12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Puasa merupakan salah satu diet sehat yang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh dan psikologis. Puasa dilakukan dengan menahan diri untuk tidak memasukkan makanan dan minuman ke dalam tubuh, serta mengontrol emosi dan hawa nafsu. Aktivitas ini dimulai sejak fajar sampai matahari tenggelam.

Puasa Ramadhan sangat berdampak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Organ pencernaan yang bekerja secara total selama setahun dapat beristirahat ketika melakukan puasa ramadhan. Di dalam tubuh terjadi proses detoksifikasi, yaitu racun dikeluarkan dari dalam tubuh saat puasa dilakukan.



Puasa adalah cara sehat yang mudah dan murah, di mana satu bulan penuh berhenti makan berlebihan. Berikut manfaat puasa di luar dugaan kita:


12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


1. Menurunkan stres

Tingkat adrenalin menurun akibat psikologis yang tenang, jauh dari emosi dan marah. Ketika seseorang marah, tingkat adrenalin naik sekitar 20 kali lipat. Kondisi ini berakibat pembuluh darah perifer menyempit, tekanan darah arterial meningkat, serta membuat detak jantung menjadi kacau. Jika terjadi secara berulang-ulang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke dan kardiovaskular lainnya. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa ramadhan bermanfaat untuk menurunkan hormon kortisol, glisemia, dan melatonin. Cara mengobati stres: 12 Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Cepat!

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Puasa menyebabkan HDL maupun apoalfa1 meningkat, sedangkan tingkat kolesterol jahat dan kadar apobetta menurun. Kondisi ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga mencegah risiko stroke dan penyakit jantung. Manfaat ini lebih optimal jika disertai dengan sahur dan berbuka menu sehat, tidak berlebihan.


3. Meningkatkan kinerja otak

Dengan puasa maka neurotropik meningkat, sehingga produksi sel-sel otak pun bertambah. Keadaan ini sangat mendukung kinerja otak.

4. Mengobati sakit sendi (encok)

Sebuah studi menemukan adanya hubungan antara kemampuan sel penetral yang meningkat dengan kesehatan radang sendi, yang biasanya menyebabkan sakit persendian.

5. Meningkatkan kesehatan ginjal

Ginjal bekerja untuk menyaring zat berbahaya yang berasal dari makanan dan minuman. Organ ini akan bekerja dengan baik jika kekuatan osmosis urin berkisar 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air. Puasa menyebabkan konsumsi makanan dan minuman berkurang sehingga osmosis urin berlangsung tanpa berlebihan, pada akhirnya berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Tubuh lemas merupakan efek dari puasa, yang sebenarnya merupakan tanda bahwa sistem imunitas meningkat. Penyebabnya adalah Limfosit meningkat hingga sepuluh kali lipat, di dalam tubuh. Kondisi ini berakibat tubuh lebih kebal dari serangan berbagai virus.

7. Mencegah diabetes

Puasa berakibat konsumsi makanan dan minuman yang umumnya mengandung gula dan lemak berkurang, sehingga diabetes dan penyakit yang terkait dapat dicegah.

8. Meningkatkan ketajaman otak dan kreatifitas

Sebuah penelitian menemukan bahwa rasa lapar disertai kerelaan dapat membuat otak berfikir lebih baik dan kreatif.

9. Penyerapan nutrisi di dalam tubuh meningkat

Puasa yang disertai sahur dapat meningkatkan  hormon adiponectin, sehingga proses metabolisme menjadi lebih efisien. Artinya, jumlah nutrisi yang diserap dari makanan lebih maksimal.

10. Mengurangi kebiasaan buruk

Berpuasa merupakan cara paling tepat untuk memulai gaya hidup yang sehat, serta memperbaiki pola makan yang buruk. Beberapa kebiasaan buruk seperti makan secara berlebihan atau sering konsumsi makanan yang terlalu manis, dihilangkan dengan diet ini.


Manfaat Puasa Untuk Kecantikan


11. Menjaga berat badan

Solusi sehat untuk menurunkan berat badan adalah puasa. Tidak perlu mengikuti program diet yang belum teruji secara pasti. Regenerasi sel di dalam tubuh terjadi sekitar 125 juta setiap detik. Pola makan yang dilakukan ketika puasa memungkinkan suplai asam lemak dan asam amino penting terjadi di waktu sahur dan berbuka. Sehingga tunas-tunas sel baru terbentuk, dan sel lemak yang menggumpal di hati menjadi bersih. Bagi wanita yang ingin memiliki tubuh langsing: 14 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami.

12. Meningkatkan Regenerasi sel kulit dan rambut

Kulit tubuh memang mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan ketika berpuasa, sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Namun, kondisi ini tidak berlangsung lama. Ketika berbuka puasa dengan konsumsi makanan sehat, kulit dan rambut akan mengalami regenerasi sel. Puasa sangat efektif dalam meremajakan kulit, sehingga lebih cantik dan sehat.

Itulah 12 manfaat puasa untuk kesehatan tubuh dan fikiran. Diet sehat ini juga berguna untuk membersihkan usus, mengurangi kegemukan dan manfaat kesehatan lainnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.