16 Manfaat Lempuyang Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat lempuyang sebagai obat alami memang tidak dapat diabaikan. Rempah ini sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan jamu tradisional, yaitu cabe puyang.  Rempah ini memiliki rhizoma yang sarat manfaat kesehatan dan kecantikan. Selain berkhasiat untuk melangsingkan tubuh, lempuyang juga berguna untuk mengobati berbagai penyakit termasuk malaria, darah rendah, dan banyak lagi.

16 Manfaat Lempuyang Bagi Kecantikan dan Kesehatan
Nama ilmiah dari lempuyang adalah Zingiber zerumbet, tergolong ke dalam famili zingiberaceae. Tanaman rempah ini dapat tumbuh dengan subur pada daerah tropis, di dataran rendah maupun tinggi. Untuk menanam lempuyang, cukup dengan meletakkan rimpangnya yang telah muncul tunas di atas tanah.

Kandungan lempuyang

Lebih dari 50 persen, zat yang terdapat di dalam rimpang lempuyang adalah pati. Sisanya merupakan minyak atsiri seperti zingiberen, zingeron, gingerol (zat pedas), kariofilen, flavonoid kamfer, heksahidrokurkumin, sogaol, bisabolen, dihidrogingerol, a-kurkumen, zerumbon, limonene (zat wangi), seskuifelandren, paradol, dan saponin. Lempuyang juga mengandung serat alami.

Efek farmakologis yang terdapat pada lempuyang termasuk sifat antipiretik / analgesik yang mampu menekan prostaglandin, anti-inflamasi yang mampu meredakan peradangan akut. Selain itu, lempuyang juga memiliki sifat antiproliferasi dan anti-inflammatory yang meringankan gejala asma.


16 Manfaat Lempuyang Bagi Kecantikan dan Kesehatan


Adanya berbagai senyawa penting di dalamnya, membuat rempah ini kaya akan manfaat kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat lempuyang untuk mengobati berbagai penyakit dan perawatan kecantikan:

1. Melangsingkan badan

Lempuyang sangat cocok dikonsumsi oleh pelaku diet untuk menurunkan berat badan. Berbagai kandungan di dalamnya mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh, sehingga pembakaran lemak lebih optimal. Menarik: Ramuan tradisional untuk melangsingkan perut buncit!

2. Melawan kanker

Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa zat zerumbon dalam lempuyang memiliki sifat anti tumor, yang efektif dalam menekan pertumbuhan sel-sel abnormal penyebab kanker.


16 Manfaat Lempuyang Bagi Kecantikan dan Kesehatan
3. Mengatasi panas dan demam

Jangan panik ketika si kecil menderita demam dan suhu tubuhnya meningkat secara drastis. Memang kondisi ini dapat memicu kejang pada anak, jika tidak ditangani dengan segera. Rimpang lempuyang mengandung zat zerumbon yang bersifat anti kejang, sehingga efektif sebagai obat penurun panas.

4. Meredakan diare

Tumbuk atau parut rimpang lempuyang, peras untuk mendapatkan airnya. Tambahkan madu murni, kemudian minum untuk menghentikan diare.

5. Mengobati penyakit kulit seperti koreng atau borok


Luka pada kulit yang sulit sembuh dapat diobati dengan lempuyang. Campur lempuyang dengan sedikit kapur sirih, tumbuk keduanya. Tambahkan air matang, minum setiap hari. Cara ini berguna untuk membersihkan darah yang kotor.

6. Mengatasi tekanan darah rendah

Penyakit hipotensi menyebabkan penderita merasa pusing, lemas, dan penglihatan kabur hingga pingsan. Obat tradisional untuk darah rendah adalah lempuyang. Ambil lempuyang wangi, cuci dengan air mengalir. Parut rimpangnya, tambahkan dengan sedikit air dan gula merah. Rebus sampai mendidih selama beberapa saat, angkat. Minum airnya 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 1 sdm.

