13 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Insomnia menjadi masalah bagi banyak orang. Sulit tidur erat kaitannya dengan aktivitas melatonin, hormon neurotropik yang mempengaruhi proses fisiologis seperti regulasi tekanan darah, sistem imunitas tubuh, dan termasuk jam biologis. Ketika hari mulai gelap, hormon melatonin memberi sinyal kepada tubuh kita untuk istirahat. Insomnia disebabkan oleh pengeluaran melatonin mengalami hambatan.

insomnia

Obat alami bagi insomnia yang sering digunakan adalah herbal sedatif seperti valerian, yang dapat menyebabkan rasa kantuk. Anda juga dapat membuat ramuan herbal untuk mengobati insomnia menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun putri malu, akar melati, dan sebagainya.


13 Cara Mengatasi Insomnia secara alami


1. Gunakan bantal yang lembut

Bantal yang terlalu tebal ataupun tipis akan membuat tidur sangat tidak nyaman. Gunakan bantal yang tepat, agar leher tidak kaku ketika bangun tidur. Selain itu, mencegah anda dari terbangun secara berulang-ulang.


2. Jauhkan ponsel dari tempat tidur

Salah satu kebiasaan masyarakat modern adalah penggunaan gadget atau smartphone. Seolah-olah hape tidak lepas dari aktivitas kita, bahkan sampai dibawa ke tempat tidur. Dampak buruk penggunaan gadget selain gangguan tidur adalah penurunan fungsi aktivitas biologis bagi pasutri, serta gangguan otak. Hal ini disebabkan oleh radiasi yang ditimbukan oleh telpon genggam.

3. Hindari minuman kafein

Bagi sebagian orang, stimulan yang terdapat di dalam kafein sangat mempengaruhi rasa kantuk. Beberapa jam sebelum berangkat tidur, hindari minuman kopi, soda, atapun coklat.

4. Hindari kebiasaan begadang

Kebiasaan buruk seperti begadang dapat mengacaukan ritme biologis, sehingga anda akan kesulitan untuk tidur lebih awal di malam hari. Anda perlu mengatur jadwal tidur setiap hari. Jika anda mengikuti jadwal tidur dengan disiplin, maka otak akan memerintahkan untuk tidur dan bangun tepat pada waktunya.

5. Olahraga secara teratur

Dengan melakukan olahraga teratur akan membuat tubuh lebih sehat, memperbaiki suasana hati, serta menenangkan otak. Beri jeda sekitar 4 jam antara olahraga dan tidur.

6. Hindari cahaya ketika berangkat tidur malam

Cahaya yang sangat terang dapat menghambat produksi melatonin, sehingga anda akan sulit untuk tidur. Sebelum pergi tidur, padamkan lampu atau nyalakan dengan cahaya redup.

7. Kurangi merokok

Nikotin merupakan stimulan yang membuat tubuh tetap terjaga, sulit mengantuk. Gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur nyenyak.

8. Mandi dengan air hangat

Cara ini dapat mengendurkan otot tubuh yang tegang, serta membuat tubuh lebih nyaman. Terutama bagi anda yang telah melewati aktivitas padat selama seharian.

9. Kamar tidur khusus

Penting untuk diperhatikan adalah membedakan antara kamar kerja pribadi dengan kamar tidur. Jangan membawa peralatan kantor ke dalam kamar tidur. Buatlah suasana kamar menjadi sangat nyaman dan santai. Kamar tidur sebaiknya memiliki aroma harum dan segar.

10. Hindari memajang jam dinding di kamar tidur

Melirik ke arah jam dinding akan membuat anda semakin sulit untuk memejamkan mata. Anda akan terus-menerus menghitung sisa waktu istirahat, sebelum bangun di pagi hari.

11. Konsumsi almond dan buah pisang

Untuk memperoleh kualitas tidur, perbanyak konsumsi buah pisang dan kacang almond. Keduanya kaya akan magnesium dan potasium yang efektif dalam meningkatkan kualitas tidur. Triptofan yang terdapat di dalam pisang membuat tidur lebih cepat dan nyenyak.

12. Senyapkan suara

Kegaduhan suara dapat menggangu fikiran. Hindari suara berisik seperti televisi, musik, atau apapun yang membuat tidur tidak nyaman. Jadikan suasana kamar yang heing dan senyap.

13. Membaca buku yang membosankan

Cara ini khusus bagi pasien insomnia akut. Dengan membaca buku akan membuat anda lelah dan tertidur. Cara ini sangat tidak dianjurkan, kecuali untuk insomnia berat. Kualitas tidur terbaik adalah ketika tubuh dalam keadaan santai dan nyaman.

ilustrasi foto: uratex.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.