8 Manfaat Kantong Semar Sebagai Obat Tradisional dan Alami

Kantong semar sebagai obat alami. Umumnya, setiap tanaman mendapatkan makanan dari tanah. Tapi tidak dengan tanaman unik satu ini ! Tropical pitcher plant (Nepenthes Alata) tergolong karnivora, pemangsa daging.

Di Indonesia, anda dapat menemukan kantong semar di hutan Sumatera dan Kalimantan, serta beberapa taman wisata.


Khasiat Kantong Semar Untuk Kesehatan Tubuh
Fakta unik lainnya dari tanaman ini adalah tingginya, yang mampu mencapai 30 meter. Bagaimana bisa setinggi itu? Sulurnya memanjat pohon lain. Setidaknya ditemukan 130 species kantong semar. Sebagian spesies, sulurnya tidak dapat memanjat.

Sulur pada ujung daun ini membentuk kantong yang mampu melahap mangsa, termasuk serangga, nyamuk, lalat, pacet, hingga katak.

Pada tumbuhan yang cukup tua memiliki kantong atas, yang berfungsi untuk menangkap hewan terbang, semisal lalat dan serangga lainnya. Dua kantong lainnya adalah kantong roset dan kantong bawah.


8 Manfaat Kantong Semar Sebagai Obat Tradisional dan Alami


Setelah mengetahui ciri – ciri kantong semar dan karakteristik tanaman ini, kini saatnya untuk tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan lainnya seperti berikut ini:

1. Obat batuk herbal

Jika anda ingin batuk sembuh tanpa minum obat berbahan kimia, maka kantong semar bisa menjadi salah satu pilihan bagus. Ambil cairan di dalam tanaman ini, kemudian minum secara teratur.

2. Mengobati sakit mata


Mata anda merah akibat iritasi, debu, dan kotoran? Tahukah anda bahwa cairan dalam kantong semar dapat berguna sebagai obat tetes mata, dengan mencampurnya dengan air bersih. Cukup kompres mata yang memerah dengan campuran air dalam knatong semar dan air bersih, lakukan dengan lembut.

3. Peluruh batu ginjal

Menumpuknya kalsium dalam tubuh dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi cairan dalam tanaman kantong semar. Jangan berlebihan dalam konsumsi, sewajarnya tapi rutin hingga sembuh.

4. Obat sakit perut

Radang lambung merupakan gangguan kesehatan yang sungguh menyiksa. Rasa nyeri akibat peradangan, hanya penderita yang tau benar sakitnya. Untuk meredakan sakit, cairan pada akar kantong semar cukup bisa diandalkan. Buktikan sendiri !

5. Mengatasi dehidrasi

Saat anda dalam perjalanan di cuaca panas dan terik, dimana tidak membawa bekal minuman dan tidak ketemu toko yang menjual air mineral, maka carilah kantong semar.

Cairan dalam kantong semar memiliki keasaman yang netral, sehingga efektif mengatasi haus dan mencegah dehidrasi.

6. Sebagai tanaman hias

Pekarangan rumah anda akan terkesan indah dan menakjubkan, dengan adanya kantong semar di dalamnya. Orang yang melihatnya, pastinya akan terpesona oleh kecantikan dan keunikan bentuk bunganya.

7. Sebagai pembasmi serangga

Lingkungan yang bebas dari nyamuk dan lalat, menjadi idaman setiap orang. Tak ada salahnya memelihara tanaman kantong semar di pekarangan. Tumbuhan ini dapat bermanfaat sebagai pembasmi lalat dan nyamuk, yang aman dari bahan kimia.

8. Sebagai obat luka bakar

Bukan hanya berguna untuk mengobati penyakit dalam, tapi kantong semar juga efektif sebagai obat luar. Salah satunya untuk mengobati luka bakar, atau terkena benda panas. Cairan dalam tanaman ini mendinginkan rasa panas pada kulit akibat terbakar, serta mencegah infeksi.

Nah, demikian 8 manfaat dan khasiat kantong semar sebagai obat alami. Dengan melestarikan tanaman yang mulai langka ini, kita ikut andil dalam menjaga keseimbangan ekosistem, hijaunya bumi ini, dan menggali warisan ramuan obat – obatan tradisional.

Photo credits: cactusjungle.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Manfaat Kantong Semar Sebagai Obat Tradisional dan Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.