15 Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri dan Ciri-cirinya

Setiap wanita tentunya ingin kulit wajahnya menjadi mulus dan putih. Kenyataan ini memang tidak dapat dipungkiri. Mereka mencoba berbagai cara untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dari metode alamiah hingga penggunaan produk kosmetik, yang terkadang rentan dengan bahan penyusunnya.

Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri dan Ciri-cirinya
Beruntunglah bagi wanita yang lahir dengan wajah yang cantik alamiah, tanpa ribet dengan berbagai produk kecantikan.

Sayangnya, tidak semua wanita merasa puas dengan kulit wajah mereka. Maka, langkah yang mereka lakukan adalah memakai kosmetik kecantikan untuk merawat kulitnya. Ironisnya, tidak semua produk kosmetik aman untuk digunakan.

Salah satu kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan adalah kosmetik yang mengandung merkuri. Terutama bagi kulit anda, jenis kosmetik ini sangat tidak menguntungkan. Bukan hanya merusak kulit, merkuri yang terdapat dalam kosmetik wajah dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan penyakit tertentu. Nah, anda harus mengetahui ciri-ciri produk kecantikan yang berbahan merkuri.


15 Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri dan Ciri-cirinya


Meskipun peredaran produk kosmetik berbahan merkuri telah dilarang, tapi masih banyak wanita yang membelinya untuk mendapatkan kecantikan kulit secara instan. Iya sih, sekilas kulit anda akan berubah dalam sekejap mata. Namun, jika anda memahami fakta kesehatan di balik produk tersebut, tentu anda segera sadar dan berhenti untuk menggunakannya.

Kadar merkuri dalam krim wajah dapat diketahui dengan uji laboratorium. Anda pun dapat mengetahui jenis krim wajah yang mengandung merkuri atau tidak. Berikut ini adalah ciri-ciri kosmetik berbahan merkuri:

  • Krim merkuri biasanya tidak dapat menyatu dan teksturnya lebih kasar. Jika dibiarkan, minyak di dalamnya akan tersisih dari bagian padat.



  • Tidak seperti krim biasa, adanya merkuri membuat krim menjadi lebih lengket. Untuk membuat krim lebih encer, sebagian produk dicampur dengan bedak dingin.
  • Logam merkuri yang ada di dalam krim akan menimbulkan bau yang khas. Untuk menyamarkan aroma ini, biasanya parfum yang menyengat ditambahkan pada produk tersebut.
  • Jika krim yang mengandung merkuri dioleskan pada kulit anda, akan timbul gatal dan rasa panas.
  • Warna krim sangat mencolok, karena pewarna yang digunakan adalah pewarna tekstil yang mengkilat.
  • Pertama kali anda menggunakan krim bermerkuri akan berdampak iritasi pada kulit, serta menyebabkan kulit kemerahan jika terkena paparan cahaya matahari.
  • Dengan menggunakan krim pemutih wajah yang berbahan merkuri, tidak memerlukan waktu lama untuk memutihkan kulit anda. Semakin tinggi kadar merkuri, makin cepat hasilnya.
  • Krim pemutih yang mengandung merkuri terkadang dapat memutihkan kulit wajah, namun warnanya pucat dan tidak wajar.


  • Krim mengandung merkuri menyebabkan pori-pori terlihat mengecil dan lebih halus. Namun, kondisi ini merugikan kesehatan anda. Lapisan kulit paling luar di wajah anda menjadi tipis dan digerus oleh merkuri, sehingga nampak mengecil. Jemur wajah anda sebentar di bawah sinar matahari. Jika kulit anda terasa gatal dan berubah menjadi kemerahan, maka menunjukkan struktur melanin di kulit anda telah rusak. Krim siang seharusnya menggunakan pelindung SPF untuk mencegah iritasi yang ditandai dengan rasa terbakar dan gatal.
  • Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri dan Ciri-cirinya
  • Penggunaan krim bermerkuri bagi banyak wanita, akan menyebabkan jerawat tidak muncul sama sekali. Penyebabnya adalah rusaknya lapisan kulit epidermis, sehingga sel-sel kulit kehilangan melanin dan protein. Padahal, keduanya dibutuhkan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Di samping itu, kulit yang tercemar merkuri tidak disukai oleh kuman.
  • Pemakaian krim pemutih wajah yang mengandung merkuri, pada awalnya memang dapat memutihkan wajah anda. Namun, pada jangka panjang akan mengubah warna kulit anda menjadi abu-abu kemudian kehitaman.
  • Dengan berhenti memakai krim merkuri, maka muncul bintik-bintik hitam di lapisan bawah kulit.
  • Jika pemakaian krim merkuri pada kulit wajah yang telah tercemar oleh logam ini dihentikan, akan memunculkan banyak jerawat kecil yang disertai gatal.
  • Kosmetik yang mengandung logam merkuri dapat menghambat pertumbuhan janin yang dikandung oleh seorang ibu, serta merugikan kesehatan janinnya.
  • Kosmetik bermerkuri juga dapat memicu kanker kulit, kerusakan jaringan, dan kondisi yang lebih parah lagi.

Bahaya kosmetik bermerkuri cukup signifikan. Gejala akibat penggunaan krim ini seperti gangguan emosi, pusing, insomnia, mual-mual, disorientasi ruang, depresi, tremor (gemetar), gangguan penglihatan, dan pelupa (pikun).

Nah, itulah bahaya kosmetik berbahan merkuri dan ciri-cirinya. Kenali krim pemutih wajah dengan seksama, sebelum anda menggunakannya. Sehingga wajah anda tidak rusak akibat salah pilih. Simak juga: 11 kosmetik dasar yang harus dimiliki wanita muda!

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

15 Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri dan Ciri-cirinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.