17 Manfaat Daun Dewa Untuk Pengobatan Dan Kecantikan

Daun dewa merupakan tanaman obat yang punya sederet manfaat kesehatan dan kecantikan. Tanaman herbal ini disebut juga ngokilo atau sambung nyawa. Daun dewa paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan ramuan herbal untuk pengobatan. Manfaat daun dewa untuk kecantikan kulit misalnya sebagai penghapus flek hitam. Tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung, reumatik, darah tinggi, demam berdarah, dll.

17 Manfaat Daun Dewa Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Nama latin untuk daun dewa adalah Gynura segetum, yang sering disebut san qi cao oleh orang China. Sebagian orang menyebutnya beluntas cina, karena tumbuhan semak ini masih satu kerabat dengan beluntas.

Ciri-ciri daun dewa

Ciri khas daun dewa adalah garis-garis berwarna ungu yang terlihat jelas di tepi dan tulang daunnya. Cara untuk membedakan daun dewa dengan tanaman lainnya adalah rambut-rambut lembut terdapat pada permukaan daun ini. Lekukan terlihat tegas pada pinggir daun, anda dapat mengamatinya seperti pada gambar di samping.

Daun dewa dapat tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian 200-800 meter di atas permukaan laut. Bunga sebelum mekar mirip dengan kancing, setelah mekar kelopak bunga akan berwarna kuning. Sedangkan ujung bunga berwarna merah tua. Sedikit orang yang mengetahui buahnya, yang berbentuk lonjong dengan garis tengah sekitar ½ cm saja. Daun dewa memiliki akar berupa umbi dengan warna kulit luarnya abu-abu.

Kandungan daun dewa

Sejumlah zat kimia terdapat di dalam daunnya, seperti vanilat, saponin, alkaaloid, flavonoida, triterpenoida, tannin, polifeenol, sterol, asam klorogenat, asam p-hidroksi benzoate, asam p-kumarat, minyak astiri, dan vitamin K.

Daun dewa memiliki sifat farmakologis seperti antikoagulan, pereda nyeri (analgesik), anti inflamasi, stimulasi sirkulasi, diuretik, dan pembersih racun (antidote).


17 Manfaat Daun Dewa Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Daun dewa berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Berikut ini adalah ramuan herbal menggunakan daun dewa untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan:

1. Mengobati demam berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk betina bernama aedes aegypti. Untuk mengobati demam berdarah, cobalah cara tradisional. Siapkan 30 gram daun dewa, rebus dengan 600 ml air sampai airnya berkurang setengahnya. Minum airnya dengan rutin, 2 kali dalam sehari.

2. Melawan racun akibat gigitan ular atau serangga

Jangan panik, ketika bagian tubuh anda digigit ular berbisa atau binatang lainnya. Anda dapat mengobatinya dengan daun dewa. Tumbuk umbinya hingga lumat, balurkan pada luka bekas gigitan ular. Kemudian balut dengan kain kasa.

3. Menghentikan muntah darah dan batuk

Untuk mengobati batuk berdarah, daun dewa merupakan pilihan yang tepat. Ambil batang, rimpang, dan daun dewa sebanyak 15 gram. Cuci bahan ini sampai bersih, rebus bersama 3 gelas air hingga berkurang separuhnya. Minum 3 kali dalam sehari, masing-masing ½ gelas.

4. Mengatasi haid tidak teratur

Sebagian wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah daun dewa. Caranya, rebus 25 gram daun dewa yang dikeringkan bersama air secukupnya. Minum airnya setelah agak dingin.

5. Mengatasi kejang pada anak

Tidak perlu panik, saat anak anda menderita demam tinggi disertai kejang. Obati dengan daun dewa. Caranya, tumbuk batang tanaman ini hingga mengeluarkan airnya. Campur dengan madu murni, berikan kepada anak anda untuk diminum.

6. Mengobati stroke

Penyumbatan arteri di jaringan otak dapat mengakibatkan stroke. Untuk mengobati stroke secara tradisional, salah satu pilihannya adalah daun dewa. Cara membuat ramuannya, pertama sediakan 5 biji ginko dan 30 gram rimpang daun dewa. Jemur umbi hingga kering, haluskan dengan ditumbuk. Campur 1 sdt bubuk daun dewa dengan biji ginko. Seduh bersama segelas air panas, tambahkan madu murni kemudian diminum.

Untuk persediaan selama 2 bulan, campur 1 sdm bubuk daun dewa dengan 10 biji ginko kering dalam bentuk bubuk. Masukkan ke dalam kapsul kosong. Anda dapat mengkonsumsi kapsul ini dengan rutin selama 1-2 bulan.

