11 Manfaat Kesehatan Di Balik Lezatnya Buah Aprikot

Aprikot (Prunus armeniaca) adalah buah yang dibalut dengan beludru berwarna keemasan. Buah ini sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan produk kosmetik, terkait nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kecantikan kulit. Buah aprikot punya rasa manis yang kuat, ekstrak bijinya menghasilkan minyak kernel aprikot.

Aprikot memiliki kekerabatan erat dengan buah plum. Mungkin sulit untuk menemukan buah unik ini di Indonesia, namun mudah didapatkan di India atau Armenia. Tekstur yang khas dan dilengkapi nutrisi di dalamnya, membuat aprikot termasuk buah super dan mewah yang kaya manfaat kesehatan.


Aprikot
foto: beautystat.com

Fakta Nutrisi Buah Aprikot

Buah ini dilengkapi dengan berbagai vitamin seperti Beta Karoten, vitamin A, Niasin (vitamin B3), Asam Folat (vitamin B9), vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Mineral yang terdapat di dalamnya seperti kalium, mangan, kalsium, magnesium, tembaga, dan fosfor. Nutrisi lainnya seperti kalori, protein, karbohidrat, gula, lemak, dan serat makanan, Buah ini mengandung tingkat lycopene tinggi  dan bebas kolesterol.


11 Manfaat Kesehatan Di Balik Lezatnya Buah Aprikot


1. Menyehatkan tulang

Semua mineral penting yang dikandung di dalam buah ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang sehat. Materi penyusun tulang yang dimaksud seperti kalsium, mangan, fosfor, tembaga, dan zat besi. Dengan teratur makan aprikot, tulang akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Perbanyak makan buah ini, untuk mencegah osteoporosis yang biasanya menyerang manula.

2. Mengatasi Sembelit

Aprikot mengandung jumlah tinggi serat, yang bermanfaat untuk melancarkan pembuangan feses. Serat berguna untuk membantu penyerapan nutrisi, merangsang cairan lambung, dan memecah makanan sehingga mudah diproses. Serat juga berfungsi untuk membuat gerakan peristaltik lebih aktif, dan menstabilkan gerakan usus. Bahkan, buah ini efektif dalam melawan cacing usus.

3. Mencegah Kanker dan serangan jantung

Jantung lebih sehat dengan rutin makan aprikot. Jantung Anda akan terhindar dari risiko penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke. Vitamin C bermanfaat untuk melindungi jantung dari gangguan akibat radikal bebas, sedangkan kalium akan mengatasi arteri dan pembuluh darah yang tegang sehingga tekanan darah menjadi normal. Serat berperan untuk mencegah gesekan akibat kolesterol berlebih terhadap arteri dan dinding pembuluh darah, pada akhirnya tekanan pada jantung dapat dikurangi. Antioksidan dan lycopene yang dikandung oleh buah ini efektif dalam mencegah risiko kanker. Penting: 8 Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat!

4. Meredakan Batuk dan gejala Asma


Biji aprikot efektif dalam mengobati batuk, gejala asma, dan bronkitis. Di samping itu, biji buah ini bermanfaat untuk membantu sistem respirasi.

5. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Natrium dan kalium menentukan tingkat cairan tubuh. Aprikot kaya akan kedua mineral ini, sehingga memudahkan distribusi energi ke seluruh organ tubuh dan otot. Jumlah elektrolit yang seimbang, maka mencegah kram dan energi pun meningkat.

6. Mengobati Demam

Jus Aprikot efektif dalam meredakan demam, disebabkan kandungan nutrisi seperti vitamin, kalori, dan mineral. Jus ini juga membantu proses detoksifikasi pada sistem tubuh. Aprikot memiliki anti inflamasi yang menormalkan tingkat suhu tubuh, serta mengurangi nyeri akibat peradangan seperti gout atau arthritis.

7. Mengobati Sakit telinga

Meskipun mekanisme minyak Aprikot untuk mengobati sakit telinga masih dalam penelitian, efektivitasnya sangat tinggi. Cukup dengan meneteskan sedikit minyak aprikot ke lubang telinga, mampu mengobatinya dengan cepat. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh antioksidan kuat di dalamnya.

8. Menghaluskan kulit

Minyak Aprikot mudah diserap oleh kulit dan melembabkan kulit sehingga lebih halus, dan bercahaya. Minyak alami ini juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti gatal, eksim, kudis, dan gangguan pada kulit lainnya. Antioksidan termasuk vitamin A di dalamnya, mampu membuat kulit lebih sehat, serta mencegah penuaan dini. Baca: 10 Nutrisi Yang Sangat Dibutuhkan Kulit Anda!


buah
foto: mwkitchen.wordpress.com

9. Melindungi mata

Aprikot kaya akan beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, terutama mencegah penyakit degenerasi makula.

10. Mengobati Anemia

Zat besi dan tembaga yang ada pada buah aprikot dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin. Jika distribusi oksigen kurang baik akibat kekurangan sel darah merah, dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem organ tubuh.

11. Mencegah Kepikunan

Beta karoten merupakan antioksidan kuat yang berguna untuk melindungi tubuh dan otak dari penyakit Alzheimer. Baca juga: 11 Jenis Makanan Ini Meningkatkan Daya Ingat.

Itulah 11 Manfaat Aprikot yang luar biasa. Kesulitan Anda untuk mendapatkan buah ini, akan terbayar dengan manfaatnya bagi kesehatan yang sungguh menakjubkan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Manfaat Kesehatan Di Balik Lezatnya Buah Aprikot
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.