ke pipimu beberapa kali, jangan terlalu tebal untuk mencerahkan warnanya. Bercermin dengan bibir monyong, untuk mengetahui tulang pipi. Oleskan pada tulang pipi ke arah atas dan bawah, sampai dekat telinga. Kamu dapat memilih warna pink, atau oranye untuk membuat kesan lebih fresh.

5. Pensil Alis

Pilih pensil alis yang lembut tapi tak mudah patah. Gunakan pensil alis untuk mengisi sela-sela alis yang kosong, ratakan dengan sikat alis. Jika kamu baru pertama kali menggunakannya, ikuti saja lengkung alis yang asli. Gunakan pensil dengan warna yang sesuai dengan warna alis, biasanya coklat gelap atau hitam.

6. Maskara untuk bulu mata yang tipis

Pilih maskara dengan jenis waterproof, untuk mencegah rias mata menjadi belepotan. Dengan maskara, bulu mata lebih lentik dan terlihat tebal. Terapkan maskara dari akar ke ujung bulu mata, ratakan agar tidak menggumpal.

7. Eyeliner dan celak

Bagi sebagian orang, eyeliner lebih fashionable dibandingkan celak. Keduanya mempunyai efek cahaya pada mata. Menggunakan celak tanpa eyeshadow, telah mampu menampilkan keindahan dan ketajaman mata. Kamu dapat memilih warna biru, merah, atau kuning. Oleskan di pinggir kelopak mata secara samar, akan membuat penampilanmu lebih anggun.

8. Concealer

Produk kosmetik ini berguna untuk menyamarkan bekas jerawat, mata panda, ataupun warna kemerahan di wajah. Bukan hanya itu, concealer juga dapat memberikan aksen di wajah. Gunakan concealer dengan warna salmon untuk menyamarkan kantung mata. Warna kemerahan di sekitar area berjerawat dapat dinetralkan dengan concealer berwarna hijau.

9. Foundation

Alas bedak merupakan salah satu kosmetik dasar yang penting untuk riasan wajah. Pilihlah foundation yang sesuai dengan tipe kulitmu, untuk mendapatkan riasan yang cantik.

10. Bedak Tabur

Kamu bisa memilih bedak tabur (loose powder) yang sesuai dengan warna kulitmu, atau sedikit lebih terang.

11 Bedak Padat

Kosmetik ini digunakan untuk memberi sentuhan akhir, setelah tahap akhir dalam merias wajahmu.

Itulah kosmetik dasar yang harus dimiliki oleh wanita muda, agar penampilan lebih cantik dan tidak berlebihan. Jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau untuk memberikan nutrisi bagi kulit dan tubuh. Olahraga secara teratur juga sangat diperlukan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Kosmetik Dasar Yang Harus Dimiliki Wanita Muda
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.