13 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Insomnia

Obat Alami - Insomnia adalah gangguan tidur yang terjadi secara berulang dan disertai gangguan fungsional ketika terbangun. Di dalam tubuh manusia berlaku jam biologis yang secara otomatis mengatur waktu yang tepat untuk tidur. Jam biologis sangat dipengaruhi oleh hormon melatonin. Meskipun bukan tergolong penyakit mematikan, insomnia dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan lainnya. Anda perlu mengatur jadwal tidur siang dan malam.


Penyebab Insomnia

Insomnia dapat disebabkan oleh stres, faktor psikologis, sering begadang, konsumsi minuman yang berkafein tinggi, Jet lag, bekerja saat malam hari, minuman keras, efek samping obat, kerusakan pada otak termasuk stroke dan penyakit Alzheimer.


13 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Insomnia


Konsumsi obat tidur bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi gangguan tidur, karena dapat menimbulkan ketergantungan dan tidak menyelesaikan masalah sebenarnya. Cara paling aman untuk mengobati insomnia adalah menggunakan bahan alami atau ramuan herbal. Berikut adalah ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati susah tidur:

1. Akar melati

Sediakan ½ jengkal akar melati, cuci hingga bersih. Selanjutnya, akar ditumbuk dan diseduh bersama air hangat. Setelah diaduk dan disaring, anda dapat meminum airnya.


2. Sayur Kangkung

Sediakan seikat batang dan daun kangkung. Setelah dicuci bersih, anda bisa memasaknya sebagai tumis.

3. Minuman Susu

Untuk mengobati gangguan tidur, minumlah susu hangat yang dicampur dengan sedikit madu.

4. Bawang Putih

Setelah dikupas kulitnya, bawang putih mentah dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Anda dapat menelannya secara langsung menjelang tidur malam.

5. Daun kopi muda

Ambil segenggam daun kopi muda, direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih. Minum airnya sebanyak dua kali dalam sehari.

6. Buah Pala dan Madu

Siapkan 1 buah pala dan 1 sdm madu murni. Buah pala ditumbuk, kemudian diseduh bersama segelas air panas. Tambahkan madu ke dalamnya, lalu minum selagi hangat.

7. Biji Teratai

Siapkan 10 gram biji tanaman teratai. Setelah anda mencucinya, rebus sampai mendidih. Minum airnya selagi hangat.

8. Bunga Adas

Ambil 7 gram bunga adas, kemudian dicuci dan direbus bersama air bersih. Silahkan minum airnya selagi hangat. Cara lainnya adalah dengan menumbuk buahnya, kemudian menyeduhnya bersama air hangat.

9. Jamur Kayu

Rebus jamur kayu sebanyak 5 gram bersama air secukupnya. Minum airnya, setelah dingin.

10. Daun Pegagan

Ambil daun pegagan sebanyak 2 lembar, kangkung segar sebanyak 3 potong, ½ sdm ketumbar, dan 1 sdt biji jintan putih. Semua bahan direbus bersama 2 gelas air, sehingga airnya tersisa segelas. Setelah disaring, minum airnya menjelang tidur malam.

11. Teh chamomile

Minum secangkir teh chamomile sangat cocok bagi anda yang padat aktivitas. Minuman sehat ini baik untuk kesehatan secara menyeluruh, serta mampu mengatasi masalah susah tidur.

12. Daun Teh Oolong

Ambil ampas daun teh oolong yang telah diseduh, lalu jemur hingga kering. Anda bisa menggunakannya sebagai bantal tidur untuk usir insomnia.

13. Daun Putri Malu (Mimosa pudica)

Tanaman ini mengandung melatonin yang memiliki efek sedatif (penenang syaraf) dan efek relaksasi. Putri malu efektif untuk mengatasi insomnia secara alami. Ambil 33 gram daun putri malu, 35 gram daun calincing dan 20 gram daun sawi langit. Semua bahan direbus dengan dua gelas air. Biarkan airnya tersisa segelas, kemudian disaring. Minum airnya sebelum tidur malam, sebanyak 1 gelas.


herbal insomnia

Catatan:

Zat yang terdapat di dalam daun putri malu memiliki efek yang sangat kuat terhadap rasa kantuk, jangan disalah gunakan! Bahkan dapat menyebabkan anda tertidur lelap.

Konsumsi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan keracunan. Untuk ibu hamil dilarang menggunakannya sebagai obat tidur, karena berbahaya bagi janin.

Demikian ramuan herbal untuk mengobati Insomnia. Anda bisa memilih salah satu ramuan herbal yang telah disebutkan di atas. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan anda, dan bijak dalam menggunakannya.

sumber foto Mimosa pudica: mjlplants.co.uk

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Insomnia
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.