9 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Banyak manfaat kita dapatkan dengan melakukan tidur siang. Mulai dari mencegah beberapa penyakit, hingga mengobatinya. Saraf yang tegang setelah aktivitas seharian, dapat tenang kembali dengan melakukan tidur siang. Namun, tidur siang harus dilakukan dengan cara yang benar. Jika anda melakukannya secara rutin dan dengan cara yang benar, banyak manfaat kesehatan anda peroleh.

9 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan


1. Meningkatkan Memori otak

Manfaat tidur siang termasuk meningkatkan memori otak. Daya ingat otak sangat penting bagi semua orang, terlebih bagi lansia yang sering mengalami penurunan memori otak. Bagi anak-anak, tidur siang sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja otak mereka. [Penting: Cara Mempertajam Daya Ingat Otak yang Mudah Dilakukan]


tidur siang

photo credits: timigustafson.com

2. Meningkatkan kewaspadaan

Ketika anda merasa letih dan kehilangan kewaspadaan dalam bekerja di siang hari, istirahatkan diri anda dengan melakukan tidur sebentar. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan tidur selama 40 menit saat siang hari, dapat mengembalikan kewaspadaan secara total. Dengan melakukan tidur selama 20 menit di siang hari, efeknya lebih baik daripada mengkonsumsi 200 mg kafein maupun berolahraga. Pilot yang tidur siang selama 25 menit diketahui lebih jarang melakukan kesalahan selama take-off.


3. Memperbaiki Suasana Hati

Kenapa marah sering muncul ketika tubuh letih, penat dan ngantuk? Hormon serotonin berfungsi untuk mengatur suasana hati, selera, keinginan tidur, serta ketenangan. Ketika anda stres, serotonin banyak terkuras. Padahal produksinya saat itu terhenti. Hal ini dapat memicu cemas, depresi, kurang konsentrasi dan marah. Dengan melakukan tidur siang, otak digenangi oleh serotonin sehingga kondisi tubuh kembali membaik.

4. Meningkatkan Kreativitas dan Fungsi Indera

Efektifitas persepsi sensorik ketika tidur siang tidak kalah dibanding tidur di malam hari. Tidur siang secara teratur dapat meningkatkan kreatifitas, ide baru dan wawasan otak.

5. Mengobati Insomnia

Kesulitan tidur di malam hari dapat diobati dengan melakukan tidur siang secara rutin. Insomnia dapat menyebabkan kelelahan, penurunan daya ingat dan konsentrasi. Jadi, salah satu pengobatan terhadap insomnia secara alami adalah dengan tidur siang secara teratur.

6. Mengurangi Stres

Masalah ini sedikit telah disinggung di atas. Stres dapat juga memicu gangguan jantung dan saraf. Tidur siang dapat mencegah stres, karena fungsi organ tubuh kembali optimal dan lancar. [Penting: 16 Makanan dan Minuman Pereda Stres]

7. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Ketika mata terasa mengantuk tapi kita tetap memaksakannya, jantung berdetak lebih kencang. Hal ini akan semakin parah dengan meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein. Lakukan tidur siang selama sekitar 45 menit untuk mencegah resiko stroke dan serangan jantung.

8. Menjaga Kesehatan Tubuh

Hormon kortisol dalam tubuh dapat meningkat, jika anda kurang tidur. Kenaikan kadar hormon ini dapat menambah lemak perut dan glukosa, serta melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, resiko terkena diabetes dan serangan jantung meningkat.

9. Menstimulasi Pertumbuhan Tubuh

Pertumbuhan tubuh seorang anak yang rutin melakukan tidur siang, lebih optimal dibanding teman-temannya yang tidak melakukannya. Hormon pertumbuhan mengalir lancar ketika tidur siang.

Tips agar tidur siang lebih baik

- Lakukan tidur siang dengan durasi sekitar 30-45 menit untuk menjaga kewaspadaan, tanpa mengacaukan jam tidur malam.
- Jangan tidur terlalu pagi
- Buatlah tempat tidur anda nyaman
- Hindari tidur terlalu sore, karena mengganggu jam tidur malam
- Segeralah pergi tidur, ketika mata terasa mengantuk di siang hari
- Jangan terlalu lama tidur di siang hari, lakukan seperlunya saja. Tidur malam dalam porsi yang tepat juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh anda secara total.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.