Manfaat Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir

Manfaat Mencukur Rambut Bayi Baru Lahir - Kebiasaan mencukur rambut bayi yang baru lahir sudah dilakukan secara turun temurun. Sebagian orang mencukur rambut bayinya (velus) hingga habis, sebagian lagi tidak.


Bayi baru lahir
Dikutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menurut dr. Rosalina Dewi Roeslani, Sp.A(K) - ahli perinatologi, sebenarnya tidaklah wajib memotong rambut bayi hingga habis.

Aasannya, rambut tipis pada bayi akan lepas dengan sendirinya, dan berganti dengan rambut baru. Meski begitu, nyatanya mencukur rambut bayi benar – benar punya manfaat kesehatan yang jarang diketahui. Apa saja?

Apa Saja Manfaat Mencukur Rambut Bayi ?


Para ibu dan pengasuh bayi tentunya tidak asing dengan masalah kulit pada kepala bayi, dimana muncul serpihan kuning berminyak yang melekat. Dalam dunia medis, masalah itu dikenal dengan dermatitis seboroik. Alergi pada kulit kepala tersebut dapat diatasi dengan penggunaan sampo hipoalergenik.

Berikut ini beberapa manfaat mencukur rambut kepala pada bayi:


1. Membersihkan rambut bayi

Tidak seperti pada orang dewasa, rambut bayi perlu perawatan khusus. Kenapa? Kulit kepala bayi masih lunak dan sensitif. Rambut bayi kaya akan minyak, sehingga mudah timbul kerak pada kulit di kepalanya.

Lemak yang nempel pada kulit kepala, seringkali menjadi kerak yang harus dibersihkan. Cara paling efektif untuk membersihkan kerak tersebut dengan mencukur rambutnya.

2. Mencegah iritasi

Seringkali terjadi iritasi pada kulit bayi, termasuk pada kulit kepalanya. Dimana kulit bayi memerah dan terasa perih. Masalah ini seringkali disebabkan oleh pemakaian shampo yang tidak cocok.  Penyebab lainnya adalah biang keringat di sekitar kulit kepala bayi. Nah, dengan mencukur rambut pada bayi, dapat mencegah iritasi yang mungkin terjadi pada kulit bayi.

3. Pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat

Dengan mencukur habis rambut bayi, diharapkan rambut akan tumbuh lebih lebat dan sehat. Orang tua jaman dulu menyarankan untuk segera mencukur rambut bayi setelah beberapa hari kelahirannya.

4. Menjaga penampilan bayi

Semua bayi tentunya lahir dengan kecantikannya yang disukai semua orang. Apalagi bayi yang lucu dan imut. Biang keringat akibat rambut bayi terlalu panjang, bisa menyebabkan gatal – gatal. Rasa gatal yang timbul, jika digaruk olehnya dapat menimbulkan korengan pada kulitnya yang mulus.

Nah, dengan mencukur rambutnya akan mencegah masalah gatal dan korengan. Ibu akan tenang, tanpa khawatir bayinya menangis akibat gerah sebab biang keringat.

5. Mencegah rasa gerah pada bayi

Tentu saja dengan rambut yang panjang akan mudah menyebabkan gerah pada bayi. Apalagi saat cuaca panas di siang hari. Maka, alangkah baiknya rambut bayi segera dicukur setelah beberapa hari atau seminggu sejak ia lahir.

Nah, itulah 5 manfaat mencukur rambut bayi setelah seminggu kelahirannya. Perhatikan dan pilih shampo yang cocok dengan usianya. Demikian pula rawatlah kulitnya, karena masih sangat sensitif dan harus dirawat dengan baik. Semoga bayi anda tetap sehat selalu, bunda.

Foto: https://parenting.firstcry.com/articles/shaving-babys-head-for-thicker-hair-fact-or-myth/

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.