16 Manfaat Bunga Pacar Air Untuk Kesehatan Yang Utama

Beraneka jenis bunga tersedia di alam ini. Entah berapa ribu, jumlah spesies yang ada. Dengan berbagai warna dan bentuk yang beda, satu dan lainnya. Salah satu bunga mungil nan cantik yang biasa tumbuh di halaman rumah adalah Pacar Air.

Khasiat Pacar Air Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Bunga cantik dengan nama ilmiah Impatiens balsamina Linn ini seringkali digunakan anak – anak untuk mewarnai kuku mereka, dengan menggosok – gosokkan berulang kali pada permukaan kuku tangan dan kaki. Itu cerita anak – anak jaman old yaa. Anak jaman now tidak tahu tentang itu

Dari sisi keindahan, bunga pacar air cocok ditanam di halaman rumah, layaknya anggrek mungil yang cantik. Tapi kali ini, kita bicara tentang obat dan kesehatan. Apa saja khasiat Pacar Air untuk mengobati penyakit ?


16 Manfaat Bunga Pacar Air Untuk Kesehatan Yang Utama


Kembang pacar air mengandung berbagai senyawa penting, seperti anthocynanin, kaempherol, cyanidin, mono glycosine, pelargonidin, quercetin, delphinidin, dan malvidun.


Selain saponin, biji pacar air mengandung minyak seperti quercetin, -spinasterol, parianaric acid, ß-ergosterol, kaempherol. balsaminasterol, nephthaquinon, minyak terbang, dan lainnya. Daun pacar air mengandung flavonoid, kumarin, kuinon, steroid, dan saponin.

Tidak mengejutkan, jika bunga cantik ini memiliki segudang khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Bunga ini mudah tumbuh di tempat lembab, bahkan mampu hidup hanya dengan batang tanpa akar. Warna bunganya bisa bermacam – macam, seperti merah, merah jambu, ungu, maupun putih.

Nah, berikut ini manfaat pacar air untuk pengobatan dan cara membuat ramuannya:

1. Mengobati Tekanan darah tinggi

Penderita hipertensi bisa menggunakan pacar air untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami mereka.

Rebus 10 gr bunga pacar air dan 100 gr seledri kecil, bersama 400 ml air. Dinginkan airnya, setelah berkurang 200 ml. Saring dan minum airnya. Lakukan secara rutin.

Lebih detail: Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami !

2. Meredakan radang akibat rematik maupun tulang retak / patah (fraktur)

Rasa nyeri akibat peradangan seperti yang dialami penderita rematik, dapat diringankan dengan membalurkan / menempelkan daun pacar air setelah dihaluskan, pada area tubuh yang terasa sakit (sendi kaki dan tangan).

Lakukan cara yang sama, untuk penderita tulang retak.

3. Melancarkan haid (emenagog)

Untuk melancarkan datang bulan, rebus 5 bonggol akar pacar air bersama 400 ml air. Biarkan airnya berkurang 200 ml, kemudian saring. Minum airnya, 3 kali dalam sehari. Bahan ini bisa diganti dengan 6 gr biji pacar air dan 15 gr temu hitam.

Lebih lengkap: 8 Cara Atasi Haid Tidak Teratur Secara Tradisional !

4. Mengatasi keputihan (leucorrhea)

Untuk mengusir keputihan yang identik dengan bau tak sedap, rebus 30 gram daun pacar air bersama 600 ml air. Angkat dan saring airnya, setelah tersisa separuhnya. Akan lebih bagus, jika ditambah 30 gram daun sambiloto saat merebus ramuan.

Minum airnya, saat masih hangat atau dingin.

Selengkapnya: Cara mengobati keputihan secara tradisional !

5. Mengobati radang usus buntu kronis (Cronic Appendicitis)

Tanaman pacar air dapat digunakan untuk mengatasi radang usus buntu, dengan cara dikombinasikan dengan sambiloto.

Rebus kedua bahan alami ini (masing – masing 30 gram), bersama 600 ml air hingga airnya menyusut 300 ml. Minum airnya setelah dingin, setiap malam.

6. Mengobati radang kulit (dermatitis) dan bisul (furunculus)

Kedua gangguan kesehatan dan kecantikan, yang sama – sama sangat membuat tidak nyaman ini dapat diobati dengan cara alami.

Caranya, tumbuk 5 helai daun cocor bebek dan 15 gram daun pacar air hingga lumat. Kemudian, balurkan pada area yang bermasalah.

Hasil lebih maksimal, dengan minum air rebusan daun pacar air dan daun sambiloto. Masing – masing sebanyak 30 gram.

7. Mencegah kanker (karsinoma)

Untuk mengatasi karsinoma, rebus 15 gr biji pacar air dan 30 gram rumput mutiara bersama 600 ml air. Biarkan airnya berkurang setengahnya, kemudian saring. Minum airnya setelah menjadi dingin, 2 kali dalam sehari.

8. Mengobati radang kuku

Pertumbuhan ujung kuku yang menembus daging, pastinya menyakitkan penderita. Pemotongan ujung kuku pun seharusnya dilakukan dengan benar, untuk mencegah radang kuku.

Nah, untuk mengatasi cantengan, ujung kuku harus dipotong dengan benar. Untuk mengatasi peradangan, haluskan tanaman pacar air dan balurkan pada area yang bermasalah. Lakukan perawatan ini setiap hari selama seminggu.

9. Meredakan sakit pinggang (lumbago) dan leher kaku

Jika anda menderita gangguan kesehatan tersebut, siapkan 15 gr akar pacar air dan 30 gr jahe merah. Rebus dengan 600 ml air, hingga air susut setengah dari semula. Minum airnya saat dingin, di pagi dan sore hari.

10. Meredakan nyeri haid (dysmenorrhea)

Rasa sakit saat datang bulan, sering diderita sebagian wanita. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan bahan – bahan alami.

Caranya, siapkan 10 gram daun pacar air, 15 gram temu hitam dan 15 gram umbi rumput teki. Rebus bersama air secukupnya, hingga mendidih. Biarkan air menjadi dingin, minum dengan segera.


Manfaat Pacar Air Untuk Kecantikan


11. Mempercepat pertumbuhan rambut
12. Mewarnai kuku tangan dan kaki, seperti penggunaan kuteks


Manfaat dan Khasiat Bunga Pacar Air Lainnya


Bunga mungil ini juga berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan di bawah ini:

13. Tumor usus
14. Kanker saluran pencernaan
15. Penyakit kolesterol
16. Tarsuga (Tersedak duri ikan di tenggorokan)

Catatan penting:

Ramuan bunga pacar air tidak dianjurkan untuk ibu hamil.
Efek samping konsumsi pacar air dapat menyebabkan mulut terasa kering, rasa mual, dan turunnya nafsu makan.
Konsultasi dengan herbalis dan dokter anda, untuk penggunaan yang aman dan tepat. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Photo credits: thecoolimages.net

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Manfaat Bunga Pacar Air Untuk Kesehatan Yang Utama
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.