Manfaat Makanan Pedas Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Makanan pedas disukai oleh banyak orang, disebabkan sensasi unik yang dirasakan lidah. Bahkan sebagian orang kehilangan selera makan, ketika makanan yang dihidangkan tidak terasa pedas. Tidak hanya menambah kelezatan rasa, makanan pedas ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Kesukaan terhadap makanan pedas tergolong ke dalam kebiasaan unik, tetapi banyak dilakukan hampir semua orang. Rasa pedas menimbulkan sensasi rasa seperti menusuk-nusuk lidah, sedikit menyakitkan lidah tetapi semua orang menikmatinya.


makanan-pedas
ilustrasi foto: medicaldaily.com


Manfaat Makanan Pedas Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan


1. Mencegah stroke

Menurut sebuah penelitian, kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Efek merusak oleh kolesterol buruk dapat dilawan oleh capsaicin yang mengandung antiinflamasi. Peradangan adalah salah satu faktor pemicu serangan jantung.


2. Mengontrol tekanan darah

Dinding otot jantung menjadi lebih kokoh jika disuplai dengan vitamin A dan vitamin C. Lada memiliki rasa pedas, bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh. Kondisi ini mencegah kenaikan tekanan darah, serta meningkatkan sistem kardiovaskular.

3. Mencegah kanker

Penelitian yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research, menyimpulkan bahwa capsaicin mampu mematikan sel kanker dan leukemik. Kunyit, bubuk kari dan mustard dapat menghambat perkembangan kanker dan tumor. Manfaat ini lebih optimal, dengan memadukan kunyit dan lada hitam.

4. Memperbaiki suasana hati

Makanan pedas efektif dalam meningkatkan produksi serotonin, hormon pemicu rasa bahagia. Rasa pedas membantu menurunkan stres dan depresi.

5. Melancarkan saluran pernafasan

Bagi Anda yang bermasalah dengan saluran pernafasan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan pedas. Makanan ini berperan sebagai espektoran yang meringankan asma, sinusitis, bronkitis kronik, dan gangguan pernafasan lainnya.

6. Mencegah Penyakit Parkinson

Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Neurology menyatakan bahwa menurunkan risiko Parkinson dapat dilakukan dengan makan lada, sebanyak 2 kali dalam seminggu. Bahkan, risiko terserang penyakit ini akan turun hingga sebesar 33 persen. Senyawa yang terdapat di dalam lada mampu mencegah kerusakan syaraf.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat makanan pedas adalah meningkatkan aliran darah pada saluran cerna dan lapisan mukus. Rasa pedas umumnya berhubungan dengan capsaicin yang mampu mematikan bakteri H.pylori pemicu maag.

8. Mengobati Luka

Cabe merah dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka.Caranya dengan menjemur cabe merah di bawah sinar matahari sampai kering, kemudian menumbuknya hingga menjadi serbuk. Serbuk inilah yang digunakan untuk mengobati luka, dengan menaburkan pada area tubuh yang bermasalah. Secara ilmiah, efektivitas ini disebabkan oleh capsaicin yang dikandung oleh cabe merah.

9. Mengobati Gejala Flu

Senyawa capsaicin membantu tubuh untuk mengeluarkan keringat, serta menyingkirkan gangguan akibat gejala flu. Beberapa jenis rempah pedas memiliki kemampuan untuk melegakan saluran nafas dan membantu meredakan sinusitis.

10. Menurunkan berat badan

Dengan mengkonsumsi makanan pedas, sistem metabolisme di dalam tubuh akan meningkat sehingga membantu penurunan berat badan. Studi menunjukkan bahwa senyawa capsaicin yang terdapat di dalam cabe bersifat termogenik, membakar lebih banyak kalori setelah dikonsumsi. Baca: 14 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami!

11. Meningkatkan nafsu makan

Capsaicin punya kemampuan untuk merangsang produksi hormon endorphin, sehingga membangkitkan mood dan rasa nikmat. Suasana hati yang baik mempengaruhi selera makan.

12. Menurunkan Demam Tinggi

Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Sungguh Luar Biasa. Untuk menurunkan demam secara alami, bahan yang digunakan adalah daun cabai. Tumbuk segenggam daun cabe rawit sampai lumat. Campur dengan 1 sdt minyak selada, aduk hingga merata. Balurkan ramuan alami ini pada seluruh tubuh, termasuk ubun-ubun. Gunakan selimut tebal untuk menutupi tubuh pasien. Biasanya selang beberapa saat, keringat akan keluar dari tubuh sehingga panas badan menurun dengan segera.

13. Memperbaiki Infertilitas

Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), menghambat proses penuaan, dan sebagai afrodisiak.

14. Mengatasi Nyeri akibat kedinginan

Rempah-rempah pedas efektif dalam mengobati jari terasa nyeri akibat kedinginan (frostbite), dan gangguan rematik.

15. Mencegah tumbuhnya jamur kulit

Ekstrak cabai rawit mampu menghambat perkembangan jamur Candida Albicans, yang biasa tumbuh di permukaan kulit.

16. Meredakan rasa sakit akibat bisul

Balurkan daun cabai yang telah dilumatkan pada area yang bermasalah. Cara ini dapat mengatasi bisul maupun sakit perut.

Dengan mengkonsumsi makanan pedas maka pembakaran kalori akan naik hingga 25 persen. Simak juga: 13 Bahaya Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil. Hindari makan rempah-rempah pedas secara berlebihan, terutama bagi penderita heartburn. Makanlah dalam takaran normal untuk mencegah gangguan lambung.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Makanan Pedas Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.