7 Bahan Tradisional Penangkal Virus Corona

Kapan pandemi global ini berakhir? Jika mau jujur, semua orang kiranya sudah penat dengan physical distancing yang mengharuskan kita untuk saling jaga jarak. Namun, di lain sisi hingga kini belum ditemukan obat virus Corona yang paling ampuh.


Herbal Anti Corona
Dunia kedokteran hingga kini terus berupaya untuk menemukan vaksin maupun obat covid-19. Sedangkan para herbalis, lebih mengandalkan beberapa tanaman yang disinyalir berkhasiat untuk melawan virus Corona.

7 Bahan Tradisional Penangkal Virus Corona


Ada beberapa tanaman yang punya efektivitas untuk mengatasi virus Corona. Berikut beberapa tanaman yang telah diteliti oleh para pakar kesehatan, mampu menangkal virus Corona, dikutip dari berbagai sumber:


1. Jambu Biji

Penelitian terhadap jambu biji sebagai antivirus Corona, dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Dikutip dari ui.ac.id , tanaman ini dalam proses penelitian sebagai penangkal Covid-19.
Tanaman di Indonesia yang pertama ialah jambu biji, yang dilansir dari ui.ac.id yang tengah mengembangkan penelitian penangkal virus corona.

Menurut prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MM, Dekan Fakultas Kedokteran UI, jambu biji punya kandungan senyawa yang cukup komplit untuk menangkal Covid-19. Hal ini berdasarkan riset bioinformatika yang sudah dilakukan.

Lainnya: 14 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

2. Jeruk dan Kulitnya

Selain meneliti jambu biji dan daun kelor, UI dan ITB juga melakukan riset terhadap jeruk. Jeruk ternyata kaya senyawa flavonoid yang baik untuk menghambat perkembangan virus, seperti tangeretin, hesperetin, nobiletin dan naringenin.

Kulit jeruk adalah bahan alami yang memiliki sifat anti virus, yang mempu melawan betacoronavirus. Ini dapat diperoleh melalui proses pembuatan infuse water.

Cek juga: 34 Khasiat Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional

3. Daun Kelor

Kekebalan tubuh menjadi satu kunci utama tubuh kita untuk melawan berbagai serangan virus. Protein sangat dibutuhkan dalam pembentukan imunitas tubuh. Daun kelor di sini berperan sebagai pengganti protein hewani, seperti ayam dan telor.

WHO menyarankan agar bayi dan anak dibiasakan mengkonsumsi daun kelor, untuk mencegah gizi buruk terutama pada masa pertumbuhan. Gejala terinfeksi virus Corona terkadang tidak nampak pada kebanyakan anak – anak dan bayi. Mereka seringkali menjadi carrier (pembawa virus).

Cek juga: 19 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

4. Temulawak

Tidak mau kalah dalam penelitian tentang penangkal COVID-19, Prof Chaerul Anwar Nidom, Guru Besar Biologi Molekuler Unair meneliti kandungan Temulawak.

Kandungan curcumin dari temulawak ternyata juga mampu melawan virus corona. Curcuma javanica (temulawak) punya antioksidan yang baik dalam menjaga kekebalan tubuh.

Lebih detail: 11 Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak

5. Kunyit

Curcuma menjadi satu rempah yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh, disebabkan sifat anti peradangan dan antioksidan di dalamnya.

Perlu dibaca: Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit Untuk Kesehatan

6. Jahe

Rempah satu ini juga mengandung curcumin seperti temulawak. Selain itu, jahe juga mengandung senyawa beta-karoten dan capsaicin, dimana keduanya berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Perlu dicatat, menurut penelitian terbaru ternyata virus corona tidak mampu bertahan lama pada suhu panas.

Penting dipelajari: 12 Ramuan Tradisional Menggunakan Jahe

7. Kencur

Tanaman penangkal Corona selanjutnya adalah kencur. Sejak jaman nenek moyang, rempah satu ini digunakan sebagai bahan obat. Tubuh anda akan merasa hangat, dengan mengkonsumsi minuman kencur.

Nah, demikian 7 bahan alami penangkal virus Corona. Kunci penting dalam menangkal Covid-19 adalah kekebalan tubuh anda. Jadi, selalu jaga imunitas tubuh, pola hidup sehat, rajin olahraga, dan makan makanan bergizi. Semoga bermanfaat.

foto: https://www.teriin.org

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Bahan Tradisional Penangkal Virus Corona
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.