7. Mengobati batuk rejan

Seseorang akan merasa tersiksa ketika batuk rejan menyerang. Bukan hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tapi gangguan kesehatan ini juga membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, obati dengan ramuan tradisional. Pertama, panggang bawang merah dengan api kecil selama beberapa saat. Tambahkan rimpang lempuyang dan bubuk kayu manis. Tumbuk ketiga bahan ini hingga lumat, peras untuk mengeluarkan airnya. Minum ramuan alami ini untuk meredakan batuk rejan yang bandel.

8. Mengobati sakit empedu

Cukup dengan minum air perasan lempuyang membantu untuk mengobati sakit empedu.

9. Meringankan masuk angin

Imunitas yang lemah rentan dengan gangguan masuk angin, sehingga aktivitas sehari-hari pun terganggu. Parut dan peras lempuyang wangi, kemudian saring. Seduh bersama ½ gelas air hangat, tambahkan madu murni. Minum ramuan herbal ini di pagi dan sore hari dengan teratur.

10. Meredakan nyeri akibat rematik

Nyeri dan linu karena radang sendi maupun reumatik tentu menyiksa penderitanya. Lempuyang merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Siapkan lempuyang, cabe jawa, dan nasi kering. Tumbuk semua bahan, aduk hingga merata. Terapkan pada kaki atau area tubuh yang merasa nyeri.

11. Mengobati pembengkakan pada kaki setelah bersalin

Sebagian ibu setelah masa bersalin, terkadang menderita bengkak pada kaki. Obati gejala ini dengan cara tradisional. Parut atau tumbuk rimpang lempuyang dan cabe jawa. Campur dengan air hangat, peras dengan kain bersih. Minum airnya dengan rutin sekali dalam sehari.

12. Mengobati wasir

Ambien atau wasir merupakan kondisi kesehatan yang harus ditangani dengan segera. Pemicunya adalah pola makan yang buruk, terutama kurangnya asupan serat. Untuk mengobati wasir secara alami, anda dapat meramu obat alami. Caranya, cuci kemudian parut akar lempuyang, tambahkan 2 sdm air masak dan garam secukupnya. Peras dan minum airnya di pagi dan malam hari, masing-masing sebanyak 1 sdm.

13. Mengobati iritasi kulit karena alergi

Sebagian orang mengalami alergi terhadap makanan tertentu, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit tubuh. Obat alami untuk meredakan alergi, salah satunya adalah lempuyang. Iris rimpang lempuyang yang memiliki rasa pahit, seduh bersama air panas dan tunggu sampai airnya menjadi hangat. Minum teh lempuyang ini dengan segera.

14. Mengobati malaria

Untuk mengobati penyakit malaria secara alami, anda juga dapat membuat ramuan tradisional. Parut lempuyang wangi, peras hingga mengeluarkan airnya. Tambahkan garam dan secangkir jus nanas, minum ½ gelas airnya setiap hari,Cara ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

15. Mengatasi sakit perut dan kejang pada anak

Ketika anak anda menderita sakit perut hingga kejang, obati dengan ramuan tradisional. Siapkan lempuyang wangi, kunyit, dan bangle. Tumbuk tiga bahan ini hingga lumat, balurkan pada perutnya. Tiga rempah ini juga dapat direbus dengan air, kemudian diminum saat airnya masih hangat.

16. Mengobati TBC

Lempuyang juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit TBC. Berbagai zat aktif dalam lempuyang mampu melawan racun di dalam tubuh. Untuk membuat ramuannya, iris-iris segenggam rimpang lempuyang wangi setelah dicuci dengan air bersih. Rebus dengan 5 gelas air, hingga airnya menyusut 2 gelas. Minum airnya saat hangat setiap harinya.

Lempuyang juga efektif sebagai obat cacingan, mengurangi ketombe, anti mikroba, dan sebagai krim alami yang mampu melembutkan kulit anda. Simak juga: manfaat lada hitam untuk kesehatan!

Nah, itulah 16 manfaat lempuyang bagi kecantikan dan pengobatan. Meskipun lempuyang belum diketahui efek sampingnya, namun tetap proporsional dalam mengkonsumsi rempah ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Manfaat Lempuyang Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.