10 Manfaat Buah Bit Kesehatan Yang Menakjubkan

Banyak orang merasa penasaran dengan manfaat buah bit bagi kesehatan. Buah dengan harga mahal ini memiliki bentuk seperti ubi jalar, dengan kulit luar dan bagian dalam berwarna merah pekat. Di balik rasanya yang khas, buah bit memberikan kontribusi yang besar di dunia kesehatan. Untuk pengobatan terhadap penyakit tertentu, bagian yang sering digunakan adalah akarnya. Warna merah tua disebabkan kandungan pigmen kuning betasantin dan pigmen ungu betasianin.

Fakta nutrisi buah bit dan fungsinya

Buah bit mengandung berbagai nutrisi penting, seperti: Asam Folat yang berperan dalam pertumbuhan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel yang telah rusak, magnesium yang beguna untuk menjaga fungsi syaraf dan otot tubuh, kalium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, zat besi yang berperan dalam metabolisme energi dan imunitas tubuh, vitamin C yang membantu pembentukan jaringan dan sistem kekebalan tubuh, betasianin yang mampu mencegah kanker, caumarin yang efektif dalam mencegah tumor, fosfor yang menguatkan tulang, tembaga yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah.

Nutrisi lain yang ada di dalam buah bit seperti potassium, sodium, copper, kalsium, klorin, belerang, iodine, triptofan, vitamin B1, vitamin B2, gula alami, dan serat.


jus
foto: blog.doctoroz.com

10 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan


1. Mencuci Ginjal dan Kantung Empedu

Jus buah bit efektif dalam membersihkan ginjal dan kantung empedu dari toksin yang mengendap pada kedua organ ini. Cara membuat obat alami untuk cuci ginjal, campur dengan mentimun dan wortel. Baca: Mengobati Gangguan Ginjal Dengan Bahan Alami.

2. Mencegah Anemia

Zat besi yang ada di dalam buah bit dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin, sehingga mencegah tubuh kekurangan darah. Studi menunjukkan bahwa minum jus bit secara rutin dapat membuat atlit berolahraga lebih lama, tanpa lelah. Cara lain: Cara Alami Mengobati Anemia.

3. Menghancurkan sel kanker dan tumor

Jus buah bit memiliki antioksidan kuat yang mampu melawan kanker. Untuk membuat jus super, siapkan beberapa bahan alami yang dibutuhkan. Sediakan ½ buah bit yang dicincang, 2 buah wortel juga dicincang, , 30gr bayam, 2 batang seledri, dan 4 batang parsley. Haluskan semua bahan ke dalam blender sehingga terbentuk jus super antioksidan. Minum sekaligus secara teratur, setiap hari.

4. Menurunkan tekanan darah

Peninsula Medical School dan Barts & London School of Medicine memberikan rekomendasi kepada penderita darah tinggi agar minum ½ liter jus buah bit, secara rutin setiap hari. Cara ini efektif untuk menurunkan hipertensi.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari London, dengan minum jus bit dan konsumsi sayuran yang tinggi jumlah nitrat akan menjaga kesehatan jantung. Penelitian membuktikan bahwa dengan minum jus bit, maka berselang 60 menit setelahnya tekanan darah akan menurun. (BBC News, 2008).

5. Menyehatkan Jantung

Buah bit kaya akan kalium yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan tekanan darah, serta melancarkan aliran darah ke jantung. Buah bit juga diyakini efektif dalam menurunkan homosistein, yaitu zat yang membahayakan kesehatan jantung, dimana zat ini akan merusak pembuluh darah perifer. Jika perifer rusak dapat memicu risiko stroke.

6. Melancarkan Pencernaan

Minum jus buah bit dengan teratur tiap hari bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan serat dalam jumlah tinggi yang ada di dalamnya.

7. Menjaga stamina tubuh

Buah bit mengandung nitrat yang berguna untuk meminimalisir oksigen keluar ketika tubuh melakukan aktivitas berat. Anda dapat minum jus buah ini secara rutin di pagi hari untuk menjaga stamina tubuh, sehingga mencegah lesu dan lelah.

8. Baik untuk ibu hamil dan janin

Jus buah bit juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Mineral seperti fosfor dan kalsium di dalamnya sangat berguna untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi, sehingga memudahkan bayi untuk merangkak. Mineral lain di dalamnya mampu mencegah peradangan pada bayi yang disebabkan virus dan bakteri. Betakaroten yang ada pada buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita, juga bayi.


Manfaat buah bit untuk kecantikan rambut


9. Menghilangkan ketombe

Untuk menyingkirkan ketombe, rebus buah bit dan sedikit cuka apel kemudian oleskan pada kulit kepala disertai pijatan lembut. Bungkus rambut Anda menggunakan handuk bersih selama semalaman. Cuci rambut Anda dengan shampo sampai bersih di pagi harinya.

10. Cat alami bagi rambut

Campur jus akar bit merah dengan bubuk henna, sebelum diaplikasikan pada rambut. Cara ini membuat rambut terlihat lebih cantik dan elegan.

Itulah manfaat buah bit untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Baca juga artikel lainnya tentang Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami. Jus buah bit memiliki kalori rendah sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Anda dapat meminum jus sehat ini dengan menambahkan buah ataupun sayuran lain.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat Buah Bit Kesehatan Yang Menakjubkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.