7. Mengobati memar, luka bakar, atau tergores

Saat kulit anda tergores atau terbentur benda keras, obati dengan daun dewa. Demikian pula ketika kulit tidak sengaja terkena percikan api. Caranya, siapkan 10 lembar daun jarak dan 20 gram daun dewa. Tumbuk keduanya, oleskan pada luka.

8. Mengobati rematik

Gejala reumatik tentu sangat menyiksa penderita. Nyeri dan rasa sakit di persendian mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk pengobatan rumahan, buatlah ramuan daun dewa. Sediakan 30 gram daun dewa segar, 30 gram akar sawi langit, dan 10 gram jahe merah. Rebus ketiga bahan dengan 600 ml air, biarkan hingga air tersisa 300 ml saja. Setelah airny dingim, minum dengan segera.


9. Mengobati penyakit jantung koroner

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh penyempitan atau sumbatan pada pembuluh nadi koroner, sehingga aliran darah ke jantung terhambat. Untuk mengobatinya, anda dapat menggunakan cara tradisional. Rebus 30 gram daun dewa bersama 400 ml air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 200 ml. Minum airnya di pagi dan malam hari secara teratur.

10. Mengobati Diabetes

Daun dewa memiliki sifat hipoglikemin yang mampu menurunkan kadar gula darah. Untuk mengobati penyakit kencing manis, seduh 5 lembar daun dewa bersama 110 ml air panas. Setelah airnya agak dingin, minum dengan perlahan. Lakukan pengobatan tradisional ini dengan rutin setiap hari.

11. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun dewa juga bersifat hipotesif, yang berguna untuk mengobati hipertensi secara alami. Caranya, rebus 7 lembar daun dewa yang telah tua bersama 3 gelas air hingga menyusut segelas. Minum airnya di pagi dan sore hari, setelah makan. Anda juga dapat makan daun segar ini sebagai lalapan.

12. Melawan kanker

Daun dewa memiliki sifat sitotastik, yang mampu menghambat pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker. Cara membuat ramuan anti kanker: ambil daun dewa, temu putih, dan daun jombang, masing-masing sebanyak 30 gram. Rebus dengan 600 ml air sampai airnya menyusut 300 ml. Minum 2 kali dalam sehari selama dua minggu. Berhenti selama 3 hari, lanjutkan pengobatan setelahnya. Cara ini juga efektif untuk mengobati tumor secara alami.

13. Mengobati keseleo

Keseleo atau terkilir sering terjadi ketika seseorang berolahraga secara tiba-tiba, tanpa melakukan pemanasan. Selain dipijit dengan balsam atau salep, redakan nyeri menggunakan daun dewa. Ambil daun dewa, temu lawak, dan temu hitam, masing-masing dalam takaran yang sama. Rebus hingga mendidih selama beberapa saat, angkat. Minum airnya saat masih hangat, ulangi cara ini 2 kali sehari.

14. Mengobati ganglion

Ganglion merupakan penyakit yang mirip kista yang umumnya terjadi pada tangan atau kaki. Untuk mengobati ganglion secara tradisional, tidaklah sulit. Cukup dengan makan daun dewa sebagai lalapan bersama nasi. Takaran dalam sehari adalah 7 lembar daun segar.

15. Mengobati wasir

Daun dewa juga berkhasiat untuk mengobati ambien atau wasir. Cara membuat ramuan: ambil daun dewa, gel lidah buaya dan madu murni. Rebus bersama air secukupnya selama beberapa menit. Minum setiap hari hingga sembuh.


Manfaat Daun Dewa Untuk Kecantikan Kulit


16. Menghilangkan flek hitam di wajah

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya flek hitam di wajah. Gangguan ini tentu merusak penampilan anda, dan memudarkan kecantikan wajah. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengoleskan getah daun dewa pada area kulit yang timbul noda hitam.

17. Mengobati kutil

Kutil atau papilloma merupakan tumor jinak di kulit, akibat lapisan luar kulit yang menebal dengan berlebih. Cara menghilangkan kutil secara tradisional sangat mudah. Haluskan 7 lembar daun dewa hingga menjadi bubur. Bubuhkan pada kutil, kemudian balut dengan plester. Biarkan selama semalaman, lepas plester keesokan harinya. Ulangi pengobatan ini setiap hari hingga sembuh. Simak juga: Ramuan tradisional menggunakan Kunyit untuk kesehatan.

Nah, itulah 17 manfaat daun dewa untuk pengobatan dan kecantikan. Untuk hasil optimal, semua cara yang telah disebutkan harus dilakukan dengan rutin dan teratur. Kini anda sehat dan cantik dengan daun dewa.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

17 Manfaat Daun Dewa Untuk Pengobatan Dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.